Menyusuri Keindahan Puri Mataram di Desa Tridadi

0
798
Menyusuri Keindahan Puri Mataram di Desa Tridadi

Apabila anda berencana berwisata ke daerah Yogya, jangan lupa masukan Puri Mataram ke dalam daftar destinasi yang akan anda kunjungi. Puri Mataram merupakan salah satu destinasi yang masih terbilang baru, terletak di Desa Tridadi, Sleman. Puri Mataram merupakan tempat wisata yang cocok bagi keluarga karena disana ada banyak sekali wahana alam dengan nuansa khas budaya mataram. Berdiri diatas lahan seluas 4,5 hektare, tempat wisata ini merupakan buah hasil kesuksesan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Puri Mataram ini mulai dibuka pada libur Lebaran tahun 2018 dan hingga saat ini selalu menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dari seluruh kawasan. Pengelolaan Puri Mataram sendiri semuanya dikelola oleh warga Desa Tridadi dimana hasilnya sendiri akan dinikmati oleh warga Desa Tridadi, Puri Mataram sendiri diklaim oleh pengurus Puri Mataram sudah beromzet hingga 100 juta perbulan dan sudah memperkerjakan 60 orang pegawai yang semuanya berasal dari Desa Tridadi dan mayoritas adalah ibu-ibu.

Untuk mencapai Puri Mataram ini tidaklah terlalu sulit, karena berada tidak jauh dari Komplek Pemerintahan Kabupaten Sleman. Begitu anda sampai di tempat wisata ini, anda akan disuguhkan suasana Jawa yang sangat kental.

Baca Juga  Kementerian Wisata Fokus Genjot Pengembangan Desa Wisata

Untuk masuk ke tempat wisata ini anda tidak akan dipungut biaya masuk, hanya bagi anda yang membawa kendaraan, baik itu roda dua atau roda empat diharuskan membayar parkir dengan kisaran harga 3000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5000 rupian untuk kendaraan roda empat.

Ada banyak wahana yang bisa anda dan keluarga nikmati di Puri Mataram ini dengan tarif wahana yang variatif. Misalnya di area Embung Mesem, anda bisa menikmati wahana bebek air yang ditarif Rp 10.000 per orang, tak jauh dari wahana bebek air, anda juga dapat mengunjungi wahaha taman kelinci, di tempat ini anda dapat dengan bebas bercengkrama dan memberi makan kelinci dengan hanya membayar sebesar Rp 10.000 saja.

Untuk anda yang suka berfoto ria, spot Taman Bunga juga tersedia di Puri Mataram, untuk masuk ke area taman bunga ini anda dikenakan tiket Rp 10.000. Sebelum masuk ke taman bunga ini, anda harus menyebrangi jembatan bambu yang juga bisa menjadi salah satu spot foto karena dikelilingi oleh pemandangan sawah nan hijau, setelah menyebrangi jembatan, anda akan disuguhkan dengan suasana taman bunga yang indah dan asri, lengkap dengan miniatur Tugu Jogja yang menjadi pusat di taman bunga tersebut, apabila anda ingin bersantai di area ini, disediakan juga fasilitas gazebo dan ayunan.

Baca Juga  Sepuluh Jurus Membangun Minimarket Desa

Apabila anda mulai lapar dan haus setelah mengelilingi Puri Mataram, maka sebaiknya anda mengunjungi restoran yang masih berada di kawasan Puri Mataram. Di restoran yang memiliki bangunan khas jawa ini anda dapat menikmati berbagai macam kuliner ala Jawa.

Ada berbagai macam menu yang dapat anda nikmati, mulai dari sayur brongkos, pepes, buntil, oseng-oseng hingga sayur lodeh, yang kesemuanya disajikan secara prasmanan sehingga anda bebas memilih menu kesukaan anda.

Apabila anda datang pada hari minggu, anda juga dapat mengunjungi Pasar Ndelik, di pasar ini anda dapat membeli berbagai macam jajanan yang dijamin akan memanjakan lidah anda, ada pecel, jenang, gorengan dan jajanan pasar lainnya, apalagi harga jajanan di pasar ini tergolong murah. Uniknya, untuk bertransaksi di pasar ini anda harus menggunakan koin kayu atau uang pandel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here