Pelatihan Digital Marketing Untuk Ibu-ibu Desa Ponggok

0
1169

Telkomsel, salah satu operator telekomunikasi seluler Indonesia menyelenggarakan kegiatan pelatihan digital marketing di salah satu desa di Kabupaten Blitar. Tepatnya berada di desa Ponggok yang berada di kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Desa ini merupakan salah satu dari 8 desa terpilih yang disertakan dalam pelatihan ini, dimana tujuan dari program ini adalah melahirkan agen perubahan untuk membangun komunitas lokal melalui pemanfaat teknologi.

Diharapkan setelah kegiatan pelatihan ini selesai maka peserta pelatihan ini dapat menularkan semangat digital ke rekan-rekan yang lain di desanya selain itu pula bagi UMKM tentu saja dengan kehadiran pelatihan dapat membantu mereka memperluas pasar mereka dengan memasarkannya secara online.

Pemasaran secara online tentu saja tidak cuma sebatas memiliki perangkatnya saja seperti komputer personal, gadget dan lainnya, namun juga perlu ditunjang oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan teknikal seperti pengoperasian gadget dan kemampuan pemasaran sehingga dapat memahami stratetgi-strategi apa saja yang perlu dilakukan dalam pemasaran secara online.

Peserta pelatihan sendiri merupakan kaum ibu-ibu dari desa Ponggok, alasan dipilihnya ibu-ibu sebagai peserta pelatihan digital marketing adalah memberdayakan kaum perempuan di lingkungan pedesaan dengan menjadikan mereka agen-agen perubahan di wilayahnya. Selain itu pula banyak komunitas lokal di pedesaan yang banyak dijalankan oleh ibu-ibu sehingga dengan hadirnya pelatihan semacam ini dapat memajukan aktiftas di desa tersebut.

Baca Juga  Mengelola Desa Wisata Religi

Pemilihan desa-desa seperti didasarkan kepada hasil survey dan pemetaan dimana dipilih beberapa desa yang dari segi perekonomian masih tertinggal dari desa yang lain namun desa tersebut memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar dan kearifan lokas yang bisa dibilang unik. Maka terpilihnya 8 desa yang menjadi peserta kegiatan tersebut, beberapa diantaranya adalah desa di Ciwidey, Purwakarta, Desa Simanindo, Desa Pasaman Barata, Desa Kinali dan Desa Ponggok.

Pemilihan Desa Ponggok sebagai peserta kegiatan digital marketing dikarenakan di desa Ponggok memiliki beberapa potensi diantaranya adalah Ikon wisata Gunung Pegat yang cukup dikenal di kalangan pecinta alam, dengan pemahaman dan kemampuan digital teknologi maka diharapkan potensi wisata Gunung Pegat dapat ditingkatkan dan tentu saja dengan berbagai pembangunan infrastruktur yang lebih baik agar semakin menarik wisatawan.

Selain itu pula Desa Ponggok ini memiliki spot paralayang yang cukup indah dimana sudah melahirkan beberapa siswa berprestasi hingga tingkat nasional. Dari sektor pertanian, desa Ponggok memiliki varietas alpukat yang bisa dibilang terbesar di Indonesia, hasil pertanian ini merupakan buah kerja keras petani disana.

Baca Juga  Kepala Desa Didatangi Oknum Mengaku Wartawan dan LSM, Apa yang Harus Dilakukan?

Dengan potensi-potensi yang disebut sebelumnya, tentu pihak Telkomsel melihat sesuatu yang besar dan belum digali lagi lebih dalam sehingga hasilnya belum maksimal diterima oleh masyarakat desa tersebut.

Pelatihan yang merupakan bagian dari kegiatan CSR Telkomsel ini diselenggarakan pada tanggal 1 Maret 2019 yang diisi oleh pemateri dari kalangan anak muda yang merupakan pegawai Telkomsel itu sendiri. Para peserta pelatihan diwajibkan untuk membawa telepon selulernya sendiri sehingga selain dipraktekkan pada saat pelatihan, para peserta juga dapat mengulangi hasil pelatihannnya dirumah masing-masing dan pada akhirnya dapat mengaplikasikannya di lingkungan desanya.

Kegiatan semacam ini perlu diadakan karena pembangunan desa tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah semata, namun juga instansi baik negeri maupun swasta dan masyarakat pada umumnya untuk memperhatikan perkembangan desa pula karena banyak sekali potensi-potensi yang banyak bisa digali, selain itu pula peranan desa sebagai penghasil bahan baku dan sumber daya manusia bagi perindustrian di perkotaan tidak bisa dipisahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here