Pelatihan Keterampilan Home Industri

0
1774
Pelatihan Keterampilan Home Industri

Di era globalisasi dengan persaingan yang tinggi ini pemerintah mengharapkan agar kita lebih profuktif dan tidak hanya menjadi konsumen dari pasar global. Terlebih dengan kemudahan teknologi sehingga mempermudah promosi dan pemasaran.

Oleh karena itulah, perlu untuk diadakan di desa pelatihan keterampilan home industri secara bertahap agar penduduk desa dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengembangkan kesejahteraannya.

Mengapa pelatihan keterampilan home industri ini sudah dianggap penting untuk diperhatikan oleh masyarakat desa? Alasannya adalah karena pangsa pasar yang mungkin akan mulai mempengaruhi pasar dari produk hasil desa.

Dengan demikian, masyarakat desa perlu berinisiatif dalam menyalurkan produk-produknya yang umumnya dijual dalam bentuk mentah. Bahan mentah ini mungkin akan selalu dicari, namun sayangnya untukharga dari bahan mentah ini terkadang tidak sesuai dengan tenaga dan upaya yang sudah dilakukan.

Ada beberapa langkah dalam pelatihan keterampilan home industri yang perlu untuk dipahami sehingga setelah pelatihan tersebut usai, home industri tersebut dapat terjaga keberlangsungannya.

Ada beberapa manfaat dari pengenalan home industri ini bagi masyarakat desa yakni mendekatkan antara produsen dengan konsumen sehingga keuntungan yang didapatkan dapat lebih tinggi. Nah, apa yang perlu digarisbawahi dari pelatihan keterampilan tersebut.

Baca Juga  Pelatihan Kewirausahaan Di PT Usaha Desa

Memahami dan Memproses Sumber Daya Yang Ada

Hal pertama yang perlu digaris bawahi atau diperhatikan dalam pemberian pelatihan keterampilan home industri adalah memahami Sumber Daya yang ada dalam desa.

Umumnya sumber daya yang ada dalam desa tidak melalui pemrosesan sehingga memperoleh nilai produk yang lebih tinggi. Disinilah yang perlu ditekankan dalam proses pelatihan bagaimana warga desa dapat meningkatkan nilai jual dan langsung menjualnya kepada konsumen.

Sumber daya alam yang sebelumnya dijual dalam bentuk mentah dengan harga yang tidak terlalu tinggi pun pada akhirnya bisa diproses sehingga mendapatkan nilai jual yang memuaskan.

Modal

Langkah kedua dalam pelatihan keterampilan home industri yang perlu digarisbawahi adalah masalah permodalan dan bagaimana mengolah modal tersebut. Dalam pelatihan, pemberi materi di dalam pelatihan tersebut diharapkan mampu memberikan pandangan mengenai pencarian modal yang mudah atau kemudian bagaimana mengolah modal yang ada sehingga dapat membantu bahkan meningkatkan proses produksi.

Promosi

Selanjutnya yang sangat perlu untuk diperhatikan dalam pelatihan keterampilan home industri adalah bagaimana kegiatan promosi termudah yang dapat dilakukan oleh masyarakat desa.

Baca Juga  Pelatihan Membuat Usaha di Desa Bersama PT Usaha Desa

Apakah produk tersebut dipromosikan dalam bentuk media di media sosial, situs internet atau lainnya. masyarakat di desa mungkin sudah mulai menggunakan internet sebagai sarana komunikasi, namun untuk pengembangan agar internet dapat dijadikan sebagai sarana untuk media promosi yang tepat.

Manajemen Keuangan Untuk Pengembangan

Tidak hanya sebatas penjualan dan kemudian mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produknya saja, namun pelatihan tersebut juga dapat digunakan agar setelah pelatihan keterampilan home industri, pelaku home industri dapat mengembangkan industrinya dan merambah pasar yang lebih jauh lagi semisalnya merambah pasar internasional. Memang, pelatihan tersebut tidak dapat dilakukan secar instan dan mengetahui hasilnya, namun juga perlu proses yang perlu ditekuni.

Keempat hal yang perlu diperhatikan dalaam pelatihan keterampilan home industri itu dapat dipenuhi dalam beberapa pelatihan. Akan lebih baik juga apabila pelatihan tersebut dilakukan dengan beberapa evaluasi sehingga pembimbingan dari pelatihan tersebut terlihat proses pendampingannya dan yang terpenting tidak selalu hasil, namun proses dari pendampingan yang akan menguatkan keterampilan dalam mengatur industri rumah tangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here