Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Sangat Menjanjikan

0
3232
Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Sangat Menjanjikan

Peluang usaha dagang di desa sekarang ini adalah mesin uang yang kian hari kian menarik saja. Soalnya desa memiliki banyak sumber daya terutama alam yang tidak dimiliki orang kota. Kehadiran teknologi informasi di jaman modern ini membuat peluang ini semakin bervariasi dan meraksasa.

Berbahagialah Anda orang yang tinggal di desa karena memiliki peluang usaha dagang yang sangat unggul. Kok bisa? Ya, karena sebagian besar kebutuhan orang di kota terutama untuk kebutuhan dasar seperti makanan, sepenuhnya disuplai oleh daerah pedesaan.

Sementara di desa sendiri, semua orang juga memiliki berbagai kebutuhan yang terus-menerus dibutuhkan sehingga menciptakan permintaan yang tinggi dan terus-menerus.

Seidaknya ada dua tipe peluang usaha dagang di desa yang bisa Anda kembangkan mulai saat ini:

A. Usaha dagang dengan pasar warga desa sendiri (domestik)

Kebutuhan pokok seperti bahan pangan adalah jenis produk yang bisa diperdagangkan di desa. Ada beberapa pilihan usaha untuk masuk pada jalur pemenuhan kebutuhan domestic desa seperti ini. Beberapa pilihan itu antara lain:

  1. Membuka toko kelontong

Ini adalah jenis peluang usaha dagang di desa yang banyak dilakukan. Karakter toko yang menyediakan berbgai kebutuhan sehari-hari warha mulai dari beras, bumbu daur hingga sandal jepit membuat toko kelontong memiliki kemampuan hidup yang luar biasa.

Toko kelontong memudahkan semua orang mendapatkan kebutuhan sehari-hari, gampang dijangkau dan praktis. Soalnya, Anda bisa saja membeli satu sachet shampoo seharga Rp. 500,- saja ke toko ini tanpa perlu berdandan dan cukup hanya berjalan beberapa puluh meter rumah Anda.

  1. Berjualan Komoditas Khusus

Salahsatunya beras. Ya, setiap kampung pasti ada orang yag secara khusus berjualan beras. Pilihan hanya menjual satu jenis komoditi didasarkan pada skala prioritas kebutuhan, setiap orang butuh berasa untu makan sehingga komoditas ini pasti diibeli orang setiap hari.

Memilih satu atau beberapa jenis komoditas juga akan membuat kita menjadi fokus dan menjadi sangat menguasai jenis produk itu. Alhasil, Anda akan dikenal sebagai orang yang akan selalu mmberikan produk yang terbaik bagi semua orang karena penguasaan Anda yang mumpuni dalam hal beras.

  1. Warung sayur
Baca Juga  Peluang Usaha Perkebunan Pengeruk Keuntungan

Jangan salah, meski terkesan sebagai produk yang harga satuannya kecil (seikat sayur bahkan bisa didapatkan dengan harga dua ribu rupiah), tapi kebutuhan sayur pada setiap keluarga terbilang besar dan kontinyu.

Alhasil, permintaa pada sayur dan bumbu-bumbu sebagai pelengkapnya bakal selalu tinggi. Itulah yang menyebabkan banyak orang bahkan rela jemput bola dengan menggunaka sepeda motor keliling kamung menjual sayur.

  1. Toko Bahan Bangunan

Bukan hanya bahan makanan yang dibutuhkan orang. Gairah membangun rumah dan lingkungan adalah kebutuhan lainnya yang terus-menerus dibutuhkan di desa. Karenanya produk yang berhubungan dengan kontruksi akan selalu dikunjungi konsumen.

Untuk menciptakan diversifikasi, biasanya bahan bangunan akan dijadikan satu dalam sebuah unit usaha sehingga lahirlah toko bangunan. Dengan begitu sudah jelas toko ini menyediakan mulai dari semen, paralon air hingga paku. Sungguh sulit membayangkan ada toko yang menjual bahan bangunan dan sayurmayur misalnya.

  1. Membuka warung makan

Sudah jelas ini adalah salahsatu peluang yang akan selalu dilirik orang untuk dijalankan sebagai tambang pendapatan. Rumah makan adalah teppat terbaik bagi siapa saja yang ingin mencukupi kebutuhan perut dengan cara paling praktis, cepat dan tidak repot.

Anda hanya perlu datang, melihat etalase makanan dan memilih menu yang Anda inginkan. Lalu seseorang akan datang ke meja Anda membawa makan sesuai pesanan. Praktis, bukan?

Warung makan juga punya banyak pilihan mulai dari jenis makanan rames yang menyediakan berbagai sayur untuk makan besar. Hingga makanan khusus seperti bakso dan soto atau Masakan Padang.

  1. Berdagang Pakaian dan perlengkapan fashion

Hari ini penampilan telah menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap orang. Berbanding lurus dengan tingkat kehidupan ekonomi yang kian tinggi, semua orang menjadikan pakaian dan fashion sebagai kebutuhan yang masuk daftar kebutuhan prioritas.

Baca Juga  Nasib Industri Rumahan Di Tangan Kaum Perempuan?

Karenanya membuka toko pakaian di desa adalah salahsatu peluang usaha dagang di desa yang cukup menggiurkan. Meski tak semua orang bakal membeli baju setiap bulan, tetapi margin yang besar membuat usaha yang satu ini tetap jadi pilihan banyak orang.

B. Usaha dagang dengan pasar di luar desa termasuk kota

Jenis usaha yang satu ini memiliki model yang berbeda. Karena mengincar warga perkotaan sebagai konsumen maka produk yang ditawarkanpun berbeda. Perbedaan juga bakal terlihat dari volume produk yang diperdagangkan.

Karena dijual dengan cara dibawa ke kota, maka volume produk yang dijual haruslah besar atau banyak sehinggaharus menutup biaya operasional dan menimbulkan sisa keuntungan yang cukup.

Ada berbagai komoditas yang bisa dijual dalam peluang usaha dagang di desaini antara lain:

  1. Usaha dagang binatang ternak

Banyaknya penduduk di kota dan keterbatasan ahan membuat orang kota tak bisa memenuhi kebutuhan pokok terutama soal makanan. Daing adalah salahsatu produk yang paling dibutuhkan warga perkotaan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari keluarga, suplai daging juga dibutuhkan rumah makan, hotel dan para pengusaha catering yang bersebaran di kota. Anda bisa memilih beberapa jenis binatang ternak untuk meyabet peluang ini:

2. Ayam Potong

Peternak ayam potong hanya bisa membangun kandang di desa karena kebutuhan lahan yang luas untuk kandang dan masalah kesehatan lingkungan. Daging ayam potong tidak pernah sepi pembeli sepanjang waktu.

3. Ayam Kampung

Daging ayam kampung memiliki kualitas jauh di atas ayam potong. Lebih sehat bagi tubuh dan memiliki cita rasa yang jauh lebih lezat ketika sudah berada di atas meja makan membuat permintaan daging ayam kampung selalu tinggi.

Beruntunglah Anda yang hidup di desa karena memiliki lahan yang bisa digunakan untuk memelihara jenis ayam satu ini. Setelah cukup umur untuk untuk dikonsumsi, Anda tinggal menjualnya ke kota.

Baca Juga  Tas Rajut Jogja, Unik dan Bisa di Rekonstruksi

Pilihan usaha ini selain beternak adalah cukup hanya mencari ayam gemuk dan sehat dalam jumlah cukup besar lalu menjualnya ke kota. Harga ayam di kota jauh lebih baik dan bisa menyisakan keuntungan yang menggiurkan untuk dijadikan pendapatan.

4. Ayam Petelur

Mengumpulkan telur untuk dijual ke kota adalah pilihan usaha yang selalu akan menghasilkan uang. Soalnya kota memiliki kebutuhan telur yang sangat tinggi.

Anda bisa menjadi pengepul telur untuk dijual ke kota, selisih harga akan menjadi laba yang menguntungkan bagi jual beli telur yang Anda jalankan.

5. Jualan Kambing

Daging kambing tak kalah populer dengan daging ayam. Siapa tak suka sate kambing? Apalagi menjelang Idul Qurban kambing adalah hewan ternak yang paling dicari semua orang selain sapi.

Untuk menerjuni usaha ini Anda tak perlu memelihara kambing sendiri melainkan cukup dengan mencari kambing gemuk dan sehat dan menawarkan pada para calon pembeli. Jika deal sudah terjadi Anda tinggal mengantarkan di kambing ke tempat pembeli.

6. Menjual beras dan berbagai hasil bumi

Berbagai hasil bui akan menajadi peluang usaha dagang di desa yang menguntungkan bagi Anda. Mulai dari menjual beras hasil panenan kampung-kampung hingga berbagai hasil bumi khusus misalnya menjual kelapa.

Beberapa contoh di atas hanya sebagian saja piihan udaha dagang yang sangat menguntungkan bagi Anda sekarang ini. Bagaimana mendapatkan pembeli di kota? Caranya sederhana, selain mengandalkan koneksi dari pra ‘pemain’ dalam usaha ini juga bisa Anda dapatkan dari hubungan pertemanan menggunakan media sosial.

Dalam urusan dagang, desa sesungguhnya memiliki semua yang dibutuhkan kota sehingga peluang usaha dagang di desa menjadi peluang mendapatkan income yang tidak akan pernah ada matinya. (dji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here