Pelatihan BUMDes Academy 16 : Asyiknya Mengunjungi 6 BUMDes Hebat Sekaligus

petalihan bumdes academy angkatan 16

BERDESA.COM – Mempelajari pendirian dan pengembangan BUMDes, jangan tanggung-tanggung. Seperti yang dilakukan peserta pelatihan BUMDes Academy angkatan 16 ini. Dalam empat hari pelatihan BUMDes bersama Usaha Desa Sejahtera (Usdes) mereka melihat langsung sekaligus berinteraksi dengan enam desa sekaligus. Keenamnya memiliki potensi dan karakter yang berbeda-beda.

Para peserta adalah Erri Dwi H perwakilan dari Dompet Dhuafa dan Bapak M. Yunus yaitu Kaur Pembangunan dari Desa Sepaso Barat, Kec. Bengalon, Kutai Timur. Pada pelatihan yang digelar 2-6 Oktober itu kedua peserta datang dan melihat langsung praktik pengelolaan BUMDes pada enam desa dengan unit usaha BUMDes yang berbeda-beda sekaligus berdiskusi dengan para pegiatnya.

Enam desa yang dikunjungi adalah Desa Dlingo. BUMDes Giritama desa ini mengelola minimarket Desamart, sebuah toko dengan konsep modern milik BUMDes yang membuktikan diri mampu menjawab kebutuhan sehari-hari warga. Dlingo juga memiliki pesona alam air terjun Curug Lepo, obyek wisata alam yang dikelola warga secara murni.

Mengunjungi Srigading denagn BUMDes Lestari yang memiliki empat unit usaha pertanian yakni budidaya sayur-mayur dan pisang cavendis di atas lahan pasir dengan sistem uap. Dikelola para petani, produk pertanian BUMDes ini berhasil sudah menembus pasar terbuka.

Para peserta juga ke Wukirsari, desa di bawah pegunungan di kawasan Imogiri Yogyakarta. Wukirsari memiliki beberapa potensi unik yang dikembangkan menjadi obyek wisata seperti kampung pengrajin wayang, kampung burung, pengembangan listrik tenaga kincir air. Wukirsari adalah desa dengan warga yang sangat kreatif mengembangkan potensi diri mereka.

Mengunjungi BUMDes Amarta Pandowoharjo, Sleman. Amarta memilii unit pengolahan sampah yang membuatnya dikenal di seluruh Indonesia. Apa pasal Karena sejak awal berdirinya, BUMDes ini sudah menunjukkan kinerja manajemen yang baik yakni membuktikan unit pengolahan sampahnya langsung bisa membiayai diri sebagai sebuah unit usaha. Amarta juga memiliki toko suvenir yang berdiri di depan Resto Jejamuran. Resto Jejamuran adalah salahsatu resto ternama di Yogyakarta dan menjadi salahsatu menu kunjungan wisatawan di Kota Budaya.

Dua peserta juga berkunjung ke BUMDesa Tirta Mandiri di Desa Ponggok, Klaten. Ponggok adalah salahsatu BUMDes terbaik di Indonesia yang membukukan Rp. 9 Milyar pendapatan per tahun. BUMDes desa ini memiliki berderet unit usaha mulai kolam air alami yang terkenal karena punya fasilitas berfoto di dalam air, toko desa dan bank desa.

Untuk melengkapi wawasan kewisataan desa, dua peserta mengunjungi Desa Muntuk. Muntuk adalah salahsatu desa di Kecamatan Dlingo yang memiliki beberapa obyek wisata yang kini menjadi salahsatu destinasi wisata urutan atas di Yogyakarta. Begitu eloknya wisata di desa ini sehingga beberapa bulan lalu Barrack Obama dan keluarganya datang berkunjung ke Puncak Becici, salahsatu hutan pinus di kawasan ini.

Lengkap, itulah yang dibawa pulang para peserta pelatihan BUMDes Academy. Bukan hanya diskusi saja, tetapi juga datang, melihat dan berinteraksi langsung dengan para pegiat di desa-desa yang telah berhasil menjalankan BUMDes-nya. Anda berminat? Hubungi saja Usaha Desa Sejahtera, ada beragam program pemberdayaan ekonomi desa yang bisa diikuti di lembaha ini. Tunggu apa lagi?

Testimoni Pelatihan BUMDes Academy Angkatan 16

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*