Peluang Usaha di Desa dengan Segala Potensinya dan Potensi Diri Sendiri       

0
257

Keindahan desa membuat semua orang ingin menghilangkan penat dengan berlibur sejenak ke desa. Karena desa memiliki alam yang masih asri, seperti air terjunnya, pantainya, dan lain sebagainya. Selain itu hasil alam yang melimpah menjadikan desa sudah terpenuhi untuk hal makanan, berbeda ketika kita berada di kota. Yang apapun itu akan terasa mahal, karena semuanya apa-apa harus dibeli. Tetapi sudah mahal, namun masih banyak warga desa yang memilih mencari pekerjaan di kota. Sebab mereka berfikir kota banyak tersedia perusahaan besar.

Memang di kota terdapat banyak perusahaan semua, namun tidak semua perusahaan besar memiliki lowongan kerja pada setiap kantor yang terdapat di kota. Maka dari itu ketika anda tinggal di desa alangkah baiknya lebih mengembangkan potensi yang ada di desa. Cobalah menggali minat dan bakat anda. Terus samakan dengan potensi yang ada di desa anda.

Dibawah ini saya bagikan beberapa peluang usaha di desa yang dapat dikerjakan di desa, antara lain sebagai berikut ini:

Baca Juga  Nasib Industri Rumahan Di Tangan Kaum Perempuan?

1. Peluang usaha membuka toko makanan ternak

Desa memiliki banyak lahan, sehingga banyak warganya yang memilih berternak. Berbagai macam hewan seperti ayam, kambing, sapi maupun berbagai ikan tawar seperti lele, nila dan lain sebagainya. Karena banyak warga yang memiliki banyak hewan ternak. Membuka toko pakan hewan ternak beserta vitamin untuk penumbuh besar hewan ternak juga sangat cocok. Begitu menguntungkan bukan? Karena para warga yang memiliki hewan ternak lebih memilih mendatangi toko anda daripada harus jauh-jauh pergi ke kota

2. Peluang usaha membuka toko bibit tanaman, buah dan sayuran juga pupuk

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah membuka toko bibit tanaman buah dan sayuran juga pupuknya. Di desa banyak warga yang masih bertani. Pastinya mereka membutuhkan pupuk dan keperluan pertanian lainnya. Selain itu ketika warga desa masih mempunyai lahan yang cukup luas, dapat ditambah dengan bibit-bibit baru lagi. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mencari pupuk dan keperluan lainnya. Tinggal datang ke toko anda. Bisa lebih berkembang bukan? Apabila modal anda masih sedikit, anda beli keperluan pertanian sedikit-sedikit terlebih dahulu. Ketika memang sudah ramai, anda sudah bisa membeli banyak sekalian.

Baca Juga  Harumnya Bisnis Pembuatan Sabun Mandi Buatan Warga Desa

3. Peluang usaha membuat warung makan

Siapa bilang membuat warung makan hanya bisa di kota saja, di desa pun juga bisa. Apalagi ketika rumah anda memang dekat dengan sawah atau perkebunan lainnya. Sumber daya alam sayuran di desa pun sangat murah, sehingga dengan pengolahan yang sedap dan nikmat membuat orang desa datang untuk makan siang di tempat warung makan anda. Lebih baik lagi apabila warung makan anda terletak di dekat area sawah. Ketika para petani beristirahat, dapat langsung bersantai dan makan siang di warung makan anda. Makan di area persawahan juga sangat nikmat. Gali potensi masakan anda, dengan browsing internet.

Berikan nuansa makanan desa yang lain dari yang lain. Ketika siang anda bisa membuka warung makan di dekat area persawahan, ketika malam anda dapat membuka seperti kafe kecil di desa di depan rumah anda. Pastinya banyak orang desa yang suka berkumpul bersama para warga lainnya. Hal ini mampu menarik banyak warga desa. Ditambah anda bisa memasang jaringan internet seperti WiFi, pastinya anak-anak muda akan berdatangan kumpul dan makan di kafe kecil anda.

Baca Juga  Peluang Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Demikianlah beberapa peluang usaha di desa yang dapat anda lakukan. Jadi tidak perlu lagi pergi jauh merantau ke kota. Sudah sampai di kota belum cari pekerjaan, iya kalau disana masih membutuhkan banyak karyawan. Sedangkan kota sudah penuh sesak orang yang mencari nafkah kesana. Apalagi segala apapun yang di kota masih mahal. Belum lagi tempat tinggal di sana sangatlah terbatas. Galilah potensi pada diri sendiri. Lalu baca-baca contoh para orang sukses yang ada di desa dengan kegigihannya. Karena segala sesuatu apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh hasilnya akan memuaskan, memang tidak instan, tetapi jika kita tidak menyerah tidak ada yang mustahil. Semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here