Nagari Pariangan, Salahsatu Desa Paling Indah di Dunia

Nagari Pariangan, Salahsatu Desa Paling Indah di Dunia

BERDESA.COM – Desa-desa di Bali bolehlah terkenal di seantero dunia. Tetapi tahukah Anda, sebenarnya di Sumater Barat ada desa yang begitu elok sehingga dijuluki Desa Terindah di Dunia. Namanya Nagari Pariangan, desa ini tak hanya indah dari alamnya tetapi juga memiliki tradisi yang luar biasa.

Desa Nagari Pariangan terletak di lereng Gunung Marapi, sampai saat ini Nagari Priangan adalah desa tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Tanah Datar. Nagari Pariangan adalah desa kecil berjarak sekitar 95 km dari arah utara kota Padang, dan berjarak 35 km dari kota Bukittinggi. Terletak di antara Kota Batusangkar dan Padang Panjang dan damai tenteram di bawah gunung berapi membuat tanah di desa ini begitu subur bagi pertanian para warganya.

Keindahan Nagari Pariangan terkuak setelah pada 2012 lalu media wisata internasional Travel Budget menulis mengenai desa ini dan menempatkannya sebagai desa terindah di dunia. Sejak saat itu Nagari Pariangan menjadi dikenal banyak kalangan di dunia. Sayangnya, di dalam negeri informasi mengenai desa elok ini masih sangat minim.

Hingga beberapa televisi swasta mulai kembali mengangkat eloknya desa yang satu ini. Dengan cepat kecantikan Pariangan menjadi buah bibir dan menyedot perhatianm melalui sosial media. Setelah lama tertidur, Pariangan pun mulai kembali menggeliat.

Untuk mencapai desa ini, Anda harus menempuh perjalanan mengambil titik berangkat dari Kota Padang. Dari Padang, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam menuju Kota Batusangkar. Jarak Batusangkar ke Pariangan sekitar 13 kilometer, dapat di tempuh dengan angkutan umum.

Sebagai desa pertanian di Minang, tanah di Nagari Pariangan ini sangatlah subur. Tidak hanya subur, desa pertanian ini sangat memanjakan mata. Karena lokasi Nagari Pariangan di lereng Gunung Marapi, maka kesuburan tanah di Nagari Pariangan ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Alasan itulah yang menjadikan penduduk Nagari Pariangan banyak yang berprofesi sebagai petani. Jika anda berkunjung ke sana, anda bisa melihat sawah yang luas dan menghijau. Suasananya sejuk serta pemandangan yang indah akan dapat mengobati rasa lelah setelah perjalanan ke desa Nagari Pariangan ini.

Jika biasanya di sumatera barat terkenal bangunan dengan atap yang bertanduk, di Desa Nagari Pariangan ini terdapat satu bangunan yang tidak memiliki atap bertanduk, yaitu Masjid Ishlah. Masjid yang pasti dikunjungi oleh wisatawan ini merupakan masjid tua yang didirikan sejak awal abad ke 19 oleh Syekh Burhanuddin, seorang ulama terkemuka di Minang pada waktu itu.

Keunikan lain dari masjid ini adalah, terdapat tempat wudhu air panas yang dimana air panas ini berasal dari Gunung Marapi. Selain berfungsi sebagai air untuk ensucikan badan untuk kemudian bersembahyang, air hangat asli gunung aktif diyakini memiliki bergaam khasiat untuk kesehatan. Jadi, kapan Anda akan menyaksikan keindahan desa mereka? (aryadji/afrz/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*