Peluang Usaha Desa Dengan Memanfaatkan Potensi Desa

0
3951

Peluang usaha desa di zaman sekarang jauh lebih bervariasi ketimbang beberapa tahun lalu. Alasannya adalah tentu saja karena adanya internet yang bisa dimanfaatkan baik untuk promosi, sumber ide usaha, dan juga berbagai macam tujuan lainnya. Tak hanya itu saja, beberapa peluang tersebut juga memiliki modal yang masih terjangkau atau bahkan tidak membutuhkan modal yang besar. Berikut ini ada beberapa peluang usaha yang bisa anda coba dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh desa.

1. Makanan Ringan

Bagi anda yang memiliki kebun dengan tanaman seperti ketela atau bahkan buah-buahan, anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan dasar untuk makanan ringan. Beberapa makanan ringan yang bisa anda coba adalah seperti keripik goreng atau dengan membuat selai yang terbuat dari buah-buahan yang ada di kebun anda. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu bagaimana untuk memproses bahan mentah dari kebun anda.

Peluang usaha desa ini juga bisa anda jalankan dengan mengajak warga yang memiliki kebun serupa agar produksi dari produk anda bisa bertambah banyak. Untuk penjualan dan juga promosinya, anda bisa memanfaatkan internet atau juga e commerce untuk memasarkan produk khas daerah anda. Tentu saja anda bisa berkreasi dengan produk anda agar produk makanan ringan anda menarik untuk dibeli.

Baca Juga  Nasib Industri Rumahan Di Tangan Kaum Perempuan?

2. Kerajinan Tangan

Siapa bilang anyaman dari pandan, enceng gondok, rotan, tidak memiliki pasaran? Ya, kerajinan tangan yang menanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa anda bisa menjadi peluang usaha desa. Kembali, untuk mendapatkan idenya anda bisa mengunjungi internet agar dapat menemukan ide kerajinan tangan yang memiliki ketertarikan untuk dijual.

Oleh karena itulah kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha desa yang menjanjikan, agar anda dapat mengembangkan bisnis anda dan juga mungkin dapat membuat peluang usaha yang juga membuka peluang kerja di desa. Jangan lupa, melalui internet pula anda bisa membesarkan brand dari produk anda, yang perlu anda lakukan tentu saja dengan belajar dan terus belajar.

3. Minuman Herbal

Sama seperti makanan ringan, salah satu peluang usaha desa yang juga bisa anda kembangkan adalah dengan memproduksi minuman herbal. Minuman herbal yang bisa anda pasarkan ini bisa berupa serbuk seperti minuman jahe, kunyit dan sebagainya atau bahkan minuman herbal yang berupa minuman herbal basah seperti madu dan sebagainya.

Baca Juga  Bertani Hidroponik Jadi Peluang Usaha Desa, Kenali Objek Dan Sarananya

Seringkali di desa banyak tanaman yang harga dasarnya murah namun tidak mendapatkan perhatian. Padahal melalui pemrosesan yang tepat, dipromosikan dengan cara yang tepat, produk-produk dari tanaman herbal yang banyak ditemukan di desa dapat ditingkatkan nilai jual yang tinggi sehingga anda dapat mendapatkan manfaat dari usaha anda.

4. Wisata Lokal

Apakah desa anda termasuk desa yang memiliki pemandangan yang indah? Jika iya, mengapa anda tidak mempromosikan desa anda agar didatangi pengunjung. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan musyawarah desa untuk pemanfaatan lahan, membentuk panitia kerja, mencari tema yang tepat, memberikan sedikit sentuhan untuk lokasi tersebut dan selanjutnya tentu saja mempromosikan atau bahkan memviralkannya melalui internet khususnya melalui media sosial.

Untuk meningkatkan pendapatan desa, anda bisa menyediakan lahan parkir, cinderamata, makanan khas, jajanan di sekitar lokasi wisata. Dengan demikian wisata desa anda tersebut dapat menghasilkan pemasukan untuk desa dan pemasukan desa tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan fasilitas desa yang mana sebagian juga bisa digunakan untuk meningkatkan kunjungan ke wisata desa anda. Tertarik?

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil Berpotensi Keuntungan Besar     

Itulah ke empat peluang usaha desa dengan memanfaatkan peluang yang ada di desa baik secara individual, kelompok kecil hingga melibatkan seluruh warga desa. Yang terpenting adalah ide segar serta upaya gotong royong agar apa yang diusahakan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa dan yang pasti adalah dengan memberikan lapangan pekerjaan baru bagi warga sehingga tidak perlu jauh jauh ke kota untuk mencari lowongan pekerjaan. Semoga peluang usaha desa yang anda upayakan selalu sukses dan dapat terus berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here