Peluang Usaha Desa yang Mampu Membuat Desa Tidak Ketinggalan Jaman Lagi        

0
3730
Mengenal Lebih Dekat Desa-Desa Nelayan di Indonesia dan Potensi yang Dimilikinya

Desa sering dikenal sebagai suatu tempat dengan keasrian daerahnya, jauh dari hiruk pikuk kemacetan dan kealamian desa yang tidak dipenuhi oleh polusi sehingga menghasilkan sesuatu yang dapat menenangkan jiwa. Bagi sebagian orang, desa hanya sebagai tempat untuk berwisata atau tempat untuk mudik. Karena sebagian orang desa lebih memilih pergi ke kota untuk mencari pekerjaan daripada tetap di desa yang asri.

Padahal jika kita mau lebih berkreasi lagi, hidup atau tinggal di desa memungkinkan membuka suatu usaha, apalagi membuka usaha di desa hanya membutuhkan modal yang kecil. Mengingat di desa tersedia banyak lahan serta penduduknya banyak. Atau bisa saja anda membuka peternakan, lalu pada saat panen dijual ke kota.

Sebelum membuka usaha ada beberapa yang perlu anda persiapkan antara lain sebagai berikut :

  • Pastikan dahulu apakah tersedia lahan untuk membuka usaha anda.
  • Tentukan akan membuka usaha dibidang apa, pertanian, peternakan, atau yang lainnya.
  • Ketika sudah menentukan akan membuka apa, sediakan modal awal.
  • Jika sudah siap semua, lanjutkan dengan mengembangkan usaha anda.
Baca Juga  Peluang Usaha Yang Bagus di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Itulah beberapa yang perlu anda persiapkan sebelum membuka usaha.

Simak beberapa peluang membuka usaha di desa dibawah ini:

1. Peluang usaha membuka usaha keperluan pertanian

Desa terkenal dengan berbagai lahan yang penuh dengan sawah serta bercocok tanam lainnya. Bertani pasti membutuhkan bahan tambahan seperti pupuk, bibit dan lain sebagainya. Sangat cocok untuk membuka toko pupuk dan keperluan bertani. Jadi para petani tidak perlu jauh-jauh hingga ke kota untuk membeli perlengkapan pertanian.

2. Usaha membuat kerajinan tangan dari barang bekas

Masalah sampah seringkali muncul, bukan hanya di kota saja, di desa pun sering kali muncul berbagai masalah sampah. Sehingga barang bekas seperti botol plastik bekas, kaleng bekas dan lain sebagainya dapat dimanfaatkan menjadi barang kerajinan sebagai penghias ruangan atau mainan anak-anak. Apalagi kerajinan ini masih sangat jarang di desa.

3. Usaha membuka warung sembako

Kebutuhan seperti beras, minyak, sabun dan lain sebagainya adalah kebutuhan sehari-hari dan semua orang pasti membutuhkan. Terkadang di desa warung sembako masih sangat jarang ditemukan. Jadi anda memiliki kesempatan untuk membuka usaha seperti warung sembako.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Desa dengan Modal Minim Keuntungan yang Menarik      

4. Membuka isi ulang air galon

Air minum adalah kebutuhan semua orang. Pada jaman yang serba praktis dan instan ini, air galon adalah solusi praktis agar tidak usah merebus air untuk minum. Di desa pun masih sangat jarang isi ulang air minum. Warga desa pasti akan tertarik menggunakannya. Selain lebih praktis, juga akan menghemat gas untuk merebus air. Anda juga dapat menggunakan jasa antar jemput air, jadi masyarakat tidak perlu repot.

5. Peluang usaha membuat makanan dan minuman khas desa

Desa biasanya identik dengan tempat wisata karena kealamiannya. Pastinya akan banyak orang kota yang datang menuju desa, untuk menikmati keasriannya dan melepaskan segala aktivitas dan penat di kota.

Setelah dari tempat wisata biasanya mereka mencari oleh-oleh sebagai buah tangan. Ditambah jika anda mempunyai minat dan pintar berkreasi dalam hal membuat makanan bahkan minuman. Dengan bakat seperti itu, dapat membuat kreatifitas anda menjadi sebuah usaha, usaha membuat dan membuka outlet jual oleh-oleh makanan khas desa anda.

Baca Juga  Peluang Usaha ini Banyak Disepelekan Namun Ternyata Beromset Lumayan

6. Peluang usaha penyewaan kamar

Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya. Desa menjadi sebuah destinasi wisata. Dapat dipastikan banyak para wisatawan untuk mendatangi desa anda. Apalagi bila anda memiliki kamar banyak di rumah, dengan kreasi penataan dan dekorasi sedikit. Pasti banyak yang akan merasa nyaman menggunakan jasa penyewaan kamar di rumah anda.

Demikian beberapa peluang usaha yang dapat anda lakukan di desa. Memang untuk mengawali setiap usaha banyak sekali rintangan dan tantangannya. Namun, apabila anda tidak berhenti berjuang, tidak patah semangat, pastinya tidak ada yang mustahil. Saat anda tidak patah semangat, pasti usaha anda akan terus berkembang. Karena tidak ada usaha yang membohongi hasil.

Selain itu usaha anda juga semakin menambah penghasilan, serta membuat desa semakin modern dan tidak dianggap terbelakang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here