Peluang Usaha Baru di Desa Cukup Modal HP Saja

0
826

Peluang usaha baru di desa yang menjanjikan banyak bermunculan sejak komputer dan internet menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Komputer, laptop dan HP adalah beberapa perangkat yang saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, termasuk warga desa.

Teknologi internet yang bisa diakses siapa saja tanpa memandang area bahkan menciptakan berbagai peluang usaha baru yang selama ini tidak terpikirkan banyak orang. Hal ini berlaku di pedesaan sekalipun. Ada banyak pekerjaan baru yang muncul seiring berkembangnya teknologi informasi.

Tenang saja, menyabet peluang usaha baru di desa melalui dunia digital alias internet tidak berarti seseorang harus menguasai rumitnya pemrograman. Tak perlu pula menguasai ilmu logaritma internet yang super njelimet itu.

Ada dua peluang yang bisa Anda pilih yang bisa diraih di dunia digital. Pertama, peluang yang membutuhkan keahlian khusus dalam hal teknologi informasi. Kedua, memanfaatkan jaringan pertemanan media sosial untuk menawarkan produk maupun jasa.

Anda hanya butuh menguasai kemampuan komunikasi melalui media sosial saja untuk meraup untung dari sana. Bahkan hanya bermodal smartphone. Ada banyak peluang usaha baru yang menjanjikan sudah siap Anda sabet. Apa sajakah itu berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda untuk mendapatkan income.

A. Peluang yang berbasis Keahlian

Ini adalah rejeki nomplok anak-anak muda yang memiliki latar pendidikan teknologi informatika. Tetapi ada juga anak muda yang mampu mempelajari secara otodidak dan mampu mengukir prestasi besar dan Anda tetap bisa melakukannya tanpa meninggalkan desa.

  1. Menciptakan Aplikasi

Menciptakan program aplikasi yang dibutuhkan banyak orang. Mark Zackerberg si pembuat Facebook adalah salah satu anak muda yang bertengger dalam urutan anak muda terkaya di dunia karena kepopuleran Facebook yang mendunia.

Jangan salah, Mark memulai bisnis internasionalnya dari ruangan kos di masa pertengahan kualiahnya. Facebook awalnya dirancang sebagai media komunikasi antar-mahasiswa di tempat kuliah si Mark. Lalu Mark sadar program rancangannya adalah tambang uang.

Baca Juga  Nasib Industri Rumahan Di Tangan Kaum Perempuan?

Kesuksesan yang sama diraih pembuat aplikasi WhatAps, layanan komunikasi tanpa pulsa yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan semua orang dari ujung dunia manapun. Ironisnya, pencipta WhatAps adalah anak muda yang pernah tidak lulus melamar kerja di Facebook.

Di Indonesia ada aplikasi Go-Jek yang merajai jalanan dengan seragam hijaunya dan merubah dunia per-ojekan menjadi murah, praktis dan modern. Berkat Go-Jek, puluhan ribu orang mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang memadai dan mudah dijalankan.

Tak harus sehebat Facebook, ada banyak aplikasi buatan anak muda yang juga meraup untung seperti aplikasi sistem keuangan untuk perusahaan, aplikasi untuk sistem kasir minimarket dan banyak lagi.

  1. Jasa Pembuatan Website dan Maintenance

Peluang usaha baru di desa yang satu ini bahkan bisa dilakukan banyak anak muda yang mempelajari website secara otodidak. Anda bisa menawarkan jasa Anda sembari duduk di beranda rumah Anda di desa. Penawaran Anda bakal menyebar ke seluruh dunia.

Kemampuan berbahasa Inggris akan sangat membantu Anda mendapatkan klien-klien asing dengan bayaran yang jauh lebih tinggi. Ingat, di dunia maya orang tidak akan menganggap penting di mana Anda tinggal.

Jasa pembuatan website bakal lebih membahana jika disertai maintenance alias mengembangkan website untuk meraih pengunjung, menyebarkan pesan dan sebagainya. Sistemnya kontrak dengan jangka waktu tertentu.

B. Tidak Berbasis Kemampuan Teknologi Informatika

Adalah peluang usaha baru yang menjanjikan yang bisa dijalankan tanpa perlu menjadi seorang programmer.  Peluang ini bisa dijalankan banyak orang termasuk warga yang tinggal di desa sekalipun.

Beberapa peluang dalam bidang ini antara lain:

  1. Digital Marketing

Adalah keahlian marketing dengan menggunakan berbagai aplikasi internet mulai dari website, email dan berbagai aplikasi media sosial. Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjalankan pekerjaan ini dan bisa Anda lakukan dari desa paling terpencil sekalipun.

Baca Juga  Sebagian Besar Warga Indonesia Belum Tahu MEA

Digital marketing bertanggungjawab memasarkan produk atau jasa dari perusahaan. Ini adalah alih rupa kerja marketing yang selama ratusan tahun dilakukan secara konvensional dengan teknologi yang terbatas.

Internet merubahnya secara total. Memasarkan produk kini bisa dilakukan dengan praktis tetapi menakjubkan menggunakan media sosial. Anda bertugas menciptakan konten alias pesan yang akan menggugah orang untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Content Writer

Adalah orang yang bertugas membuat tulisan atau artikel dengan tema sesuai dengan visi perusahaan. Ini adalah profesi yang bisa Anda jalankan darimanapun karena semua informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan melalui halaman-halaman computer juga.

Seorang penulis akan dianggap unggul jika mampu menciptakan tulisan yang menarik hati semua orang, berisi informasi yang mencerahkan dan semua itu disampaikan sesuai visi perusahaan.

Untuk mempelajari berbagai strategi menulis bagus, Anda tinggal memelototi halaman-halaman website kondang atau membaca mengenai Search Engine Optimizer (SEO) melalui konten.

Ada banyak teori mengenai SEO ini mulai dengan menggunakan berderet-deret kata kunci agar gampang terbaca Google. Tetapi yang pasti, kualitas tulisan tetap menjadi pemimpin dari semua strategi yang ada.

Uniknya peluang usaha baru di desa ini, Anda bahkan bisa melakukannya sembari menyeruput kopi di rumah Anda karena sebagian besar Content Writer tidak perlu pergi ke kantor untuk menghasilkan tulisan yang seusai keinginan perusahaan yang membayarnya.

  1. Jual Beli Online

Peluang usaha baru yang menjanjikan yang satu ini sudah jamak dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di pedesaan sekarang ini. Tentu saja Anda bisa menjadi salahsatunya. Selain tak butuh ijazah programmer, peluang ini juga hanya butuh HP untuk menjalankannya. Kok bisa?

Anda juga memiliki banyak pilihan yang bisa Anda jalankan dengan atau tanpa modal sama sekali. Pilihannya seperti berikut ini:

C. Reseller

Menjualkan produk atau jasa perusahaan orang adalah cara paling jitu meraup rupiah tanpa modal. Anda bisa mendapatkan ribuan jenis produk yang bisa Anda jual kembali di internet.

Baca Juga  Tepung Mocaf ‘Made In’ Ibu-ibu Pacitan yang Terus Meluaskan Pasar

Hebatnya, Anda bahkan tidak perlu belanja lebih dahulu dan sama sekali tidak butuh ruangan untuk menampung produk. Soalnya, begitu Anda mendapatkan pembeli, pihak perusahaan akan mengemas dan mengirim ke alamat yang Anda berikan.

Transaksi keuangan dilakukan dengan cara transfer. Keuntungan Anda dapat dari selisih harga yang Anda peroleh dari si produsen atau perusahaan pertama dan harga yang Anda tawarkan kepada end user.

Ada beragam cara untuk menjalakan peluang usaha baru yang menjanjikan ini. Utamanya, Anda harus secara rutin dan konsisten menawarkannya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain-lain.

Hebatnya, Anda bisa menjualnya pada orang-orang yang sudah Anda kenal sebelumnya atau bahkan tidak Anda kenal sama sekali. Orang itu membeli karena melihat penawaran Anda melalui media sosial.

Itulah beberapa peluang usaha baru di desa dari dunia online yang bisa Anda jalankan meski Anda tinggal di desa. Satu hal yang penting Anda pahami, teknologi internet memang tidak mempersoalkan dimanapun Anda tinggal.

Tinggal di desa juga bukan hambatan bagi Anda untuk bisa menciptakan omset besar melalui beberapa pilihan usaha di atas. Sebaliknya, desa memiliki berbagai potensi yang tidak ada di kota, seperti produk pertanian, buah-buahan dan aneka jenis makanan dan produk eksotik.

Keramaian desa wisata adalah salahsatu kemajuan yang utamanya ditopang oleh teknologi ini. Foto-foto canntik yang diabadikan semua orang dengan HP-nya di tempat-tempat eksotik di desa adalah salahsatu magnit yang menarik kedatangan para pelancong itu.

Tak perlu pula kawatir bakal ketinggalan dengan kemampuan orang-orang di kota. Soalnya, maju atau tidaknya peluang usaha baru di desa ini tergantung dari ketekunan Anda mempelajari berbagai hal dari yang bisa Anda dapatkan dari layar laptop Anda juga, sembari menyeruput kopi Anda. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here