Olah Susu Segar Menjadi Bisnis Kefir yang Menjanjikan

0
378

BERDESA.COM – Sudah pernah mencicipi kefir? Kefir adalah susu fermentasi yang sudah lama dikenal sejak 1400 tahun silan di Kaukasus dan Rusia dan dikenalkan pertama kali oleh nabi Muhammad kepada penduduk Kaukasus. Kefir sendiri berasal dari Bahasa Turki, yang artinya kondisi baik; enak. Kefir banyak mengandung bakteri baik seperti mikroflora, jika dibandingkan dengan yogurt yang hanya memiliki beberapa jenis bakteri. Kefir difermentasikan oleh puluhan jenis bakteri dalam kefir grains atau yang dikenal dengan biji kefir.

Saat ini, olahan susu berupa kefir sedang populer di Indonesia. Bukan hanya menjadi minuman kesehatan, kefir juga dapat diolah menjadi produk perawatan wajah hingga tubuh, mulai dari krim kefir, masker kefir, lotion, sabun, hingga sampo. Prospek dari bisnis ini pun cukup menggiurkan. Jika ingin mencoba, Anda juga dapat membuat sendiri olahan Kefir dengan menggunakan bibit kefir.

Masker kefir terbukti sangat baik untuk perawatan wajah. Mengapa? Karena masker kefir memiliki banyak manfaat. Seperti :

  1. Mengatasi masalah jerawat akibat iritasi atau lemak.
  2. Membantu mengeluarkan tumpukan racun kimia yang ada pada kulit dari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia.
  3. Membantu memutuskan ketergantungan cream wajah atay racikan obat tertentu.
  4. Kandungan asam hidroksil AHA pada masker kefir berguna untuk mengurangi keriput dan penuaan pada wajah.
  5. Mengurangi iritasi kulit.
  6. Meremajakan kulit.
  7. Mencerahkan kulit dan membuat kulit wajah semakin glowing dengan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.
  8. Asam amino yang terkandung dalam masker kefir berguna sebagai antioksidan yang baik untuk kulit.
  9. Masker kefir mengandung bakteri Lactobacili yang dapat mengatur keseimbangan asam dalam sel-sel kulit wajah.
  10. Mengurangi komedo.
  11. Meningkatkan kadar kolagen pada wajah sehingga kulit menjadi kencang.
Baca Juga  20 Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Setelah mengetahui manfaat dari Masker Kefir, lalu bagaimana cara membuatnya? Anda harus menyiapkan bahan dan alat seperti 1 liter susu murni, 100 gram bibit kefir yang dapat anda beli di pasaran, Toples kaca/ jar, kain, spatula, saringan, dan freezer.

Langkah-langkah pembuatan masker kefir ini cukup mudah :

  1. Siapkan grains sebanyak 100 gram (untuk susu sebanyak 1-2 liter), jika ingin membuat satu liter susu murni dibutuhkan kira-kira 20-50 gram bibit kefir. Kemudian campurkan susu dengan bibit kefir di dalam toples kaca.
  2. Aduk perlahan menggunakan spatula agar tercampur rata.
  3. Tutup toples kaca memakai kain dan diamkan selama 24 jam.
  4. Setelah 24 jam, buka toples lalu aduk lagi seara perlahan. Apabila terdapat ulat itu menandakan bahwa susu yang anda buat itu tercampur dengan kotoran lalat/ tidak steril.
  5. Tutup toples lagi menggunakan kain lalu diamkan lagi selama 12-24 jam agar fermentasi berjalan sempurna.
  6. Setelah 48 jam berlalu, angkat bagian atas susu dan memidahkannya ke wadah lain menggunakan spatula.
  7. Bagian bawah susu diaduk dan disaring pelan-pelan lalu masukkan kefir ke dalam freezer agar dingin. Ingat, jangan gunakan bahan metal atau stainlis sebagai wadah masker karena bisa merusak kefir
  8. Masker kefir siap digunakan.
Baca Juga  Peluang Usaha Menjanjikan di Desa Yang Bisa Anda Kembangkan

Nah sangat mudahkan cara membuat masker kefir sendiri? Jika Anda mempunyai produk masker kefir yang bagus, sudah dicoba dan hasilnya memuaskan tentu menjadi peluang usaha. Untuk membuat kemasannya anda bisa menggunakan plastik biasa atau aluminium foil. Kemudian gunakan press plastik untuk perekat dan penutup kemasan sehingga produk kefir anda aman dari zat kimia. Gunakan social media seperti facebook atau twitter untuk menjual masker karena akan lebih cepat mengundang perhatian pembeli daripada berjualan di toko atau menawarkan person by person. Selamat mencoba. (berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here