Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil Berpotensi Keuntungan Besar     

0
1238

Peluang usaha di desa dengan modal kecil dan berpotensi keuntungan yang besar mampu menaikkan berkembangnya desa tersebut. Apalagi jika desa tersebut memiliki alam yang indah yang tidak dimiliki oleh desa yang lainnya. Sebagai contoh saja desa wae rebo, yang terletak di suatu pulau di Indonesia.

Untuk mencapai desa tersebut kita harus mendaki pegunungan hingga beberapa jam hanya dengan berjalan kaki. Meskipun demikian banyak para wisatawan yang tetap berkunjung ke desa tersebut untuk melihat keindahan sumber daya alamnya. Karena wae rebo merupakan desa yang telah terkenal hingga seluruh dunia dan sebagai tujuan utama para turis di dunia.

Peluang usaha di desa dengan destinasi wisatanya lebih menekankan pada modal sosialnya dari pada modal berupa uang. Sehingga tidak membutuhkan uang yang banyak. Maka dari itu peluang usaha di desa terpencil dengan modal kecil terbagi menjadi dua kelompok yaitu sebagai berikut.

Peluang usaha yang dilakukan sendirian atau dengan sekelompok kecil warga desa

Merupakan jenis usaha dengan memanfaatkan kekayaan alam sehingga menghasilkan sesuatu yang kreatif. Usaha yang dapat dilakukan adalah dalam bidang jasa. Seperti contoh peluang usaha berikut ini, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga  Inilah Peluang Usaha di Desa dengan Keuntungan yang Menjanjikan dan Modal Relatif Kecil     

1. Peluang usaha pembuatan makanan kecil

Di berbagai daerah terpencil banyak perkebunan seperti pisang singkong dan lain sebagainya. Pisang atau singkong yang dihasilkan dari perkebunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat makanan ringan seperti keripik.

Dengan perpaduan wadah plastik yang unik dapat menarik para wisatawan untuk dibeli sebagai buah tangan saat berkunjung. Seperti halnya di daerah Wonosobo yang menjadikan buah Carica menjadi buah kalengan yang sedap untuk dinikmati dan dikemas dalam tempat yang praktis. Dan daerah Jawa barat menjadikan singkong menjadi peuyem atau tape khas kota sunda tersebut.

2. Peluang usaha membuat aksesoris

Aksesoris adalah sebuah produk kerajinan tangan yang unik khas suatu daerah seperti gantungan kunci, gelang, dan kalung atau hiasan dinding dari kerang misalnya jika daerah tersebut adalah pesisir pantai. Karena hampir setiap desa memiliki hasil sendiri. Seperti contohnya warga Dayak asal Kalimantan menjadikan manik-manik hiasan berbagai aksesoris khas Kalimantan. Hasil kerajinan tangan ini telah populer hingga seluruh dunia.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Wisata, Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan

Contoh lainnya seperti di Bantul, sisa-sisa kertas dan kain di pabrik dapat disulap oleh ibu-ibu di desa menjadi aksesoris gelang dan kalung yang dijual dilokawisata daerah Jogja. Untuk kainnya disulap menjadi tas kain untuk tas belanja yang unik dan menarik. Aneka kerajinan dengan modal kecil ini dapat berkembang dan beruntung besar dengan menjualnya ke kota besar.

3. Peluang usaha jual beli online

Dengan jaringan internet yang telah masuk ke desa-desa, dapat dimanfaatkan sebagai sebuah usaha. Usaha jual beli online misalnya. Dengan berbagai produk hasil desa dapat dijual dengan menggunakan jaringan internet. Melakukan promosi lewat media sosial sangat mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah. Kita hanya duduk santai di rumah dan menghasilkan uang yang lumayan.

Peluang Usaha yang dilakukan dengan sekelompok besar warga desa tersebut

Yang dapat dilakukan dengan sekelompok besar warga desa antara lain sebagai berikut:

1. Peluang usaha mengelola desa wisata

Desa wisata melibatkan banyak orang dalam hal mengelolanya. Sebagai contoh desa wisata rumah warna yang terdapat di Malang ini, seluruh warganya bekerja sama menjadikan desa sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik. Mereka saling bantu membantu membersihkan desa, bantu bagian, seperti tukang parkirnya, penjaga tiketnya dan lain sebagainya.

Baca Juga  Rencana Usaha Anda Harus Berisi 9 Hal Ini

2. Peluang usaha dengan modal bersama para warga

Usaha selanjutnya adalah membutuhkan komitmen bersama para warganya agar desa semakin berkembang dengan membuka beberapa usaha. Perlu diingat, untuk hal ini, pembagian pekerjaan dan hasil harus rata dan teliti. Sehingga keutuhan warga desa semakin terjaga dan desa semakin kaya dan berkembang.

Itulah beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan di desa. Memang memulai suatu usaha harus bersabar dan tetap berjuang dan jangan putus asa dalam meraih kesuksesan bersama warga desa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here