Peluang Usaha Desa Di Daerah Pesisir

0
121

Indonesia merupakan negara maritim dimana wilayah perairannya lebih luas dibandingankan dengan wilayah daratannya, perairan Indonesia juga merupakan yang terluas di dunia. Maka dari itu dari Sabang sampai Merauke banyak desa-desa yang letaknya di daerah pesisir. Daerah pesisir adalah daerah yang berdekatan langsung dengan laut atau disebut sebagai wilayah pantai. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Inilah mengapa Indonesia terkenal dengan pariwisata perairannya.

Berbicara mengenai peluang usaha desa, jika Anda berada di desa yang letaknya di wilayah pesisir peluang usaha yang sesuai dan cocok sebetulnya ada banyak sekali. Namun terkadang peluang usaha itu tidak nampak atau tidak Anda sadari. Bila Anda mampu melihat peluang usaha dan memanfaatkan potensi di desa yang letaknya di pesisir ini, tentunya hal ini akan sangat berguna dan sangat membantu baik untuk diri Anda sendiri, untuk warga desa dan desa itu sendiri.

Banyak desa yang dahulunya merupakan desa tertinggal dan tak dikenal yang berada di wilayah pesisir, namun karena usaha warga desa dari melihat peluang usaha yang ada dan atas bantuan pemerintah akhirnya desa tersebut menjadi terkenal dan bisa memiliki perekonomian yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga  Buka Bengkel Motor di Desa, Berapa Modal Awalnya?

Ada beberapa peluang usaha yang dapat Anda jalankan baik itu secara mandiri maupun dengan bersama-sama warga desa lainnya. Berikut ini merupakan contoh beberapa peluang usaha desa di daerah pesisir yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang:

1. Usaha Pengolahan Ikan

Tentunya desa yang letaknya di kawasan pesisir terkenal memiliki sumber daya alam melimpah berupa ikan, udang, kerang, cumi dan masih banyak lainnya. Nah, apabila di desa Anda terdapat berbagai jenis hasil laut seperti yang disebutkan tadi. Sebaiknya Anda jangan menjualnya dalam bentuk mentah. Banyak warga desa pesisir yang hanya memanfaatkan hasil tangkapan melautnya dengan menjual dalam bentuk masih mentah. Padahal akan lebih baik jika hasil tangkapan melaut itu di olah. Ini akan menjadi peluang usaha yang bagus di desa Anda.

Ikan, udang, cumi, kerang dan lainnya bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan yang dapat dijual dengan harga dan nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan saat masih mentah. Dari hasil tangkapan itu anda dapat membuat olahan udang, ikan, cumi crispy, bisa juga di bakar dan dimasak asam manis, dibuat krupuk dan masih banyak lainnya. Usahakan diolah menjadi produk yang cukup tahan lama dan dikemas dengan menarik. Ini akan meningkatkan harga jual dan menarik para pembeli.

Baca Juga  Usaha Kreatif Daur Ulang Sampah

2. Usaha Budidaya Dan Pengolahan Rumput Laut

Rumput laut adalah tumbuhan yang hidup di laut, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat. Banyak orang maupun perusahaan mencari rumput laut untuk diolah. Rumput laut dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti agar-agar, es rumput laut dan masih banyak lainnya, selain itu juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat kosmetik.

Inilah mengapa usaha budidaya dan pengolahan rumput laut merupakan peluang usaha yang dapat Anda coba. Apabila usaha budidaya rumput laut Anda bisa menghasilkan jumlah yang banyak, Anda tidak hanya dapat menjualnya di daerah atau negeri sendiri tetapi dapat juga mengekspornya hingga ke luar negeri. Tentunya peluang usaha desa ini cukup menjanjikan jika ditekuni dan dikelola dengan baik.

3. Kerajinan Dari Cangkang Hewan Laut

Di bagian pesisir biasanya terdapat banyak sekali cangkang-cangkang hewan laut berserakan di tepi pantai, bahkan hingga patahan batu karang yang berbentuk unik pun mudah untuk dijumpai. Anda dapat memanfaatkan benda-benda itu untuk dibuat kerajinan yang indah sehingga dapat menghasil barang yang bernilai ekonomis.

Cangkang-cangkang hewan laut dan patahan batu karang dapat Anda buat menjadi aksesoris, berbagai macam hiasan dinding maupun meja, dapat juga dibentuk menjadi tirai, figura dan masih banyak lainnya. Semakin anda kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan dan mengelola benda-benda tadi maka akan semakin besar pula pendapatan yang akan di dapat dari usaha berjualan kerajinan cangkang hewan laut. Anda dapat menjualnya secara langsung maupun secara online.

Baca Juga  Peluang Usaha ini Sering Disepelekan Namun Nyata Omsetnya

4. Usaha Penyewaan Perahu Dan Peralatan

Peluang usaha desa untuk daerah pesisir lainnya yaitu usaha penyewaan perahu dan peralatan untuk memancing, menyelam, berselancar dan lain-lainnya. Biasanya banyak wisatawan yang datang ke daerah pesisir untuk menikmati wisata pantainya, baik menikmati panorama di laut lepas maupun pemandangan bawah lautnya. Nah, Anda dapat menyewakan perahu untuk menyurusuri dan mengelilingi pantai, serta menyewakan alat-alat untuk menyelam dan lain sebagainya. Ini juga merupakan peluang usaha desa yang bagus, selain Anda akan mendapatkan penghasilan, desa Anda juga akan menjadi terkenal ketika banyak wisatawan yang datang.

Selain yang disebutkan tadi sebenarnya masih banyak sekali peluang usaha desa di wilayah pesisir yang dapat Anda lakukan. Anda harus pintar-pintar untuk melihat peluang usaha dan potensi yang terdapat di desa Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here