Peluang Usaha Desa: Bisnis Sembako Modal 8 Jutaan

0
842
Beberapa Peluang Usaha di Desa Yang Cukup Menguntungkan

Mengawali bisnis memang bukan hal yang mudah dan butuh banyak pertimbangan. Tetapi bagi anda yang sudah memiliki lahan atau hunian apalagi di desa, membuka usaha tidak lagi menjadi sesuatu yang menggalaukan. Betapa tidak, anda sudah memiliki lahan untuk anda membuka usaah. Sudah bukan menjadi rahasia bahwa harga tanah di desa cenderung lebih murah ketimbang di kota. Hal ini bisa menjadi salah satu keuntungan anda nih. Memiliki lahan apalagi yang cukup luas di desa, sangat bisa untuk Anda manfaatkan.

Berbicara soal membuka usaha, Anda mungkin akan berpikir banyak kali sebelum mebuka usaha, apalagi jika sudah membahas soal biaya. Memang benar, dalam membuka suatu usaha kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi bagi Anda yang belum memiliki “lapak” untuk tempat membuka usaha Anda ini. Namun, jika Anda sudah memiliki lapak untuk membuka usaha ini, Anda tidak perlu khawatir sebenarnya, karena ada bisnis yang bisa anda buka dengan modal dibawah Rp. 10 jutaan.

Baca Juga  Peluang Usaha ini Banyak Disepelekan Namun Ternyata Beromset Lumayan

Bisnis yang akan kita bicarakan ini merupakan bisnis yang menjual banya kebutuhan sehari-hari, yakni bisnis sembako. Nah tidak sedikit orang yang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnis ini karena kendala modal yang dirasa cukup memberatkan. Namun, siapa sangka, modal awal membuka bisnis sembako ini sebenarnya bisa kita siasati lho. Apalagi jika kita berniat untuk membuka usaha ini di rumah. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat dan lain sebagainya. Baiklah untuk membuka usaha ini, mari kita rinci dulu berapa modal awal yang dibutuhkan, tentunya seminimal mungkin ya. Dan lagi, dengan asumsi bahwa kita tidak menyewa tempat atau mebuka usaha ini di rumah ya.

MODAL AWAL PERALATAN

  1. Biaya untuk etalase kaca sederhana : Rp. 500.000,-
  2. Biaya rak barang khusus toko (ukuran sedang) sekitar : Rp. 800.000,-
  3. Biaya timbangan kiloan sekitar : Rp. 200.000,-
  4. Biaya lemari pendingin : Rp. 2.500.000,-

Total biaya : Rp. 4.000.000

Hal ini dapat kita hemat lagi jika kita tidak dulu membeli showcase minuman atau lemari pendingin untuk minuman. Jadi modal awal untuk membeli peralatan adalah sebesar Rp. Rp.1.500.000.

Baca Juga  Buka Bengkel Motor di Desa, Berapa Modal Awalnya?

Barang belanjaan yang nantinya akan dijual:

  1. Amplop
  2. Beras Murah
  3. Beras Medium
  4. Beras Premium
  5. Minyak goreng
  6. Mie instan
  7. Gula
  8. Kopi
  9. Teh
  10. Tepung
  11. Kecap
  12. Gas LPG
  13. Shampoo
  14. Sabun Mandi
  15. Obat – obatan ringan
  16. Telor
  17. Roti
  18. Susu Bayi
  19. Pampers
  20. Makanan dan minuman ringan
  21. Deterjen
  22. Pasta Gigi
  23. Pembersih Lantai
  24. Pelembut Pakaian
  25. Rokok, dll

List diatas merupakan contoh beberapa barang yang bisa Anda jual di warung sembako Anda. Karena konsumen prospektif kita adalah para tetangga, usahakan untuk menjual kebutuhan sehari-hari yang memang banyak dicari. Untuk membeli barang tersebut di atas mungkin kita akanmembutuhkan dana sebesar 4-5 jutaan. Jika dijumlahkan dengan biaya sebelumnya, berarti kita akan mengeluarkan sebesar Rp. Rp.7.500.000, minus lemari pendingin tadi ya.

Nah itu tadi beberapa gambaran modal awal jika Anda ingin membuka usaha toko sembako baru di rumah Anda. Biaya tersebut diatas belum termasuk biaya sewa tempat ya karena diasumsikan merupakan usaha yang akan dibuka di rumah. Semoga artikel ini membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here