Pelatihan Usahadesa.com Langsung Punya Toko Online

usahadesa.com : toko online UMKM

BERDESA.COM – Pelatihan marketing online Angkatan I yang dihelat E-Commerce www.usahadesa.com, dibanjiri peminat. Sedikitnya 50-an pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) dari 35 desa di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dengan antusias mengikuti acara yang digelar di Balai Desa Pendowoharjo, Kecamatan sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (2/4) ini.

Managing Director PT Usaha Desa Sejahtera, tempat bernaungnya www.usahadesa.com Mohammad Najib menjelaskan, pelatihan adalah salahsatu program yang digelar Usahadesa.com untuk membawa para UMKM masuk ke ranah online. “ Sebagian besar UMKM terutama di wilayah pedesaan belum memanfaatkan jaringan internet untuk menjual produk mereka. Dalam pelatihan ini kami pastikan peserta langsung paham apa itu online marketing, langsung memiliki toko online dan langsung bisa berjualan,” katanya. Hal itu dibuktikan dalam pelatihan itu, para peserta langsung melakukan registrasi dan langsung memiliki toko onlinenya di www.usahadesa.com.

Materi pelatihan meliputi berbagai peluang berjualan melalui online yang saat ini sangat berpeluang seperti bagaimana membuat gambar yang bagus, membuat kemasan yang menarik, menciptakan branding yang kuat hingga mengurus pengiriman dan transaksi online ketika ada pembeli.

Salah satu peserta Pelatihan Nike Triwahyu menyatakan dirinya sangat terinspirasi oleh materi pelatihan. Perempuan paruh baya warga Desa Pendowoharjo ini menyatakan, saat ini komunitas ibu-ibu di kampungnya mulai tergerak memproduksi berbagai makanan yang bisa dijual melalui online. “ Kami menjadi semakin tahu pentingnya packaging, branding dan berjualan melalui E-Commerce,” katanya.

Sebenarnya, kata Nike, para pelaku UMKM sangat ingin membangun jaringan pemasaran online melalui E-Commerce tetapi terkendala kualitas SDM unttuk bisa melakukan akses internet. “ Pelatihan seperti ini sangat membantu kami mengetahui seluk-beluk internet marketing. Saya juga baru tahu Usahadesa.com memiliki Program Desapreneur yang bisa membantu UMKM agar bisa berjualan di Usahadesa.com,” kata Nike.

Desapreneur adalah program untuk anak-anak muda di pedesaan. Desapreneur bertugas membawa produk UMKM dan produk desa agar bisa berjualan di E-Commerce. Para Desapreneur adalah jembatan bagi pelaku UMKM yang tidak mampu berjualan secara online karena keterbatasan kualitas SDM.

Data Berdesa.com menyebut, jumlah UMKM di Indonesia 57 juta dan menyerap 97 persen tenaga kerja. Dari jumlah itu baru 9 persen yang memanfaatkan secara efektif jaringan internet untuk menjual produk-produk mereka. Alhasil, sebagian besar produk desa dan UMKM belum banyak dikenal luas. E-Commerce Usahadesa.com adalah tempat UMKM dan produk desa mempromosikan diri sehingga dikenal secara luas dan mulai merajai minimal pasar dalam negeri.(aryadji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*