Peluang Usaha Desa, Membuka Pembuatan Furniture atau Mebel       

0
663

Siapa bilang hidup di desa akan mengalami yang namanya keterpurukan ekonomi? Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, tinggal atau hidup di desa cukup menguntungkan. Bagaimana tidak? Segala macam hasil alam, ketersediaan lahan dan apapun yang serba terjangkau. Ketimbang di kota yang sekarang ramai penduduk.

Hal ini bukan berarti saya menyalahkan orang yang tinggal di kota, bisa jadi dengan berawal merantau ke kota untuk menambah atau mencari modal. Dengan tekad dan niat yang kuat serta tidak putus asa semua pasti bisa terwujud. Apalagi jika anda salah satu orang yang kreatif, menyukai tantangan, dan berani mengambil resiko.

Jika memang sudah terkumpul, bagi yang telah merantau ke kota bisa kembali pulang. Dengan modal tersebut anda dapat membeli atau menambah lahan. Sedangkan bagi yang memang sudah tinggal di desa, anda dapat memanfaatkan sumber daya yang ada. Sumber daya yang memang melimpah, kesan alam yang tenang, dan membawa kedamaian membuat semua orang pasti betah tinggal di desa.

Baca Juga  Peluang Usaha Budidaya Singkong Di Tanah Tapis Berseri Lampung

Untuk itu, bagi anda yang ingin menambah penghasilan atau sudah bosan bekerja di kota. Peluang usaha desa ini bisa dilakukan. Apalagi anda memang kreatif. Atau memang sudah merasa bisa membuat sesuatu hal yang unik. Peluang usaha desa ini adalah membuka usaha pembuatan furniture atau mebel.

Tidak bisa dipungkiri, semua orang desa yang telah memiliki rumah, pastinya membutuhkan furniture. Dengan lahan yang luas, membuat suara mesin pembuatan furniture ini tidak mengganggu siapapun. Apalagi jika anda memiliki ide-ide unik, bentuk furniture yang lain dari yang lain dan harga yang jauh lebih murah dari pasaran.

Anda dapat mengajak warga desa yang belum bekerja untuk belajar bersama membuat furniture. Furniture ini, bisa dipasarkan baik untuk para warga desa di lingkungan anda ataupun memasarkannya secara online. Untuk memulai usaha ini, simak rincian apa saja yang dibutuhkan di bawah ini:

Alat-alat pertukangan untuk membuat furniture

Alat-alat pertukangan kayu adalah kebutuhan awal. Tidak mungkin untuk pembuatan furniture hanya menggunakan cara manual dengan alat simple seperti palu, obeng, dan gergaji. Bisa dimulai dengan pembelian alat dengan ukuran kecil dan harga yang terjangkau. Sedikit alat yang bisa saya sebutkan antara lain seperti gergaji mesin (circular Saw), mesin bor, Wood planner dan lain sebagainya.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Membuat Makanan Ringan Masa Kini        

Belilah alat atau mesin dengan harga yang murah dan ukuran yang kecil terlebih dahulu. Ketika sudah mulai berjalan dan semakin sukses, dapat membeli yang lebih baik dan besar. Pembelian alat-alat atau mesin pertukangan kayu ini sekitar 10 hingga 15 juta, pilihlah alat basic nya terlebih dahulu bila uang atau modal anda belum cukup.

Menyediakan tempat yang agak jauh dari pemukiman

Mengapa pembuatan mebel atau furniture memilih tempat yang agak jauh dari pemukiman? Agar suara dari mesin atau alat pembuatan mebel tidak mengganggu banyak pihak.

Membeli bahan untuk dibuat

Jangan lupa, jika mebel atau furniture membutuhkan bahan baku. Salah satunya adalah kayu. Furniture atau mebel juga ada yang menggunakan bahan baku besi. Apabila modal cukup, dapat membeli alat las. Agar varian furniture anda lebih beragam

Mencari tenaga untuk membantu

Anda dapat memulai usaha ini, dengan menawarkan ke tetangga desa atau melalui online. Dengan begitu akan datang banyak pesanan. Pilihlah contoh gambar yang lucu, menarik dan lain dari yang lainnya. Sehingga ketika orderan datang banyak, anda bisa menggunakan tenaga tambahan.

Baca Juga  Usaha Mebel jadi Peluang Usaha Desa yang Menjanjikan

Mungkin itu saja yang dibutuhkan untuk peluang usaha membuka furniture atau mebel. Cukup Simple dan mudah. Asalkan ada niat, doa dan usaha. Sebab tidak ada yang mustahil ketika kita mau terus berjuang. Teruslah berinovasi dan semakin kreatif. Jangan menyerah dengan apapun yang terjadi.

Jangan lupa untuk rajin memasarkan produk sendiri melalui media sosial. Apalagi bentuk lucu dan menarik pasti banyak peminatnya. Jangan menyerah, sebab tidak ada usaha yang membohongi hasil. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari peluang usaha baru ketika ingin menetap di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here