Nikmatnya Beragam Olahan Salak, Kuliner Sehat Berbasis Buah

0
160

BERDESA.COM –  Serasa belum ke Yogyakarta kalau belum mencicipi kuliner sehat berbahan salak pondoh. Berpusat di Sleman, salak pondoh yang menjadi identik dengan Jogja itu kini bahkan telah menjelma menjadi rupa-rupa jenis makanan dan minuman yang tak hanya lezat tetapi termasuk kuliner sehat.

Seperti yang diproduksi UKM di Desa Wonokerto, Turi, Sleman. Karena begitu banyak buah salak yang dipanen warga di desanya dan akan membosankan kalau hanya berupa buah saja, serombongan ibu-ibu kreatif menggunakan daging buah salak menjadi beragam jenis minuman dan makanan sehat. Salak di tangan ibu-ibu diolah menjadi Jenang Salak Berlian, Geplak Salak Berlian, Wajik Salak Hasta dan minuman segar Sari Salak bernama Salk-Q Drink.

Bercita-rasa utama buah salak yang manis dan sedikit sepat itu membuat deretan makanan olahan salak itu menjadi sangat khas dan membuat kepincut lidah banyak orang. Kini, aneka jenis makanan baru berbasis salak ini bahkan sudah menjadi oleh-oleh pilihan khas Jogja selain buah salak pondoh manis yang sudah melegenda sebelumnya.

Baca Juga  Langkah Strategis UKM Hadapi MEA 2015

Tak hanya membuat buah salak makin tenar saja melainkan juga menjadi jenis makanan baru yang membuat Sleman turut kondang karenanya. Salahsatunya Geplak Salak yang kini menjadi saingan berat geplak manis Bantul yang juga sudah kondang sebelumnya. Bedanya, geplak asal Sleman yang berada pada wilayah Yogyakarta sebelah utara berasa manis bukan hanya dari gula kelapa tetapi dari manis salaknya. Alhasil, geplak salak segera menjadi buruan wisatawan kota Jogja.

Masalahnya, bagaimana bisa mencicipi aneka kuliner sehat berbahan buah salak yang menggiurkan ini jika tempat tinggal Anda jauh dari Yogyakarta? Jangan kawatir, Anda tak perlu melawat ke Yogyakarta untuk bisa menikmati beragam jenis makanan sehat ini. Buka saja www.usahadesa.com maka Anda tinggal klik saja jenis makanan olahan salak yang Anda inginkan. Soalnya rupa-rupa olahan salak ini sudah tersedia di www.usahadesa.com.

Usahadesa.com adalah situs jual beli berupa pasar online yang menjual beragam produk kuliner sehat, aneka minuman berbasis tradisional dan berbagai produk desa dan UKM yang sangat khas dan original. Dijalankan PT Usaha Desa Sejahtera, situs ini mengkhususkan diri menjual produk-produk desa dan UKM untuk mendorong perekonomian pedesaan yang sebagian diantaranya saat ini masih tertinggal oleh perkembangan perkotaan.

Baca Juga  Menjadi Mitra Swadesa, Jembatan UKM ke Dunia Maya

Melalui Usahadesa.com produk unggul seperti olahan salak kini bisa dijual secara online sehingga area pasar para UKM produsen makanan dan minuman sehat ini menjadi luas dan terus berkembang. Jadi tunggu apalagi, klik produk makanan sehat olahan buah salak yang Anda incar di www.usahadesa.com maka dalam dua atau tiga hari saja produk pesanan Anda ini akan mengetuk rumah dan siap dicicipi.(aryadji/berdesa)

Foto: www.cookpad.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here