Pelatihan Usaha di Desa Sebagai Upaya Peningkatan Mutu SDM

0
2113
Pelatihan Usaha di Desa Sebagai Upaya Peningkatan Mutu SDM

Pengembangan desa tidak hanya terbatas dalam pengembangan infrastruktur dan ekonominya saja, namun juga perlu diimbangi dengan upaya peningkatan mutu SDM. Salah satunya yang saat ini sedang menjadi trend adalah pelatihan usaha di desa. Pelatihan usaha ini dianggap cocok untuk menjawab tantangan jaman bagi masyarakat desa. UsahaDesa menawarkan pendampingan untuk pelatihan yang dapat menjadi pilihan upaya peningkatan pengembangan desa.

Pelatihan Usaha di Desa yang diberikan oleh UsahaDesa ini dikembangkan oleh Bapak Mohammad Najib. Bapak Mohammad Najib adalah sosok yang penting dalam pendirian UsahaDesa. Beliau sudah memiliki pengalaman dalam bidang UMKM dan juga Kewirausahaan lebih dari 20 tahun lamanya.

Tentu saja waktu 20 tahun tersebut bukanlah waktu yang sebentar sehingga sangat bisa dianggap bahwa Bapak Mohammad Najib ini merupakan sosok yang ahli dalam bidangnya yakni wirausaha dan juga pengembangan ekonomi desa.

Tak hanya Bapak Mohammad Najib saja yang akan menjadi narasumber ternama dari Pelatihan Usaha di Desa, beliau juga nantinya akan ditemani oleh banyak narasumber yang tidak kalah berprestasi dan berpengalaman dalam bidang UMKM seperti Bapak Aziz Setya WIjaya Nindya Putra yang merupakan pelaku bisnis tetapi juga mentor serta elatih untuk program inkubasi bisnis UMKM di Indonesia. Beliau mendapatkan penghargaan Shell LiveWIre Business Start-UP Award dan juga Bloomberg Business Week Asia’s Best Young Entrepreneurship Award.

Baca Juga  Pelatihan Wirausaha UKM Oleh Narasumber Ternama

Dibelakangnya masih ada banyak nama yang masuk dalam daftar narasumber dari Pelatihan Usaha di Desa ini seperti Bapak Yudi Utomo yang memiliki keahlian dalam penyediaan pengembangan kapasitas usaha Mikro dan juga bersertifikat internasional sebagai pelatih kewirausahawan.

Ada juga Yoky Bagus Sembodo yang merupakan alumni dari UGM untuk fakultas Ekonomi. Beliau memiliki perhatian dalam pengembangan bisnis UMKM dan masih banyak lagi narasumber lainnya.

Materi yang akan diberikan selama 16 jam Pelatihan Usaha di Desa menyangkut 6 hal seperti berikut:

  1. Karakteristik Pengusaha

Faktor yang pertama ini penting untuk dipahami sebagai modal awal sebelum memasuki dunia usaha, kewirausahaan atau entrepreneurship.

  1. Ide Bisnis

Bisnis akan berkembang pesat apabila ide yang dikembangkan tersebut unik dan juga memiliki peluang untuk terus dikembangkan. Dari sini peserta Pelatihan Usaha di Desa akan dilatih untuk curah pikiran dan menggali ide bisnisnya.

  1. Penetapan Tujuan

Disini peserta akan diajak untuk menetapkan pasar secara SMART sehingga diharapkan peserta mampu memahami pentingnya menentukan pasar yang spesifik dalam suaha serta melihat peluang yang ada.

  1. Analisis Rantai Nilai
Baca Juga  Kesempatan Pelatihan UKM di Desa Terbaik

Selain ketiga hal diatas, peserta juga diajak untuk memahami apa itu Rantai Nilai dan mengapa hal ini penting untung mengembangkan ide bisnisnya.

  1. Survey Pasar

Yang tidak kalah penting dalam pengembangan usaha adalah Survey Pasar. Peserta diajak untuk menganalisa permasalahan serta peluang yang ada di desa dan memahami bagaimana lingkungan sosial, ekonomi serta kebudayaan yang ada di desa dapat menunjang peluang bisnisnya.

  1. Menyusun Model Bisnis

Yang terakhir namun tidak kalah penting adalah bagaimana peserta dilatih untuk menyusun model bisnis dan mengetahui serta memahami apa itu BMC serta faktor dan komponen didalamnya.

Meskipun terlihat rumit, namun Pelatihan Usaha di Desa disajikan oleh narasumber yang berpengalaman sehingga tidak perlu khawatir untuk kesempatan mendapatkan informasi secara utuh dan juga lengkap dalam upaya mengembangkan diri untuk mengembangkan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here