Menyusuri Keindahan Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta

0
315

Bagi anda yang bosan dengan wisata di kota yang itu-itu saja dan ingin merasakan sensasi wisata yang penuh dengan nuansa alam lengkap dengan kesejukan udaranya, maka Desa Wisata Nglinggo bisa masuk dalam daftar referensi tujuan wisata anda. Desa Wisata Nglinggo merupakan desa yang berada didataran tinggi dan dijadikan tempat wisata khas dataran tinggi, desa ini berada di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Kulon Progo.

Untuk mencapai Desa Wisata Nglinggo ini anda dapat menempuhnya dengan kendaraan sekitar 70 hingga 90 menit dari kota Yogyakarta, cukup jauh memang, namun perjalanan jauh anda akan terbayarkan dengan pesona dan keindahana alam khas Desa Wisata Nglinggo.

Di Desa ini anda dapat menyaksikan beberapa atraksi wisata lengkap dengan keindahanan alam khas dataran tinggi, beberapa diantaranya yaitu perkebunan teh yang membentang di Desa Nglinggo ini, anda dapat berjalan menyusuri keindahan perkebunan teh yang berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, dari perkebunan teh ini anda dapat menikmati pemandangan yang indah, ada hutan pinus, lembah hijau, perbukitan batu hingga perkampungan yang berada di Kabupaten Purworejo dan Magelang.

Baca Juga  Pariwisata Kerakyatan di Geopark Ciletuh

Selain itu, Desa Nglinggo ini juga memiliki wisata alam air terjun yang berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, air terjun itu bernama Curug Watu Jonggol. Untuk mencapai air terjun ini anda perlu melalui medan trekking yang cukup menantang sehingga disarankan anda perlu menyiapkan stamina yang fit. Perjalanan yang cukup berat menuju Curug Watu Jonggol ini akan terbayarkan dengan keindangan air terjunnya yang masih alami lengkap dengan flora dan faunanya.

Desa Wisata Nglinggo juga memiliki wisata budaya yang tak kalah menarik, para pengunjungnya yang datang dapat belajar menari Lengger atau Jathilan, anda juga dapat belajar membuat topeng atau batik.

Selain itu pula ada wisata edukasi pertanian dan peternakan disini, anda dapat menjajal cara bertani atau beternak kambing di desa ini. Karena statusnya sebagai desa wisata, Desa Wisata Nglinggo ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasaran penunjang, sehingga cocok bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam di desa ini dengan waktu yang cukup lama.

Baca Juga  Hebatnya Program ‘Desa Wisata Pintar’ Kabupaten Malang

Di desa ini sudah disediakan penginapan baik berupa homestay ataupun bumi perkemahan lengkap dengan area parkir yang memadai, apabila anda berencana menginap, jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan malam hari di desa ini.

Di desa ini juga tidak usah takut kehabisan makanan, karena selain fasilitas penginanapan, juga disediakan pusata jajanan yang menjajakan berbagai jenis makanan. Selain wisata di Desa Nglinggo, bagi anda yang menginap disarankan juga mengunjungi area wisata Puncak Suryoloyo yang juga masih dalam satu kawasan.

Beberapa tips bagi anda yang ingin berkunjuang ke desa, sebaiknya hubungi pengelola Desa Wisata Nglinggo agar mendapatkan petunjuk jalan yang benar menuju desa wisata tersebut, jangan terlalu mengandalkan GPS karena beberapa kasus pengunjung yang hendak menuju ke desa ini tersasar karena terlalu mengandalkan GPS.

Selain itu bagi anda yang membawa kendaraan, pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang prima karena medan menuju ke Desa Wisata Nglinggo ini cukup berat dan membutuhkan kendaraan yang prima agar bisa melaluinya.

Baca Juga  Air Bersih Untuk Desa-desa Di Pantura

Dikarenakan wilayahnyaa yang berada di dataran tinggi, disarankan anda tidak melakukan perjalanan pada malam hari karena kaut tebal akan menyelimuti kawasan tersebut pada malam hari sehingga akan menggangu jarak pandang dan membahayakan perjalanan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here