Peluang Usaha Desa Membuka Warung Makan       

0
297

Siapa bilang tinggal di desa, kemudian membuka warung makan di desa akan sepi? Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika anda membuka warung makan di desa dan dekat dengan sawah, pastinya akan banyak peminatnya.

Sebab ketika siang tiba para petani tidak perlu repot pulang ke rumah untuk makan siang. Selain itu juga, akan membantu para warga yang tidak sempat memasak bukan? Apalagi jika makanan yang anda buat rasanya enak, atau menu yang dibuat mirip dengan masakan kota.

Masakan kekinian namun dengan harga yang murah. Jadi meskipun tinggal di desa, akan terasa hidup di kota. Sedangkan di desa makanan khas kota masih sangat jarang, jadi yang ingin makan masakan kota tidak perlu pergi ke kota.

Selain itu anda dapat membuka warung makan hingga malam. Karena cuaca desa yang asri dan sejuk, ketika malam tiba anda bisa menambahkan menu di warung makan anda seperti jahe susu, cappucino dan lain sebagainya.

Agar pembeli semakin tertarik untuk mencoba makanan anda, buatlah suasana yang nyaman, serta sediakan WiFi. Tampilkan juga menu yang beragam seperti masakan Indonesia dan ala-ala masakan luar negeri, sebagai contoh pizza, hamburger dan float. Anak-anak muda akan senang bisa ngumpul di warung makan anda.

Baca Juga  Mitra Usaha Pertanian di Desa dan Seluk Beluknya

Apalagi jika desa anda merupakan destinasi wisata, peluang usaha membuka warung makan ini akan menguntungkan. Sebab para wisatawan akan senang datang ke tempat anda.

Sebab meskipun berada di desa, tetap ada makanan kota. Tetapi perlu diingat, untuk tetap menghidangkan makanan khas desa anda dan agar para wisatawan merasakan kenikmatan makanan khas desa anda, buat juga makanan yang unik dan menarik.

Anda juga harus memperhatikan penampilan masakan yang anda buat. Meskipun warung makan biasa yang ada di desa, tetapi kesan unik tetap menjadi daya tarik pelanggan. Untuk tempat, anda bisa menggunakan halaman depan rumah anda. Tambahkan lampu kelap kerlip ketika malam lalu buat banner yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

1. Membeli berbagai perlengkapan warung makan

Perlengkapan warung makan, terdiri dari meja, kursi, piring, sendok, mangkok dan gelas. Beli juga etalase besar untuk meletakkan masakan anda, bisa juga dengan meja besar. Seperti gaya prasmanan, atau sistem pesan mau makan apa. Jadi mereka tidak melihat masakan yang jadi, anda membuatnya seperti warung makan bergaya restaurant.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Rental PS di Desa Minim Modal, Mau Coba?

Dimana saat kita pesan makanan, baru dimasak sebentar. Jika model yang demikian, anda harus menyediakan daftar menu. Jangan lupa menambahkan kulkas, penanak nasi atau Magicom, kompor (ini sudah pasti), blender dan lain sebagainya.

2. Belanja Kebutuhan yang akan dimasak

Belanja apa saja yang dibutuhkan untuk masakan anda. Seperti daging, ayam, telur, sayur, buah dan lain sebagainya. Kemudian belanja gula, garam, penyedap rasa, tepung, beras dan bumbu lainnya.

Agar tidak ada yang terlewat, buatlah list atau daftar belanja. Belilah dalam jumlah yang cukup banyak untuk bahan yang bisa awet hingga berbulan-bulan. Sayur dan buah bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Hitung berapa modal yang dibutuhkan

Setelah semua tercatat, hitung kira-kira modal berapa yang akan dikeluarkan. Jika warung makan anda kecil-kecilan saja. Modalnya berkisar antara 5 hingga 7 juta. Digunakan untuk keperluan warung makan anda dan bahan-bahan makanan.

Selain itu juga modal lainnya yang anda butuhnya yaitu keahlian dalam hal kuliner. Jadi anda juga harus pintar memasak. Namun bila tidak bisa memasak, anda harus mengeluarkan modal lebih untuk mencari orang yang pintar memasak.

Baca Juga  Contoh Peluang Usaha Desa Yang Bisa Dikembangkan di Desa  

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha desa membuka warung makan. Cukup mudah diterapkan dan modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Untuk masakan, anda bisa mencari tahu lewat internet lalu mencoba memasaknya, jangan lupa minta penilaian dari keluarga anda.

Layak tidak untuk dijual. Jika enak, pastinya akan banyak pelanggannya. Sekian, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari ide membuat usaha di desa. Jangan menyerah dan tetap membuat inovasi agar usaha anda semakin lancar. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here