Pelatihan BUMDesa Bersama Usaha Desa

0
409

Pelatihan adalah wahana pembelajaran yang sangat efektif menciptakan agen perubahan di desa. Usahadesa.com membangun program Pelatihan BUMDesa sebagai cara mendorong desa se-Indonesia meningkatkan kesejahteraan melalui BUMDesa. Program Pelatihan digelar secara terjadwal sehingga memudahkan setiap desa mengirimkan utusannya untuk mengikuti pelatihan.

Materi Pelatihan BUMDesa dibangun dengan beberapa pendekatan sekaligus yakni membedah desa dalam konteks kebijakan BUMDesa dengan melakukan kajian terhadap UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa sekaligus berbagai kebijakan turunannya. Materi diperdalam dengan mededah kasus yang dihadapi desa peserta. Pada pelatihan ini para peserta juga berkunjung langsung ke BUMDesa dan desa yang ditunjuk untuk berdiskusi dengan para pegiat BUMDesa dan perangkat desanya.

Kurikulum ini disusun agar peserta pelatihan mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai BUMDesa sesuai potensi dan kebutuhan desanya. Usahadesa.com telah beberapa kali menggelar pelatihan. Beberapa diantaranya bekerjasama dengan institusi pemerintah dan lembaga pemberdaya desa lainnya seperti di Bantaeng, Sulawesi Tengah, Lombok dan Yogyakarta. Beragam solusi telah dipetik para peserta setelah mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga  Beginilah Administrasi Keuangan Usaha BUMDesa

Abdulkadir Jaelani dari Sekretariat Forum Indonesia CSR Kalimantan Timur, salahsatu peserta Pelatihan BUMDesa yang digelar di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta 27 – 29 Maret 2017 menyatakan sangat terkesan dengan materi pelatihan yang dihelat Usahadesa.com karena menyuguhkan materi yang jauh melebihi harapan peserta.

“ Usahadesa memadu-selaraskan materi lengkap mulai dari memahami UU No. 6 tentang Desa tahun 2014 dengan seluruh turunan kebijakannya dan membedah beragam persoalan desa. Tetapi yang paling membedakan adalah, Usahadesa membuat seluruh peserta bisa berinteraksi langsung dengan warga desa dan perangkat desa yang berhasil mengelola berbagai lembaga desanya menjadi lembaga yang produktif,” kata Abdulkadir.

Suasana pelatihan yang inspiratif di desa wisata yang indah terbukti mampu membuat peserta menyerap banyak hal. “Perpaduan beberapa metode ini membuat kami mendapat banyak input untuk mendukung pengembangan desa di Kalimantan Timur. Ini pengalaman yang tak terduga bagi seluruh peserta,” ujar Abdulkadir.

Peserta bisa langsung mendaftar melalui www.berdesa.com dengan Klik papan iklan pelatihan di sana. Calon peserta juga bisa melakukan kontak langsung melalui telepon dan WA pada Costumer Service.com di nomor 0895381500455 untuk mendapatkan informasi mengenai materi dan detail penyelenggaraan pelatihan.(aryadji/berdesa)

Baca Juga  Cara Menentukan Jenis Usaha dalam Pendirian BUMDesa

Foto: Berdesa.doc

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here