Peluang Usaha Desa: Rental PS di Desa Minim Modal, Mau Coba?

0
4801

Berbisnis kini menjadi satu tren baru yang banyak dilakukan masyarakat kita. Berbisnis dinilai dapat memberikan kebebasan finansial sejalan dengan keuntungan yang akan di dapatkan. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang berpikir dua kali untuk membuka bisnis atau usaha. Hal ini karena berbisnis seringkali identik dengan modal besar dan segala keribetan yang mengikuti dalam proses awal pembuatannya. Tidak jarang ada yang mengurungkan niat untuk berbisnis karena terkendala modal.

Berbicara soal modal, sebenarnya kita bisa lho membuka bisnis dengan modal yang seadanya. Namun, tetap harus kita ingat bahwa dengan modal seadanya tersebut kita tidak boleh membuka bisnis “seadanya” juga. Segalanya harus sudah melalui pertimbangan karena yang perlu kita point out adalah berbisnis tidak sebercanda itu.

Masih soal berbinis, kita bisa membuka bisnis dimanapun, mau di kota atau di desa, kita bisa membuka bisnis. Pertimbangan yang biasanya diambil adalah biasanya, harga sewa tanah atau bangunan di desa akan lebih mudah ketimbang di kota. Pertimbangan yang kedua adalah, biasanya peluang usaha tersebut belum ada di desa. Jadi misalkan kita mau membuka satu usaha yang cukup terkenal di kota, namun kita lihat di desa belum ada, bisa kita coba tiru membuka peluang usaha tersebut di desa. Pemilihan lokasi di desa juga tidak jarang malah membawa keuntungan yang lebih karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa harga sewa tanah atau bangunan di desa lebih murah ketimbang di kota.

Baca Juga  Telah Lahir SWADESA, Si Jawara Pemasar Produk Desa

Membuka bisnis di desa tidak sesulit yang Anda bayangkan, malahan kita bisa coba membuka peluang usaha yang mungkin sudah beromset bagus di kota, untuk dicoba di desa. Salah satu bisnis yang bisa kita coba adalah bisnis rental PS atau rental playstation. Terdengar cukup menarik bukan? Sekarang siapa yang tidak suka main game? Mungkin ada, tetapi tidak terlalu banyak. Kebanyakan orang baik tua muda, gemar main PS. Tidak sedikit yang hobi nongkrong di rental PS berjam-jam guna main game PS favorit. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk membuka bisnis ini di desa.

Peluang bisnis ini sangat prospektif apalagi jika di sekitar Anda banyak anak-anak dengan usia remaja tanggung, karena target market kita kebanyakan adalah remaja sampai orang dewasa. Kita memang perlu berhati-hati membuka bisnis ini karna bisnis ini cukup beresiko “protes” dari warga sekitar. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ini ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal ini kepada tetangga sekitar terlebih dahulu. Akan lebih aman jika kita membuka bisnis ini di komplek ruko pertokoan, namun hal ini akan membuat kita mengeluarkan biaya lebih untuk sewa.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Bisnis Sembako Modal 8 Jutaan

Berbicara soal modal, mari kita list keperluan apa sja yang kita butuhkan untuk membuka usaha ini:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Playstation Set (6 set) Rp. 24.000.000
Karpet, AC Rp. 3.000.000
Sewa tempat Rp. 10.000.000/tahun
TOTAL Rp. 37.000.000

 

Estimasi biaya di atas baru merupakan gambaran, untuk eksekusi pelaksanaanya, kita dapat meminialisir pengeluaran dengan tidak menggunakan AC yang bisa kita ganti dengan kipas angin misalnya, atau dengan mengurangi biaya sewa tempat dengan menggunakan halaman rumah atau garasi rumah kita sebagai tempat usaha. Atau jika memang modal kita terbatas, kita bisa memulai dengan beberapa set playstation terlebih dahulu sebagai awalan.

Mengintip keuntungan yang bisa didapatkan, kita bisa mendapatkan omset harian yang tidak main-main lho. Katakanlah jika kita memiliki 6 set playstation dengan rata-rata sewa harian selama 10 jam, dengan harga sewa per jamnya Rp. 8000, dalam sehari kita bisa mendapatkan 10 x 8000 x 6 = 480.000 per harinya. Untuk per bulannya 480.000 x 30= Rp. 14.400.000, dengan asumsi sewa per harinya sama yakni 10 jam per hari untuk masing-masing set PS. Sedangkan biasanya, permintaan akan meningkat pada saat weekend.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha untuk dibuka di desa, mungkin bisa mencoba bisnis yang satu ini. Semoga artikel ini dapat menginspirasi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here