Peluang Usaha di Desa Membuat Produk Pakan Ternak

0
1356
Peluang Usaha di Desa Membuat Produk Pakan Ternak

Sebelum memulai berusaha, maka Anda harus mengenali diri Anda sendiri. Apa yang bisa dilakukan? Apa yang membuat Anda tertarik? Apa hobi Anda? Dan Modal apa yang Anda miliki? Jika Anda sudah memahami diri maka Anda dapat memulai dari apa yang paling di sukai sehingga usaha Anda akan dapat dengan mudah beradaptasi dan menikmatinya.

Peluang usaha terbaik adalah berdagang, dan usaha paling baik adalah usaha produksi yakni menciptakan produk sendiri untuk dijual. Lalu Produk apa yang bisa dijual? Nah, itu tergantung kemampuan Anda. Jika Anda ingin memulai usaha di desa, maka membuat produk pakan ternak akan sangat menguntungkan.

Peluang Usaha di Desa Membuat Produk Pakan Ternak

Mengingat saat ini pakan ternak pabrik besar semakin mahal, maka Anda dapat berinovasi membuat produk pakan ternak sendiri. Jika di desa Anda dekat dengan nelayan, maka Anda dapat membeli ikan BS atau ikan yang tidak layak jual dengan harga yang sangat murah, antara 1500-2500 per kilo.

Baca Juga  Pasar Modern Jadi Peluang Usaha Desa, Demi Modernisasi Pedesaan yang Lebih Maju

Nah, yang Anda butuhkan adalah alat penggilingan, pembuat pelet atau alat penepungan. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat pelet misalnya, Anda dapat memanfaatkan apa yang ada di desa, semisal keong sawah, daun pepaya, dedak, dicampur menjadi satu dengan ikan, kemudian ditambahkan konsentrat serta vitamin yang bisa Anda peroleh di toko peternakan. Kemudian seluruh bahan dimasukan ke mesin penggilingan dan pembuat pelet. Lebih mudah lagi pembuatan tepung ikan jika bahan ikan BS super di desa Anda melimpah tentunya.

Kendala untuk memulai usaha ini biasanya adalah permodalan. Perkiraan modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha pembuatan pakan ternak berskala besar memang sangat mahal mengingat harga mesin yang cukup mahal sekitar 60 juta rupiah.

Jika Anda kesulitan mendapatkan modal, maka Anda dapat bekerjasama dengan orang lain atau mengajukan proposan permodalan kepada dinas terkait ataupun pengajuan kredit usaha rakyat dengan bunga rendah sekitar 0,3 persen per tahun.

 

Ada berbagai mesin yang dibutuhkan seperti mesin ektruder untuk mencetak pelet, mesin oven untuk memanaskan bahan baku ikan agar kandungan protein pada ikan tidak hilang oleh serangga atau lalat, dan mesin mixer untuk mengolah bahan.

Baca Juga  Dana Desa 2019 Baka Naik ke Rp. 85 Triliun, Ini Syaratnya

Dalam hal pemasarannya, Anda harus melihat dan melakukan survey tentang apa yang paling dicari oleh para peternak ikan misalnya, atau peternak ayam, sapi dan sebagainya. Khusus pelet ikan, setiap ikan memiliki pakan pelet sendiri-sendiri sehingga butuh formulasi khusus untuk setiap ikan.

Untuk memperlebar sayap pemasasaran, Anda harus membuat kemasan dengan merek sendiri sehingga akan menarik minat pembeli. Kemas produk Anda dengan rapi, ada jasa dan percetakan untuk membuat kemasan semacam produk dari pabrik besar, sehingga produk Anda dapat bersaing di toko pakan ternak.

Peluang usaha di desa membuat produk pakan ternak selalu terbuka karena usaha peternakan tetap berkembang, terutama unggas dan ikan. Selain itu, menciptakan produk pelet untuk kambing dan sapi juga sangat bagus karena semakin hari semakin sulit mendapatkaan rumput segar, oleh karena itu alternatif pakan pelet untuk sapi dan kambing akan memudahkan para peternak sapi dan kambing dalam pemberian pakan.

Demikian peluang usaha di desa yang mungkin membuat Anda terinspirasi untuk membuka dan menjalankan usaha pembuatan pakan ternak semacam pelet atau tepung ikan baik untuk unggas ataupun ikan serta kambing dan sapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here