Mitra Swadesa, Toko Online-Offline Produk desa

Mitra Swadesa

BERDESA.COM – Besarnya angka pengguna internet di Indonesia dan terus meningkatnya nilai transaksi digital melalui toko online di Indonesia terus memacu dunia usaha untuk menyesuaikan diri di ranah ini. Tahun 2016, nilai transaksi Indonesia melalui online menembus angka US $ 4,89 miliar atau Rp. 68 Trilyun. Tahun 2015 lalu nilai transaksi US$ 3,56 niliar. Nilai ini dipastikan bakal terus meroket memasuki tahun-tahun mendatang.

Kementerian Komunikasi dan Informasi mengungkap, tahun 2016 ini konsumen toko online di Indonesia mencapai 8,7 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 7,4 juta orang. Angka ini menunjukkan perkembangan bisnis online dipastikan akan terus membesar dan tak bisa dibendung lagi.

Empuknya bisnis melalui toko online ini membuat para ‘pemain’ di ranah bisnis online terus melahirkan berbagai layanan yang semakin memudahkan setiap orang melakukan transaksi online baik sebagai penjual maupun konsumen pengguna jasa atau pembeli produk. Salahsatunya program Mitra Swadesa yang dikembangkan Usahadesa.com, salahsatu E-Commerce khusus produk lokal Indonesia.

Mitra Swadesa adalah layanan yang dikembangkan Usahadesa.com untuk memudahkan UKM-UKM di pedesaan serta para produsen yang memiliki produk desa bisa menjual produknya melalui online dengan mudah. Mitra Swadesa berbentuk toko yang membuka layanan untuk menjadi tempat pajang produk yang bisa dijual secara offline sekaligus online.

Keberadaan Mitra Swadesa bakal sangat membantu warga pedesaan yang masih gagap menggunakan fasilitas internet atau bagi para pelaku UKM yang memang tidak memiliki cukup waktu untuk berjualan online karena kesibukan produksi. Para petugas di toko ini akan melakukan kurasi dan melinsting produknya di Usahadesa.com. Toko ini pula yang nantinya akan melakukan transaksi jika terjadi pembelian produk tersebut.

Keuntungan menjadi Mitra Swadesa adalah toko itu bakal beroperasi dalam dua jalur sekaligus yakni offline sekaligus online sehingga sama saja memiliki dua toko sekaligus dalam satu tempat. Mitra Swadesa juga memiliki akses online realtime dengan Usahadesa.com untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai beragam produk yang sedang dicari konsumen.

Bagi pembeli, bertransaksi melalui Mitra Swadesa bakal lebih aman karena Usahadesa.com melengkapi dirinya dengan rekening bersama yang menjamin pembeli tidak akan kehilangan uang sebelum produk di sampai ke tangannya. Sementara bagi penjual, dipastikan mendapatkan uang sesuai deal yang tertera.

Uniknya, Mitra Swadesa juga bisa mendapatkan informasi rupa-rupa produk desa yang dijual di Mitra Swadesa yang lain dan bisa menjualkannya melalui tokonya. Program ini dirancang Usahadesa.com agar Mitra Swadesa bisa dimanfaatkan oleh warga di desa tempatnay berdiri mendapatkan ebrbagai kebutuhan produk memenuhi kebutuhan produksi UKM atau usahanya. Soalnya, tidak semua bahan yang dibutuhkan para pelaku UKM tersedia di desanya. Belanja melalui Mitra Swadesa akan memberikan keuntungan para pelaku UKM karena mendapatkan harga yang lebih murah dan kualifikasi produk sesuai dengan permintaannya. Jadi kini, warga desa tidak perlu pusing hanya karena merasa gagap internet karena Mitra Swadesa bakal membantu mereka berjualan online.(aryadji/berdesa)

Baca juga : Pengguna Internet Membludak, Saatnya Produk Desa Mengudara
BUMDesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*