Partisipasi Masyarakat Menjaga Desa Wisata

0
988

BERDESA.COM – Pengembangan kawasan desa wisata tidak dapat dilepaskan dari desa pusat, pemerintah desa, desa tempat masyarakat desa sebagai tempat hidup mereka dan desa tempat berekreasi masyarakat, hal ini penting untuk mencegah beralihnya aset desa dan kepemilikan lahan masyarakat desa kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab serta tersisihkannya masyarakat oleh berkembangnya pendatang. Hal tersebut tidak bisa dianggap hal biasa, karena semakin majunya suatu daerah pastinya akan banyak pendatang baru ingin mengambil alih karena sudah melihat potensi yang besar dari desa tersebut.

Salah satu contoh Desa Wisata yang bisa dikatakan tetap menjaga kelestarian alamnya adalah Desa Wisata Jatiluwih. Selain melihat terasering sawah, terdapat tempat suci(pura) yang terpelihara dengan baik. Kebersihan pura terjaga serta disediakannya tempat sampah di areal pura. Begitu memasuki pura, wisatawan diminta untuk mengenakan selendang sebagai persyaratan untuk masuk ke tempat suci.

Palinggih yang ada pada tiap-tiap sawah milik petani kondisinya bagus. Bangunan Palinggih pada sawah milik petani Desa Jatiluwih tergolong unik, karena atapnya ada yang menggunakan ijuk mencerminkan bangunan tradisional Bali. Persepsi wisatawan terhadap perkembangan Desa Wisata Jatiluwih dari kondisi tempat suci yang terpelihara dengan baik, arsitektur palinggih yang unik sebagai apresiasi terhadap pelestarian budaya lokal, dan wisatawan mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga  Surga Wisata Itu Bernama Sulawesi Tengah
Pura Di Desa Jatiluwih
Pura Di Desa Jatiluwih

Pada tahap pengembangan, masyarakat berpatisipasi aktif dalam pengelolaan fasilitas parawisata dan operasionalisasi badan pengelola daya tarik wisata. Partisipasi masyarakat secara langsung dalam pengembangan desa wisata juga diwujudkan dengan terlihat pada pendirian dan operasional badan pengelola. Pendirian badan pengelola sebagai upaya untuk dapat mengembangkan desa wisata secara profesional. Sebelum dibentuk badan pengelola, pengembangan desa wisata dikelola oleh desa dinas. Setelah pendirian badan pengelola, masyarakat lokal yang terlibat dan berpartisipasi dalam pengelolaan desa wisata semakin meningkat.

Mengembangkan Desa Wisata sangat penting sekali untuk memajukan pendapatan ekonomi di desa tersebut dan membuatnya semakin maju, tetapi harus juga memikirkan dampak negatif yang akan ditimbulkan. Partisipasi masyarakat setempat dan para pengunjung akan sangat bermanfaat sekali untuk mendukung kemajuan Desa Wisata tersebut.

Gambar: www.rentalmobilbali.net & plesiryuk.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here