Mudahnya Punya Toko Online di Usahadesa.com

Mudahnya Punya Toko Online di Usahadesa.com

BERDESA.COM – Kedatangan E Commerce www.usahadesa.com mendapatkan sambutan hangat pegiat UMKM dan masyarakat pedesaan di berbagai penjuru tanah air. Komunitas UMKM yang telah dibangun E Commerce ini melalui berbagai sosial media mulai meresmikan komunitas Usahadesa di wilayah sesuai domisili mereka masning-masing. Program pelatihan online maupun offline yang dihelat Usahadesa.com juga terus dibanjiri peminat.

Pekan ini salahsatu pelatihan online digelar Usahadesa dengan komunitas UMKM dari Bukittinggi. Para peserta pelatihan berkumpul di rumah makan milik salahsatu anggota komunitas Usahadesa di sana. Inilah jaman internet, mereka hanya tinggal melihat ke arah layar laptop di salahsatu meja di sana dan diskusi-pun berlangsung.

Beragam pertanyaan di ajukan para pegiat UMKM ini mulai bagaimana melakukan regristrasi hingga jaminan keamanan bertransaksi di Usahadesa.com. “ Ada banyak sekali produk di daerah kami dan kami sangat tertarik dengan Usahadesa karena mengutamakan produk lokal dan desa,” ujar salahsatu peserta.

Selain masalah mekanisme berjualan, para peserta juga mengungkapkan antusiasme mereka dengan membentuk komunitas UMKM di kota mereka. Riska, salahsatu peserta pelatihan menjelaskan, saat ini mereka sedang membentuk komunitas Usahadesa untuk wilayah Sumatera Barat yang terdiri dari berbagai kabupaten dan kota di sekitarnya. “ Kami terus memperluas jaringan keanggotaan komunitas ini,” katanya.

Seorang peserta yang lain mengungkapkan, daerah mereka memiliki banyak produk menarik yang selama ini dicari banyak orang. Salahsatunya Kopi Gayo. Kopi Sumatera memang tidak diragukan citarasanya, salahsatunya kopi Gayo ini. Mereka siap memasarkan produk kopi dan produk lainnya seperti rotan di Usahadesa.com.

Mohammad Najib, Managing Director PT Usaha Desa Sejahtera menjelaskan, selain membangun gerbang pemasaran untuk UMKM dan produk desa ke pasar luas, Usahadesa juga membantu kalangan UMKM untuk bisa segera memanfaatkan jaringan pemasaran online melalui Usahadesa.com dalam bentuk pelatihan. untuk hingga saat ini masih kecil jumlah UMKM yang memanfaatkan pasar internet untuk memasarkan produknya. Soalnya hingga saat ini masih kecil prosentase UMKM yang emmanfaatkan jaringan ini“ Ada 57 juta UMKM di Indonesia, tapi baru sekitar sembilan persen yang memanfaatkan internet secara serius. Makanya kami giat mendorong UMKM memasuki pasar online, “ katanya.

Materi pelatihan adalah berbagai hal untuk memudahkan setiap orang bisa berjualan di Usahadesa. “ Mulai dari cara mendaftar, packaging, branding, shipping sampai cara memotret produk menggunakan Smartphone. Kami memberikan masukan pada teman-teman UMKM bahwa jualan online itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah, murah dan simpel,” kata Najib.

Pelatihan digelar secara online maupun offline. Untuk Offline alias tatap muka, dibuka kelas pelatihan gratis tiap Selasa dan Kamis pukul 14.00 – 16.00 WIB di Kantor Usahadesa.com. Untuk para peserta dari luar kota, bakal disediakan video tutorial sehingga peserta tinggal mencermati materinya melalui video yang bisa dilihat di www.desabelajar.com. “ Tidak ada alasan untuk menganggap jualan online itu sulit. Makanya kami menyediakan beberapa pilihan offline, ofline atau tutorial agar pada semua orang mengikuti pelatihan ini,” katanya.(dji-1)

Foto: Berdesa.dok

Info : Buat Toko Online Sekarang, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*