Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Yang Menguntungkan

0
1327

Setiap orang pasti membutuhkan makanan sebagai sumber energi mereka agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Selain sayuran dan buah yang mengandung nutrisi yang banyak. Ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah banyaknya. Ikan tidak hanya memiliki manfaat baik bagi orang dewasa saja tetapi juga sangat baik untuk anak kecil terutama dalam masa tumbuh kembangnya karena akan berpengaruh pada perkembangan otak anak. Oleh sebab itu, permintaan penjualan ikan untuk dikonsumsi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Karena permintaan konsumen yang tinggi inilah yang membuat banyak orang mulai merintis usaha budidaya ikan konsumsi. Ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan air tawar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan karena budidaya ikan air tawar untuk dikonsumsi ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan perawatannya pun tergolong mudah namun memiliki harga jual yang cukup terjangkau.

Berikut ini beberapa peluang usaha desa budidaya ikan konsumsi:

1. Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki konsumen yang sangat banyak karena rasa dagingnya yang gurih dan tebal. Untuk budidaya ikan gurame ini diperlukan waktu yang relatif lama sekitar 10-12 bulan. Hal ini dibutuhkan agar ikan gurame cukup besar dan layak untuk dipanen. Namun, ada pula beberapa cara untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame, yaitu:

  • Memilih lokasi yang langsung terkena sinar matahari
  • Memilih ukuran benih ikan gurame yang sehat
  • Memberi pakan dan protein nabati secara teratur
  • Mengeringkan kolam sebelum pembudidayaan dan setelah panen supaya ikan tidak terkena penyakit.
Baca Juga  Memiliki Keterampilan di Bidang Bangunan? Buka Jasa Perbaikan dan Renovasi Rumah Yuk!

2. Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele menjadi salah satu peluang usaha desa yang sangat menjanjikan. Karena, permintaan pasar akan ikan konsumsi jenis ini sangatlah tinggi. Ikan lele ini mempunyai banyak peminat karena memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Cara budidaya ikan lele ini juga memiliki waktu pemeliharaan yang tergolong sangat singkat karena pertumbuhan ikan lele yang sangat cepat. Perawatan yang dilakukan untuk budidaya ikan ini pun tidaklah sulit. Ikan lele juga memiliki harga yang termasuk murah dan terjangkau, sehingga ikan ini lebih banyak peminatnya dibandikan dengan ikan jenis lain.

3. Budidaya Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan konsumsi yang terpopuler dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya karena tekstur dagingnya yang lembut, lezat, dan juga ikan ini mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ikan mas ini juga termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan, serta harga pasaran dari ikan ini pun cukup terjangkau. Karena tidak memerlukan perawatan yang khusus dalam pembudidayaan ikan mas inilah yang membuat banyak orang ingin membudidayakannya.

Baca Juga  Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

4. Budidaya Ikan Mujair

Ikan mujair memilki rasa yang enak dengan tekstur daging yang lembut serta mengandung protein hewani yang cukup tinggi sehingga baik bagi pertumbuhan anak-anak. Oleh sebab itu, ikan mujair menjadi ikan air tawar yang paling banyak dicari oleh konsumen. Selain diminati oleh banyak konsumen, banyak orang yang akhirnya tergiur untuk mencoba peluang usaha budidaya ikan ini karena perkembangan ikan mujair yang sangat cepat dan hanya membutuhkan modal yang kecil.

Tidak banyak teknik khusus dalam budidaya ikan ini. Hanya dibutuhkan kolam dan juga tidak perlu terlalu sering memberinya pakan. Jika Anda sering memberikan pakan maka dapat membuat kualitas air kolam menjadi buruk.

5. Budidaya Ikan Nila

Ikan jenis ini juga mempunyai banyak penggemar karena memiliki rasa yang lezat. Terbukti dengan selalu adanya menu ikan nila di berbagai tempat makan seperti warung makan, restauran, pecel lele, dan sebagainya. Ikan nila juga tidak sulit dalam pemeliharaannya. Tidak salah jika banyak yang mencoba membudidaya ikan air tawar ini.

Baca Juga  Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

Salah satu kendala dalam usaha budidaya ikan ini adalah banyaknya pesaing. Karena, ikan nila memiliki harga yang cukup mahal dipasaran dan juga proses perkembangbiakannya lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lainnya serta ikan ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here