Peluang Usaha Di Desa dengan Modal Minim Keuntungan yang Menarik      

0
668
7 Startup Agribisnis Yang Ada Di Indonesia

Desa merupakan tempat yang asri, alami dan indah. Berbagai keadaan yang sejuk dan tentram melingkupi keadaan sebuah desa. Saat kita lelah akan kesibukan kota, terkadang sebagai pelarian kita menghibur diri di desa. Karena desa dapat menenangkan jiwa serta raga.

Desa memang minim fasilitas, namun bukan berarti desa akan terus menjadi yang terbelakang. Desa pun dapat terus berkembang. Apalagi kita dapat memanfaatkan berbagai ketersedian sumber daya alamnya. Ketersedian alam yang melimpah, ketersediaan tanah yang masih luas.

Sebagai orang desa, tetap saja bisa menjadi sukses dan modern dengan segala kemajuan jaman sekarang. Apalagi seperti jaringan internet yang sudah masuk ke desa. Apapun dapat dilakukan di desa.

Jaman dahulu desa masih terbelakang, segala sesuatunya masih tradisional. Masih ada desa yang belum ada listrik. Namun sekarang desa sudah lengkap. Listrik, jaringan internet, dan lain sebagainya.

Di desa juga terdapat banyak peluang untuk membuka suatu usaha. Ditilik dari ketersediaan lahan, berlimpahnya hasil alam, serta masih murah dalam hal apapun. Sebagai contoh peluang desa yang dapat kita kerjakan adalah sebagai berikut :

Baca Juga  Jenis Usaha Cepat Sukses Di Desa

1. Peluang usaha membuka perternakan ayam

Peluang desa yang pertama adalah membuka perternakan ayam. Desa memiliki ketersediaan lahan yang luas, serta tidak padat penduduk. Apalagi jarak rumah satu ke rumah yang lainnya masih lumayan jauh. Sehingga terhindar dari bau dan limbahnya. Pada saat panen anda dapat menjual ayam ke kota juga telur-telurnya. Modalnya relatif kecil juga.

2. Peluang usaha membuat kolam ikan lele, nila dan lain sebagainya

Desa yang masih asri, ketersediaan airnya yang melimpah, dan lahan yang luas dapat menjadi peluang usaha membuat kolam ikan lele, nila dan lainnya. Dengan hanya perawatan makan, ketika panen kita dapat menjualnya ke kota. Atau ke rumah-rumah makan yang menyediakan menu ikan. Selain modal yang relatif kecil, perawatannya juga tidak sulit.

3. Peluang usaha membuka konveksi

Di desa ketersediaan toko pakaian masih terlalu jarang. Jadi kita dapat membuka konveksi jahitan. Jadi apabila para warga desa ingin membeli baju, dapat menjahit. Selain itu hasil jahitannya bisa dijual ke kota. Kita juga dapat memberikan lapangan pekerjaan pada warga desa yang berbakat, ataupun para ibu rumah tangga. Jadi bekerja tidak harus jauh-jauh pergi ke kota. Pemakaian bahan yang bagus, hasil jahitan yang rapi, pasti akan banyak peminatnya. Seperti ketika kita jual ke kota, akan menjadi langganan nantinya.

Baca Juga  Sumber Daya Alam yang Melimpah di Desa dapat Menjadikan Peluang Usaha di Desa      

4. Peluang usaha pertanian organik

Peluang usaha ini dapat dikembangkan di desa dan di pasarkan di kota. Karena para orang kota menyukai makanan bergizi seperti segala macam sayuran dari pertanian organik. Apalagi tanah di desa sangatlah subur, sehingga sangat baik untuk menghasilkan sayur yang tidak terkontaminasi dari berbagai bahan kimia. Lebih menguntungkan lagi, sayur organik harganya jauh lebih mahal dari sayur biasa. Karena benar-benar alami tanpa bahan kimia sedikitpun.

5. Peluang usaha membuka jasa desain dan mencetak

Di desa pastinya akan terdapat banyak orang yang menikah, akan menguntungkan apabila anda membuka jasa desain dan cetak undangan. Sehingga orang desa tidak perlu pergi jauh ke kota untuk membuat undangan. Hanya bermodalkan laptop dan mesin printer, anda dapat mendesain undangan yang indah dan lucu. Sehingga dapat menarik para warga desa untuk memilih undangan pada anda.

6. Peluang usaha aksesoris dan sovenir khas desa

Desa pastinya memiliki icon tertentu, banyak kerajinan tangan yang dibuat di desa. Dengan teknologi internet anda dapat memasarkan berbagai aksesoris desa seperti gelang, kalung, kain dan lain sebagainya. Jadi nama desa akan terkenal dan maju di kota. Bahkan bisa saja menjadi destinasi wisata karena keasrian dan kealamiannya.

Baca Juga  Pasar Modern Jadi Peluang Usaha Desa, Demi Modernisasi Pedesaan yang Lebih Maju

Demikianlah beberapa peluang usaha yang dapat dikembangkan di desa. Meskipun pada awalnya cukup sulit, namun jangan menyerah dan putus asa. Karena jika kita terus berjuang, akan mendapatkan hasil yang keren, terlebih lagi jaman sudah semakin maju dan modern sehingga sistem pemasaran dapat melalui jaringan internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here