Peluang Usaha Desa Wisata, Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan

0
683
Mengetahui Definisi dan Ciri-Ciri Desa Tradisional

Membangun usaha di desa bukan merupakan hal yang sulit jika anda sudah memiliki niat tekad yang kuat dan modal tentunya. Tetapi tanpa modal pun sebenarnya kita tetap bisa lho membuka usaha di desa karena kini memang sudah tersedia banyak sekali peluang usaha desa yang dapat kita coba. Berbicara soal peluang usaha desa, saat ini selain bisnis-bisnis bermodal besar macam bisnis kuliner dan lain-lain, ada tren baru dalam membuka usaha di desa, yakni tren mencoba peluang usaha desa wisata.

Anda pernah ke Bali? Pernah ke Desa Panglipuran? Itu salah satu contoh desa wisata yang sukses mendunia. Wisatawan yang datang? Jangan ditanya, apalagi menjelang musim liburan kali ini. Nah bagi anda yang belum memiliki gambaran apa sih desa wisata itu, desa wisata merupakan desa yang fokus pembangunannya berorientasi kepada potensi desa tersebut. Jadi misalkan, di desa anda ada satu objek wisata menarik, nah anda dan warga desa lainnya mengkondisikan desa anda untuk mensupport tempat wisata tersebut sehingga wisatawan yang datang tidak hanya akan berwisata saja, namun juga dapat melakukan aktivitas wisata sekaligus belanja.

Baca Juga  Loket Pembayaran Online, Solusi Jitu Buka Peluang Usaha Desa

Tidak sedikit desa yang mulai melirik peluang usaha desa wisata. Selain di Bali, beberapa contoh lain mungkin dapat anda temukan di Jogja. Jogja juga memiliki beberapa desa wisata yang cukup cantik, salah satunya jika anda main-main ke Tamansari, ada satu desa wisata menarik di sekitaran Tamansari yang ketika anda kesana, anda akan diarahkan untuk melewati perkampungan tersebut sehingga selain menikmati tempat wisatanya, anda juga dapat sekalian berbelanja oleh-oleh.

Nah hal ini bisa anda coba di desa anda. Mewujudkan peluang usaha desa wisata tidaklah sulit jika anda bersama-sama warga desa lainnya bisa dengan sigap memanfaatkan potensi wisata yang ada. Lalu bagaimana jika tidak ada tempat wisata di dekat desa anda? Atau bagaimana jika tidak ada spot menarik di desa anda? Apa bisa mewujudkan peluang usaha desa wisata ini? Tentu saja bisa.

Jika di desa anda tidak memiliki satu spot menarik, buat saja. Anda pernah melihat rumah pelangi di Malang dan kota besar lainnya? Bermodalkan cat warna-warni dan kreatifitas, anda dapat membuat lingkungan anda menjadi satu destinasi wisata baru yang dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak pendapatan. Selain itu, dengan adanya objek wisata baru, tidak menutup kemungkinan untuk membuka peluang usaha baru di sekitarnya, seperti peluang usaha kuliner, atau WC umum, atau parkir mungkin, semua bisa dikelola sendiri bersama dengan masyarakat desa anda. Menariknya, peluang usaha desa wisata ini dapat membuka berbagai kemungkinan peluang usaha baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Lalu apa saja sih keuntungan dari memanfaatkan peluang usaha desa wisata ini? Dengan membangun desa wisata kita dan warga akan diuntungkan karena:

  1. Desa kita akan maju karena secara otomatis, ketika kita mencoba merealisasikan desa wisata, segala infrastruktur dan perlengkapan wisata coba kita lengkapi bukan? Segala sarana dan prasarana tentu akan dilengkapi guna mewujudkan desa wisata. Oleh karenanya, tidak hanya keuntungan dalam bentuk uang saja, namun juga dalam segi sarana prasarana pun terpenuhi.
  2. Peluang usaha baru terbuka lebar. Selain peluang usaha desa wisata, peluang usaha bisnis yang mengikuti bisnis wisata seperti bisnis homestay, bisnis kerajinan khas, atau workshop-workshop juga bisa anda coba.

Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya dari peluang usaha desa wisata yang mungkin belum anda pikirkan. Nah bagi anda yang tertarik dengan peluang usaha desa wisata ini, ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal tersebut kepada warga sekitar komplek desa anda agar segala sesuatunya dapat diurus bersama. Selain keuntungan yang dapat digunakan untuk memajukan desa anda, modal yang dibutuhkan pun dapat dipikul bersama. Akan lebih bagus lagi jika anda sekaligus menggandeng pemerintah kabupaten yang tentu saja akan dengan senang hati membantu mewujudkan peluang usaha desa wisata ini. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan gambaran peluang usaha desa wisata ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here