Peluang Usaha Desa Berternak Ayam Pedaging yang Mudah dilakukan        

0
1549

Hidup di desa merupakan hal yang sangat menyenangkan. Dilihat dari berbagai aspek keindahan alamnya dan ketersediaan berbagai sumber daya alamnya. Banyak orang desa tidak mencoba memanfaatkan apa yang ada di desa. Mereka lebih memilih pergi ke kota.

Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, apa yang ada di desa dapat dimanfaatkan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan. Sudah banyak pengalaman sukses membuat usaha di desa. Bagi yang awam merasa jika desa masihlah tempat pinggiran dan tempat yang tidak bisa menghasilkan.

Sedangkan di desa pun sekarang sudah mulai lebih maju. Karena jaringan internet, sudah bisa masuk hingga pelosok desa. Dengan adanya internet ini, seharusnya bagi yang tinggal di desa dapat menggunakannya sebagai jalan menuju sukses. Apalagi hampir semua orang membutuhkan internet.

Bisa kita lihat dari banyaknya yang menggunakan smartphone, dari yang tua, dewasa hingga anak-anak. Untuk itu, membuat usaha di desa tidak ada lagi penghalang. Usaha apapun bisa dipasarkan tanpa kita datang ke kota. Hanya dengan membuka smartphone, membagikannya lewat jaringan internet. Dengan berbagai kemasan menarik, harga yang lebih murah dan lain sebagainya yang bisa menarik hati konsumen untuk membelinya.

Baca Juga  Empuknya Peluang Usaha Penginapan di Desa Wisata

Itulah sistem pemasaran yang bisa dilakukan. Sedangkan untuk peluang usaha desa yang menguntungkan dan mudah dilakukan salah satunya adalah dengan berternak ayam pedaging. Untuk memulai usaha ini, hal-hal utama yang harus disiapkan antara lain :

Lahan yang luas

Jika anda memiliki lahan yang luas di desa, anda dapat memanfaatkannya menjadi tempat berternak ayam pedaging. Dibutuhkan tempat yang luas, agar tidak menggangu aktifitas warga lainnya.

Membuat kandang

Dengan adanya lahan luas tersebut, anda dapat membangun kandang yang cukup besar untuk ayam pedaging anda. Dengan membeli ayam, dan memberikannya makan setiap hari. Anda dapat memasarkan lewat jaringan internet. Menjual dalam jumlah grosir. Dengan harga yang lebih murah, pastinya akan membuat banyak konsumen lebih memilih membeli ke anda

Menyediakan pakan dan rajin membersikan kandang

Jangan lupa untuk menyediakan pakan dan minum untuk ayam. Kandang yang kotor harus dibersihkan setiap hari. Anda dapat mencari satu hingga dua orang pegawai untuk membantu membersihkan kandang ayam. Selain pakan, jangan lupa berikan vitamin agar ayam anda gemuk dan sehat

Baca Juga  Peluang Usaha Ternak di Desa Modal Kecil Untung Besar

Jual kepada rumah makan atau restoran di kota

Banyaknya restoran yang menyediakan makanan berbahan dasar daging ayam. Menjadikan usaha ini cukup menguntungkan. Dengan rajin memposting jualan anda, dan memberikan harga yang lebih murah dari penjual ayam lainnya akan menjadikan usaha anda lebih banyak peminatnya. Anda juga bisa menjual daging ayam yang sudah di masak. Dengan kemasan dan varian unik, akan membuat konsumen yang melihat di lapak internet penasaran dan mencoba membelinya.

Selain dagingnya, telurnya juga bisa dimanfaatkan

Berternak ayam pedaging juga bisa menghasilkan telur. Telur ini juga bisa dijual ke toko-toko. Dengan ini usaha anda bisa lebih berkembang. Selain dijual, jangan lupa untuk mengembangbiakkannya.

Inovasi produk diperlukan

Terus lakukan inovasi dan rajin memasarkannya, baik yang mentah maupun matang. Dengan lebih kreatif lagi, jangan lupa untuk terus melakukan inovasi. Buatlah masakan-masakan yang unik dan beda dengan yang lain dan bisa anda jual. Bisa juga anda membuka warung makan di depan rumah. Atau membuat makanan Frozen yang unik.

Baca Juga  Peluang Usaha Perkebunan Pengeruk Keuntungan

Begitulah ulasan mengenai peluang usaha berternak ayam pedaging. Dengan cara perawatan yang mudah dan membuat daging ayam lebih mudah dijual, seperti ayam siap goreng, ayam Frozen dan lain sebagainya. Dengan pemasaran lewat internet ataupun masuk ke rumah makan dan restoran yang menyediakan menu makanan yang diolah dari daging ayam. Telurnya juga bisa dijual ke toko-toko atau pasar.

Yang terpenting, jangan mudah menyerah saat memulai usaha ini. Jangan cepat putus asa. Segala tentang usaha memang bukan perkara yang mudah. Namun jika dilewati dengan penuh doa, semangat dan sukacita pasti usaha akan berjalan lancar. Sebab tidak ada usaha yang membohongi hasil. Semoga penjabaran di atas bisa menjadi paduan anda dalam mencari jenis usaha baru di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here