Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil

0
3962

Modal kecil disini kita asumsikan dibawah 5 juta rupiah. Apa yang membedakan desa dengan kota? Tentunya adalah infrastruktur yang lengkap, pertokoan, perkantoran, jalan umum yang besar, dan sebagainya. Nah, dalam lingkup kecil yakni desa yang serba terbatas bisa juga membuka peluang bagi Anda untuk sukses berusaha dengan modal kecil.

Usaha kuliner masih sangat menjanjikan sepanjang tahun ada franchise yang buka dengan berbagai inovasi hidangan, rasa dan jenisnya, misalnya saja Franchise Roti John, Pisang Keju, Singkong Melepuh, dan sebagainya. Untuk mengaktifkan kegiatan perekonomian di desa, maka Anda dapat mengkoordinir para pemuda untuk kreatif membuka wisata kuliner di desa, misalnya di lapangan kantor desa, sebagai pusat kegiatan.

Jika di kota-kota besar dan pusat perbelanjaan, penjual makanan dikumpulkan berjejer dengan berbagai menu yang disediakan sehingga pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pilihan menu dari banyak penjual yang berkumpul. Nah, ide ini bisa di bawa ke desa dengan membentuk kelompok usaha yang permodalannya dapat diajukan ke pemerintah desa atau dinas terkait, misalnya saja dinas perdagangan dan ukm yang ada di setiap kabupaten atau kota.

Baca Juga  Definisi Desa Menurut Berbagai Ahli

Membeli Francchise

Jika kesulitan mendapatkan ide usaha, Anda dapat membeli franchise usaha yang sudah lengkap dengan harga dibawah 5 juta, misalnya Roti John, Jamur Kriuk, MilkShake, dan sebagainya. Franchise adalah sebuah waralaba yang memiliki hak paten dengan penemuannya untuk diperjualbelikan kepada pihak lain.

Jadi, Anda akan mendapatkan seluruh kebutuhan yang akan digunakan untuk berjualan memulai usaha. Dari mulai gerobak dan segala perlengkapannya. Anda akan dibekali ketrampilan dan resep untuk membuat produk makanan yang di jual. Sehingga, Anda tinggal mencari tempat yang tepat untuk memulai memasarkan dagangan Anda.

Peluang Usaha Desa Budidaya Puyuh

Desa identik dengan pemukiman yang masih jarang dan memiliki tanah pekarangan yang luas dan banyak tanaman dan pepohonan. Jika Anda memiliki tanah kosong, maka Anda dapat memulai usaha peternakan burung puyuh.

Peluang usaha desa dengan modal kecil yang mungkin dapat dilakukan adalah budidaya puyuh. Anda dapat memulai membeli indukan kepada peternak puyuh yang sudah sukses di kota Anda, atau di pasar yang mungkin tersedia. Selain membudidayakan telur, Anda dapat menjual puyuh pedaging jika usia sudah tidak produktif dan puyuh pejantan.

Baca Juga  5 Indikator Pembangunan Ekonomi Desa Yang Berhasil

Menjual Kebutuhan Ternak ataau Pertanian

Peternak di desa masih sangat banyak, tidak dalam skala besar, tetapi hampir setiap rumah memiliki ternak semisal ayam, bebek, kelinci, sapi dan kambing. Menyediakan pakan ternak akan sangat menguntungkan. Selain itu, mayoritas masyarakat desa juga masih bertani jadi kebutuhan alat-alat pertanian serta pupuk dan obat-obatan juga sangat dibutuhkan.

Yang harus Anda perhatikan hanyalah rantai distribusi baik ketersediaan barang dan distribusi kepada konsumen. Kenali wilayah Anda, apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan dengan peternakan atau pertanian. Dekatkan kebutuhan mereka, berikan pelayanan antar jika perlu, dan harga yang bersaing. Serta kelengkapan barang yang dijual sehingga memudahkan para peternak dan atau petani mendapatkan apa yang mereka inginkan, maka Anda akan memiliki pelanggan yang cukup signifikan.

Demikian 3 peluang usaaha di desa dengan modal kecil, semoga dapat memberikan informasi dan menginspirasi Anda untuk memulai berusaha di desa. Yang utama adalah kemauan, masalah modal bisa dibantu dengan kredit usaha rakyat dan keterampilan dapat didapatkan dengan belajar. Selamat berusaha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here