Pasar Modern Jadi Peluang Usaha Desa, Demi Modernisasi Pedesaan yang Lebih Maju

0
493
Mental dan Karakter Yang Perlu Dimiliki Seseorang Yang Ingin Mulai Berwirausaha

Di era yang sudah semakin modern ini, pasar modern pun menjadi pasar yang lebih dilirik dan diminati oleh sebagian orang. Parahnya, pasar modern atau supermarket modern yang tadinya berdiri di daerah perkotaan kini sudah mulai mendekatkan usahanya di desa-desa. Namun toko kelontong atau sembako bisa menjadi pasar modern dengan bantuan modernisasi dari pihak desa. Toko kelontong telah menjadi peluang usaha desa yang paling favorit untuk usaha rumahan. Umumnya, masyarakat didesa memanfaatkan sebagian rumahnya untuk membuka bisnis toko kecil-kecilan.

Dengan adanya toko kelontong ini mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan. Barang yang dijual di toko kelontong ini pun beraneka macam mulai dari aneka kebutuhan rumah tangga mulai dari telor, beras, minyak, gas hingga jajanan anak-anak, ada pula yang menyediakan alat tulis dan perlengkapan sekolah seperti buku, pensil, tas, sepatu dan lain sebagainya.

Tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan keahlian khusus untuk membuka usaha toko kelontong ini. Karena yang dibutuhkan hanya menyediakan kebutuhan rumah tangga, perlengkapan sekolah dan alat tulis. Bahkan potensi peluang usaha desa ini bisa cukup menjanjikan.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Bisnis Mebel Minim Modal, benarkah?

Sudah menjadi suatu hal yang lazim jika barang yang murah akan selalu diburu oleh kebanyakan orang. Begitu pula dengan toko kelontong yang ada di desa. Jika harga barang yang dijual di toko kelontong Anda lebih murah dari pada di toko kelontong yang lain, meskipun lokasinya jauh sekalipun toko Anda akan selalu diburu oleh pembeli. Karena memang, harga yang murah menjadi salah satu data tarik untuk pembeli meskipun harga yang ditawarkan hanya berbeda sekitar lima ratus sampai seribu rupiah saja.

Namun, ada beberapa tips untuk pemilik toko kelontong agar bisa mendapat predikat toko kelontong murah. Karena predikat toko kelontong murah ini tidak bisa diraih dalam waktu singkat. Harus ada proses dan penilaian dari pembeli juga karena sangat diperlukan agar peluang usaha toko kelontong yang Anda kelola ini dapat dengan cepat meraih kesuksesan.

Tips Menjalankan Peluang Usaha Toko Kelontong

1. Mencari agen atau distributor yang menjual barang dengan harga paling murah

Tentunya dengan harga beli yang murah kita bisa menjualnya dengan harga yang tidak terlalu. Jadi janganlah terlalu mengambil keuntungan banyak. Karena, meskipun untung yang kita dapat kecil namun jika pelanggannya rutin membeli maka itu akan menjadi senjata ampuh untuk meraih kesuksesan, daripada kita mengambil untung yang besar namun sangat jarang pembeli.

Baca Juga  Tak Perlu Susah Mencari Kerja, Peluang Usaha Desa ini Bisa Jadi Alternatif Penghasil Pundi Uang

2. Berikan harga yang murah untuk barang yang paling laku

Anda harus bisa memperkirakan barang mana yang paling laku dan menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena tidak semua barang yang dijual di toko kelontong dicari pembeli, maka barang yang paling sering dicari lah yang diberi harga murah daripada barang lainnya. Misalnya telur, beras, gula, mie instan, perlengkapan MCK dan lainnya.

3. Terapkan harga grosir

Jika ada harga yang lebih murah untuk beberapa barang yang paling sering dicari oleh pembeli, maka penerapan harga grosir ini juga bisa dilakukan untuk menarik minat pembeli. Misalnya untuk pembelian mie instan, jika dijual satuan seharga Rp. 2500 beli 10 pcs harganya hanya Rp. 22.000 saja. Keuntungan jika menerapkan harga grosir adalan jika barang semakin cepat habis maka keuntungan yang didapat juga lebih cepat.

4. Layani pelanggan dengan ramah dan berikan pelayanan yang memuaskan

Tidak bisa dipungkiri jika pelanggan akan merasa nyaman dan senang untuk kembali berbelanja di toko kelontong kita jika pelayanan yang kita berikan dapat memuaskan mereka. Bisa jadi mereka juga akan ikut menyebarkan ke tetangga atau teman-teman mereka tentang pelayanan memuaskan seperti apa yang akan didapatkan jika membeli di toko kelontong kita.

Baca Juga  Tips Menjalankan Peluang Usaha Desa Dari Nol

5. Buatlah promosi menarik

Kelima, membuat promosi. Buatlah promosi yang menarik untuk pembeli. Misalnya, “Kumpulkan 5 nota pembelian dengan total Rp. 200.000 dan dapatkan 1 bungkus mie instan.” Namun, perlu diperhatikan jika dalam membuat program promosi perlu melakukan proses perhitungan yang matang agar tidak sampai rugi.

Dengan tips diatas tentunya membuka peluang usaha desa dengan toko kelontong tentunya menarik bukan? Dengan modal yang tidak banyak dan tidak perlu keahlian secara khusus, toko kelontong bisa dibuka sebagai usaha sampingan yang menjanjikan bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here