Napak Tilas Jejak Karya Romo Mangun di Bukit Menoreh

0
760
Napak Tilas Jejak Karya Romo Mangun di Bukit Menoreh

Salah satu hasil karya Romo Mangun yang melegenda hingga kini, adalah Gua maria Sendang Sono. Romo mangun atau yang terlahir dengan nama YB Mangunjaya, memang termasyur dengan banyak karya seninya. Baik dibidang sastra, pendidikan, hingga seni arsitektur. Salah satu sentuhan arsiteksur Romo Mangun dapat dirasakan pada Pesanggrahan Sendang Sono.

Terletak di kawasan barat laut Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kulon Progo, Gua Maria ini semacam tak sekedar memangku tempat peribasatan suci bagi umat Katolik.

Namun juga sudah berkembang menjadi area wisata religi, baik bagi Umat Katolik, maupun Budha. Terbukti, dengan adanya umat Budha yang memilih Sendang Sono sebagai tempat untuk melakukan meditasi atau menyucikan diri dari hal-hal yang bersifat dunia.

Tentu bukan tanpa alasan, lokasinya yang teduh dan berada dikawasan perbukitan menoreh, membuat tempat ini memuliki aura kenyamanan dan ketenangan. Selain itu, juga memiliki cuaca yang sejuk, dan didukung oleh lingkungan yang asri. Sehingga, sangat tepat digunakan sebagai tempat ibadah.

Berdesa Tour

Sejarah Gua Maria Sendang Sono

Baca Juga  Oleh-Oleh Khas Solo, Roti Priyayi Khas Solo Yang Melegenda

Nama Sendang Sono diambil dari nama sepasang pohon Sono yang terletak di kawasan peribadatan Gua Maria. Kedua pohon tersebut hingga kini masih ada, dan memiliki  sumber mata air.

Awalnya, ditahun 1900 an, ada seorang Pemimpin Umat Katolik yakni Romo Van Lith yang melakukan upacara pembaptisan, dengan mengambil air yang bersumber pada pohon Sono. Kemudian, setelah berjalan waktu selama 25 tahun, tempat ini diresmikan sebagai tempat untuk berziarah bagi Umat Katolik.

Salah satu yang mencolok pada area wisata religi ini adalah adanya patung Bunda Maria Yang berukuran Cukup besar. Nah, konon, patung ini merupakan hadiah dari Ratu Spanyol. Untuk dapat ada ditempat yang sekarang, para masyarakat bekerja sama mengangkatnya dari bawah, menuju area Gua Maria Sendang Sono.

Hingga pada tahun 1974, pembangun Gua Maria Sendang Sono ini dimulai, namun hanya berbekat dana dari umat. Disinilah tangan dingin Romo Mangun sangat berperan dalam menentukan arsitektur bangunannya. Dengan konsep perpaduan antara tradisi jawa dan alam. Dan pada tahun 1991, Sendang sono mendapatkan penghargaan sebagai bangunan dengan arsitektur terbaik.

Baca Juga  Gua Maria: Keindahan Alam dalam Sebuah Perjalanan Spiritual

Pesona Keindahan Sendang Sono

Siapa yang tak mengenal Romo Mangun, seorang budayawan yang juga aktif dibidang arsitektur dan pendidikan. Selain mahir dalam menulis karya sastra, Romo Mangung juga mampu membuat desain arsitektur yang sangat megah namun tetap ‘njawani’ di Sendang Sono. Dapat dikatakan, Sendang Sono merupakan tonggak penyebaran agama Katolik di tanah Jawa.

Awalnya, Romo Van lith, yang melaksanakan pembaptisan disebuah sendang yang ada dibawah Pohon Sono. Lokasinya ada di antara bukit menoreh. Adanya sendang, yang konon memiliki sumber mata air yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan segala macam penyakit inilah, yang memancing banyaknya peziarah datang ke sendang sono.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat Ini ada beberapa jalur yang dapat Anda tempuh. Salah satu jalur yang paling umum adalah jalur antara Muntilan menuju Wates. Sebelum sampai Banjaroya, Anda akan menemukan sebuah pertigaan. Dari sini, Anda dapat mengambil arah ke kanan, menyelusuri jalanan beraspal.

Untuk dapat sampai ke Sendang Sono, Anda masih perlu menempuh jarak sekitar 7 kilometer. Namun, jangan khawatir. Anda dapat menikmati perjalanan Anda kali ini. Dimana, Anda akan disuguhkan pemandangan indah khas perbukitan.

Baca Juga  Wisata 3D di Jogja, Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Di Jogja

Meskipun jalan yang ditempuh sedikit naik turun dan berkelok. Namun, tetap aman  untuk kendaraan baik mobil maupun motor. Selain pemandangan indah, suasana sejuk, juga akan ada pemandangan kali progo yang tak kalah bagusnya. Tak perlu takut nyasar, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang Ada saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here