Peluang Usaha Desa Ternak Ayam dan Menjual Daging Ayam Matang        

0
711

Sudah tidak dipungkiri lagi, jika hampir semua orang menyukai daging ayam. Dengan harga yang lebih murah daripada daging sapi atau kambing serta pengolahan yang cukup mudah, membuat ayam masih memiliki banyak penggemar.

Apabila anda tinggal di desa, membuat usaha ternak ayam cukup menguntungkan untuk ke depannya. Sebab semakin banyak orang yang mengkonsumsi ayam karena kelezatannya. Apalagi di desa masih tersedia lahan yang cukup luas. Berternak ayam pun cukup mudah dilakukan.

Pembelian bibit ayam

Pada awal usaha ini, anda dapat membeli bibit ayam pada pengepul ayam dengan harga yang murah atau dengan metode penetasan telur ayam. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin penetas telur ayam.

Alat yang dibutuhkan

Untuk usaha ternak ayam ini, dibutuhkan beberapa alat penunjang berternak ayam, antara lain:

  • Mesin penggiling untuk pakan ayam
  • Mesin untuk mencetak pakan ayam
  • Ayakan untuk pakan
  • Tempat minum ayam
  • Tempat makan ayam
  • Pisau
  • Wadah untuk selang
  • Pengaduk Pakan ayam
  • Terpal
  • Sekop
  • Dan sebagainya
Baca Juga  Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

Lokasi ternak ayam

Lokasi ternak ayam memang betul di pedesaan. Namun pilihlah lokasi ternak ayam yang cukup jauh dari pemukiman. Agar para warga tidak merasa terganggu dengan bau atau suara ayam.

Karyawan untuk membantu

Dengan memelihara atau berternak ayam membutuhkan bantuan sekitar satu orang, untuk menjaga dan memberikan pakan pada ayam tersebut setiap harinya. Juga karyawan ini dapat membantu dalam hal pendistribusian daging ayam ke pasar atau ke rumah makan yang menjual olahan daging ayam

Konsumen daging ayam

Hampir semua orang menyukai daging ayam. Maka dari itu semua orang adalah konsumennya. Salah satunya adalah semua warga desa. Selain warga desa, warga kota pun adalah konsumennya.

Pemasaran ayam

Dengan perawatan yang cukup mudah, pemasaran daging ayam ini juga cukup mudah. Apalagi jaringan internet sudah masuk kemana – mana. Salah satunya masuk ke desa. Dengan bantuan internet, anda dapat memanfaatkannya untuk ajang promosi. Bisa melalui Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Apalagi anda dapat memberikan pilihan, daging ayam segar masih hidup atau daging ayam yang telah bersih tinggal dimasak.

Baca Juga  Mengembangkan Usaha Jamur Tiram: Bisnis Log Jamur Sampai kuliner

Metode pemasaran ini dapat mengundang banyak konsumen. Harga yang ditawarkan juga menjadi lebih bervariasi. Selain warga desa yang ingin makan daging ayam tinggal datang ke tempat anda, juga harganya menjadi lebih murah.

Kombinasi penjualan daging ayam

Jika anda ingin lebih berkreatifitas lagi, agar hasil keuntungan lebih lagi. Anda dapat mengkombinasikan penjualan daging ayam ini. Dengan cara menjual daging ayam yang telah matang. Sebagai contoh daging ayam yang telah diungkep, sehingga pembeli hanya tinggal menggoreng. Bisa juga dijadikan berbagai olahan yang dapat anda jual di depan rumah. Seperti ayam bakar dan lain sebagainya. Usaha ini bisa dibantu dengan istri atau saudara anda.

Anda dan satu karyawan mengurus ternak ayam, istri atau saudara mengurus penjualan daging ayam yang telah matang. Sehingga konsumen baik dari sekitar desa atau warga kota menjadi lebih mudah. Karena pada dasarnya di jaman yang serba modern ini, hampir sebagian orangnya menyukai sesuatu yang instan.

Begitulah cara usaha ternak ayam di desa. Juga bisa dikembangkan dengan usaha kuliner. Dengan harga daging yang lebih murah karena berternak sendiri, anda juga bisa meraup keuntungan lebih banyak lagi.

Baca Juga  Berbagai Pilihan Peluang Usaha Desa yang Dapat Berkembang Menuju Ekonomi yang Jauh Lebih Baik         

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang ayam, agar ayam yang dihasilkan tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Juga menjaga kebersihan makanan atau olahan daging ayam yang anda jual matang. Sehingga makanan anda tetap sehat dan higienis.

Selain dapat mengembangkan penghasilan desa, juga dapat membuka lapangan pekerjaan. Jika sudah berjalan lancar semakin banyak peminat dari ayam anda. Pastinya akan membutuhkan banyak karyawan untuk membantu di perternakan juga membantu istri atau saudara anda.

Memang pada awal usaha tidak ada yang mudah. Namun dengan tekad yang kuat tanpa putus asa dan terus berusaha. Tidak ada usaha yang akan membohongi hasil. Jadi tetap semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here