Peluang Usaha Desa Membuat Makanan Ringan Masa Kini        

0
1209

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hidup di desa bukan berarti ketinggalan jaman. Apalagi di jaman yang serba canggih dan serba modern. Internet saja sudah masuk ke dalam desa. Jadi ketika anda tinggal di desa, jangan takut tidak bisa menjadi sukses. Kesuksesan akan diraih ketika kita mau berusaha dan tidak mudah putus asa. Gagal satu kali terus bahkan hingga berkali-kali mencoba.

Dengan tekad yang kuat semua pasti akan tercapai. Semua tergantung kegigihan kita. Untuk itu siapa bilang tinggal di desa tidak bisa berkembang? Semua pasti bisa, asalkan ada usaha dan minat dalam salah satu hal. Membuat usaha di desa juga dapat menjadi sebuah pertimbangan, agar desa bisa terkenal dan desa tidak lagi dianggap ketinggalan jaman.

Untuk itu, sebelum membuat usaha, jangan lupa untuk menarik minat dan bakat anda. Salah satu minat bakat yang dapat saya jabarkan di bawah ini adalah minat dalam hal kuliner. Bisa disebut menyukai masak memasak dan hal yang baru. Maka peluang usaha desa yang cukup menjanjikan adalah membuat makanan ringan masa kini.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Desa dengan Modal Minim Keuntungan yang Menarik      

Yang pertama kali harus ditentukan adalah nama makanan ringan yang akan dibuat dan dijual. Carilah makanan ringan yang masih jarang ada, tetapi banyak peminatnya. Sebagai acuan agar lebih jelas, beberapa yang harus di beli dan dibutuhkan adalah sebagaimana berikut ini:

Alat masak

Alat masak adalah hal wajib. Ketika ingin membuat usaha makanan ringan, tidak mungkin tidak terdapat alat masak. Seperti kompor, panci dan penggorengan untuk menggoreng dan lain sebagainya. Sediakan juga kebutulan lain seperti set pisau yang lengkap, panci presto dll agar lebih cepat dalam mengolah makanan.

Alat packing

Ketika anda ingin membuka usaha membuat makanan ringan, jangan lupa untuk menyediakan alat packing. Kemasan dan tempat packing yang unik, akan membuat para pembeli tertarik. Apa saja alat packing, antara lain sebagai berikut: plastik, box dan alat packing yang lainnya.

Bahan-bahan yang diperlukan

Jangan lupa menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan atau bahan-bahan yang memiliki banyak peminat. Seperti garam, minyak goreng, tepung dan lain sebagainya. Belilah bahan yang awet dan tahan lama. Jangan lupa membeli tempat untuk meletakkan bahan tersebut. Pilihlah tempat yang kedap udara, agar bahan tidak rusak.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Terbaru! Cek Disini

Carilah karyawan 

Jika modal ada cukup banyak, anda dapat mencari karyawan untuk bagian promosi ke daerah sekitar. Serta pegawai untuk membantu proses pemasakan dan packing. Sehingga usaha anda semakin maju, karena ada bagian pemasaran dan pembuatan.

Untuk bagian pemasaran, carilah yang dapat menggunakan jaringan internet, agar bisa membuat promosi menggunakan internet. Tidak perlu kemana-mana, hanya dengan jaringan internet semua akan berjalan dengan mudah.

Untuk bagian pembuatan, carilah yang memang memiliki minat di dunia masak, agar mereka bisa bahagia bekerja sama dengan anda. Selain membuat desa semakin maju, anda juga membuat lapangan pekerjaan bagi warga sekitar bukan?

Membuat rincian modal yang dibutuhkan

Ini sebenarnya salah satu hal yang penting. Sebab harus dihitung modal yang diperlukan. Supaya modal yang dikeluarkan bisa sesuai dan tidak over budget. Sebagai perbandingan anda, usaha pembuatan makanan ringan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Jika anda tidak menggunakan karyawan, modal yang dibutuhkan hanya sekitar 3 hingga 5 juta, tergantung jenis makanan ringan.

Baca Juga  Gampang Menjual Produk Desa, Begini Caranya

Contoh makanan ringan masa kini, yang bisa menjadi ladang penghasilan anda yaitu mie lidi, mie gepeng, kulpi atau kulit lumpia krispi dan masih banyak lagi. Dengan variasi rasa serta bentuk yang menarik, pastinya akan banyak peminatnya.

Itulah beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pembuatan makanan ringan. Sangat mudah bukan? Apalagi makanan ringan banyak peminatnya. Baik anak-anak hingga dewasa menyukai ngemil. Apalagi jika makanan ringannya unik dan menarik. Jangan lupakan kemasan yang menarik, juga rasa yang enak. Promosi bisa melalui internet dan lain sebagainya.

Segala usaha baik di desa ataupun di kota, semua akan berjalan dengan baik jika dilakukan dengan semangat dan tanpa putus asa. Tenang tidak ada usaha yang membohongi hasil. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here