Peluang Usaha Desa: Token Listrik, Pulsa Minim Modal

0
246
Mencetak Kesuksesan Pemuda Desa Dengan Membekali Ilmu Internet Marketing

Membuka usaha kini menjadi satu trend baru yang banyak dilakukan masyarakat. Tidak hanya sebagai penghasilan utama, terkadang, orang dengan penghasilan tetap (bekerja) juga membuka usaha sebagai penghasilan tambahan. Hal ini bukan tanpa sebab, terkadang kebutuhan yang semakin banyak membuat penghasilan utama tidak lagi cukup. Tak heran, kini banyak orang yang berpikir untuk membuka usaha sambilan.

Berbicara soal usaha sambilan, ada banyak sekali jenisnya yang bisa kita coba. Mulai dari yang bermodalkan nol rupiah, modal minim, sampai modal besar pun bisa. Kali ini kita akan membahas bisnis dengan modal minim. Salah satu bisnis yang kini banyak diminati. Tidak hanya di daerah perkotaan, bisnis minim modal yang satu ini kini juga merambah ke pedesaan.

Tidak seperti dulu, dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak peluang usaha baru yang muncul, tidak hanya di kota tetapi juga di desa. Salah satu bisnis yang kini semakin banyak diminati karena modalnya yang minim adalah bisnis pulsa HP dan token listrik. Dengan modal yang relatif kecil, membuka usaha isi pulsa dan token listrik ini kini tidaklah sulit. Tidak hanya di kota, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sejalan dengan masuknya internet danjaringan telepon selular ke desa-desa, hal ini membawa peluang bisnis ini ke level yang lebih baik.

Baca Juga  Tinggal di Desa, Bingung Mau Usaha Apa? Coba Cek Usaha Satu Ini!

Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa-apa yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini. Selain modal dalam bentuk uang, kita juga memerlukan peralatan lain. Beberapa peralatan yang kita butuhkan adalah handphone. Tidak perlu handphone mahal, cukup gunakan handphone seadanya saja, yang penting masih bisa digunakan untuk mengirim SMS.

Untuk berbisnis pulsa elektrik kita hanya membutuhkan handphone jadul untuk bertransaksi. Namun, akan lebih mudah jika kita menggunakan smartphone. Bisnis pulsa dan token listrik ini tidak hanya prospektif di perkotaan saja, namun di daerah pedesaan juga lho. Hal ini karena layaknya makanan, kebutuhan akan listrik dan pulsa kini menjadi kebutuhan penting yang jika tidak terpenuhi akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Kita bisa memanfaatkan fasilitas teknologi dalam mempromosikan bisnis ini. Bagaimana caranya? Buat postingan semenarik mungkin di media sosial, status yang Anda update, WhatsApp story atau IG story, postingan di Facebook, pokoknya semuanya saja yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi. Di desa, kita juga bisa memanfaatkan media “tetangga” sebagai media promosi. Jadi via tetangga kita bisa “titip” mempromosikan bisnis ini.

Baca Juga  Buka Warung Bakso, Berapa Biayanya?

Untuk modal awal, tidak perlu terlalu banyak dulu, yang penting adalah banyak orang tahu bahwa anda memiliki usaha tersebut. Semakin banyak yang tahu bisnis Anda ini, semakin baik, semakin prospektif bisnis Anda. Tidak hanya itu, untuk modal awal memang disarankan tidak perlu deposit terlalu banyak terlebih dahulu, meskipun jika belum laku kita bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan listrik dan pulsa kita, namun perlu diingat bahwa Anda sedang berbisnis. Oleh karenanya, laku atau belum laku itu merupakan barang dagangan yang tidak seharusnya digunakan sendiri karena akan membingungkan perhitungan keuntungan Anda nantinya.

Salah satu hal yang biasanya menghambat bisnis ini adalah sistem “bon” alias hutang dulu. Meskipun hal ini terkesan mudah, tetapi jika kita memperbolehkan satu orang “ngebon dulu”, yang lain nanti pasti akan mengikuti dan jika sudah begitu Anda akan kesulitan untuk “memutar” pendapatan yang ada, karena tentunya defisit. Nah hal ini perlu menjadi perhatian. Terkadang banyak yang merasa “tidak enak” lalu kemudian memperbolehkan “bayar nanti” yang akhirnya usaha token listrik dan pulsa menjadi gulung tikar. Tidak sedikit lho yang seperti itu.

Baca Juga  Dana Desa Rp. 120 Triliun Dibatalkan Pemerintah, Ini Penyebabnya

Nah itu tadi salah satu inspirasi peluang usaha atau bisnis desa yang bisa dicoba. Bermodal minim, kita tetap bisa membuka usaha ini di desa. Jangan lupa untuk selalu membuat catatan lengkap penjualan atau setiap kali ada yang membeli, hal ini akan memudahkan Anda menghitung keuntugan. Karena usaha ini rawan “bon” atau bayar nanti, hati-hati, kita boleh kok untuk menolak hal tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here