Peluang Usaha di Desa, dengan Keindahan Alamnya yang Dijadikan Destinasi Wisata      

0
872
Mengetahui Definisi dan Ciri-Ciri Desa Tradisional

Bagi orang desa, kota adalah tempat berbagai fasilitas dan keramaian serta apapun yang serba modernnya. Bahkan banyak tempat seperti mall dan lain sebagainya. Berbeda dengan di desa, dengan keadaan daerah yang sepi dan serba tenang dan damai. Banyak orang berfikir jika di desa segala sesuatunya tidak dapat berkembang. Padahal potensi di desa jika digali lagi pastinya dapat berkembang. Apalagi jika desa tersebut merupakan destinasi wisata.

Kebanyakan orang kota, ketika berlibur memilih pergi ke desa. Desa dengan segala ketenangan dan keasriannya menjadikan solusi bagi orang kota yang ingin sejenak melepaskan penat dan lelah setelah sibuk berkutat dengan aktifitas yang sibuk berada di kota. Di bawah ini saya bagikan contoh peluang usaha yang ada di desa, desa yang memiliki destinasi wisata, antara lain sebagai berikut ini:

1. Peluang usaha membuat kerajinan tangan khas desa

Desa sebagai destinasi wisata pasti banyak wisatawan yang datang. Dengan ketrampilan, dan bisa lihat di internet beberapa contoh aksesoris lucu untuk dijadikan oleh-oleh khas desa anda. Seperti misalnya pembuatan gantungan kunci, gelang, kalung atau hiasan dinding. Jika desa anda terletak di dekat pantai, anda bisa membuat kerajinan tangan dari kerang, seperti tirai dari kerang, juga bingkai foto dari kerang.

Baca Juga  Pesona Baru Desa Wisata di Dlingo, Pemandangan Menakjubkan Malam Hari

Selain dapat mengembangkan bakat sendiri juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi para warga desa. Mereka dapat menjadi bagian untuk membuat kerajinan tangan khas desa. Selain membuat desa menjadi terkenal. Ekonomi desa menjadi semakin baik.

2. Peluang usaha membuka home stay

Karena banyaknya wisatawan yang datang ke desa anda. Dengan memanfaatkan kamar yang tersedia di rumah, dengan menyulap dan membersihkan sedikit kamar anda. Pastinya akan menjadi menarik. Berikan pelayanan yang maksimal juga kamar yang sejuk, rapi dan bersih. Pastinya banyak wisatawan akan datang dan menginap. Jika kamar yang Anda sediakan bersih rapi dan memberikan kenyamanan ekstra. Para wisatawan ketika berkunjung kembali akan menginap di home stay milik anda.

3. Peluang usaha membuat makanan khas desa sebagai buah tangan wisatawan

Peluang usaha selanjutnya adalah membuat makanan khas desa. Dengan kreatifitas yang digali juga lewat bantuan jaringan internet. Anda dapat membuat berbagai cemilan yang unik, agar wisatawan yang datang dapat membelinya sebagai buah tangan. Sebagai contohnya apa penghasilan terbanyak dari desa anda. Gunakan seperti sayur atau buah-buahan yang berlimpah di desa anda.

Baca Juga  Beberapa Ide Peluang Usaha Desa Yang Bisa Anda Coba

Sebagai contohnya di Malang, mereka menggunakan apel sebagai makanan khas oleh-oleh malang. Dengan kreatifitas mereka, mereka menggunakan apel untuk dimasak sebagai keripik apel. Untuk minumannya mereka membuat sari apel. Contoh lainnya adalah ketika desa anda berlimpah hasil singkong. Anda dapat memanfaatkannya menggunakan singkong tersebut menjadi makanan khas, seperti kripik singkong, getuk, klanting dan lain sebagainya.

Atau daun singkonganya dapat dibuat kripik dari daun singkong, juga bisa dibuat tela-tela yang mirip seperti kentang goreng, namun terbuat dari singkong. Dengan penyimpanan secara dibekukan, tela-tela ini akan menjadi makanan khas desa anda. Lalu ketika desa anda memiliki pisang yang berlimpah dapat dibuat sebagai kripik pisang, sale pisang, pisang bolen dan lain sebagainya. Dan masih banyak lagi yang dapat dibuat.

Dengan kreasi yang banyak pastinya akan menghasilkan sesuatu yang menarik. Jangan lupa untuk mencoba masakan anda terlebih dahulu, dan meminta tolong keluarga di rumah untuk mencicipi jajanan yang anda buat. Ketika mereka cocok, dengan pelan-pelan dapat menjualnya. Baik melalui offline seperti dititipkan pada toko yang dekat dekat lokawisata di desa anda. Bisa juga melalui online, dengan kemasan menarik pastinya banyak yang berminat.

Baca Juga  Buka Warung Bakso, Berapa Biayanya?

Demikianlah peluang usaha di desa yang sebagai destinasi wisata. Pastinya akan menguntungkan dan dapat mengembangkan perekonomian desa. Juga dapat membantu para warga desa bekerja tanpa jauh-jauh pergi ke kota. Jangan menyerah dan jangan putus asa. Karena ketika kita terus berusaha dan tidak mudah puas akan hasilnya. Semua pasti akan lancar, selain anda sukses, ekonomi desa juga meningkat. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here