Peluang Usaha Desa: Bisnis Nol Rupiah

0
984

Bagi Anda yang saat ini baru pulang dari merantau,atau pindah ke daerah lain namun bukan perkotaan melainkan di desa, pasti sedang berpikir bagaimana caranya agar tetap “menghasilkan” meskipun dengan tinggal di desa. Tinggal di desa bukan merupakan halangan bagi kita untuk berusaha atau membuka usaha. Dengan modal seadanya, Anda tetap bisa kok membuka usaha di desa tempat Anda tinggal.

Bisnis memang seringkali identik dengan modal awal yang besar. Namun, jangan salah, tidak selamanya bisnis membutuhkan modal materi atau dalam bentuk uang. Benarkah? Tentu benar. Karena memang ada lho, bisnis yang bisa Anda mulai dengan NOL rupiah. Iya, Anda tidak salah baca, karena memangbenar bahwa ada bisnis yang bisa Anda mulai dengan NOL rupiah saja. Anda tentu sedang bertanya-tanya saat ini,bisnis NOL rupiah? Bisnis apa sih? Atau “benarkah ada bisnis yang dapat dimulai tanpa modal?” jawabannya Ada. Dan memang bisnis ini tanpa modal. Bisnis apasih? Namanya bisnis Bimbel atau bimbingan belajar.

Baca Juga  Segera Terbit Modul Membangun Desa yang Transparan

Bisnis bimbingan belajar ini belakangan menjadi sangat hits di kalangan masyarakat kita. Betapa tidak, semakin banyaknya orang-orang yang mulai sadar akan pentingnya belajar dan ingin anaknya mendapatpelajaran tambahan selain di sekolah membuat bisnis ini semakin bertumbuh. Tidak hanya di kota, masyarakat di pedesaanpun kini sudah mulai mengerti pentingnya pendidikan atau pengajaran tambahan di luar sekolah, apalagi bagi mereka yangmemiliki Anak dengan kompetensi yang belum matang atau agak lambat.

Nah untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu mengumpulkan massa atau calon konsumen, atau promosikan diri Anda via sosial media atau media dari mulut-kemulut via tetangga, atau media promosi lainnya. Tujuannya adalah, pertama, Anda harus dikenal terlebih dahulu. Semakin banyak yang tahu mengenai bisnis Anda, semakin mudah Anda mendapatkan calon murid.

Anda yang berlatar belakang pendidikan tentu tidak akanmelewatkan hal ini bukan? Anda mungkin bisa lebih spesifik untuk membuka jasa bimbel ini pada satu mapel atau mata pelajaran. Anda juga bisa nih mengajak “rekan “ dengan spesialisasi mata pelajaran lainnya untuk bergabung bersama Anda. Dalam bisnis ini, relasi akan sangat dibutuhkan.

Baca Juga  Kades Lulusan SD Tidak Masalah Jalankan Regulasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa dalam menjalankan bisnis ini, kita hanya membutuhkan NOL rupiah alias gratis. Sungguhkah? Sungguh. Jadi hal yang anda butuhkan hanyalah kesediaan untuk mengajar, dan mengajarkan yangbenar. Anda bisa memulai dari tetangga atau saudara terdekat terlebih dahulu sambil terus mengiklankan di sosial media. Seiring berjalannya waktu, Anda dan bisnis Anda akan mulai dikenal dan dicari oleh masyarakat.

Bisnis ini sangat cocok dicoba di desa karena biasanya, bimbingan belajar atau bimbel yang ada letaknya cukup jauh dari desa. Hal ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk kita manfaatkan. Dalam memasang tarif juga perlu kita perhatikan. Tugas awal adalah bagaimana caranya menjaring calon murid sebanyak mungkin. Di awal, tugas kita adalah mencari sebanyak mungkin calon murid, oleh karenanya, jangan patok harga yang terlalu tinggi. Anggaplah awal sebagai “trial” untuk selanjutnya bisa Anda naikkan perlahan jika memang sudah dirasa tepat waktunya.

Nah itu tadi salah satu peluang usaha desa yang mungkin bisa Anda coba di desa anda. Bisnis nol rupiah yang dapat mengisi pundi-pundi rupiah Anda. Sejatinya, semua bisnis akan berjalan dengan baik apabila kita memiliki tekad yang kuat untuk terus berusaha menjalankan bisnis tersebut. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here