Mental dan Karakter Yang Perlu Dimiliki Seseorang Yang Ingin Mulai Berwirausaha

0
289
Mental dan Karakter Yang Perlu Dimiliki Seseorang Yang Ingin Mulai Berwirausaha

Berwirausaha bagi sebagian orang adalah sesuatu yang dihindari karena berbagai macam resiko yang membuntutinya seperti rugi, tidak laku, dan lain-lain, namun bagi sebagian orang lainnya, berwirausaha merupakan sebuah tantangan dan impian, karena bisa bebas mengoptimalkan potensi diri dan bebas mengatur aktifitas dan pengeluaran.

Namun pada prakteknya, berwirausaha sendiri memang tidak mudah, ada banyak tantangan dan hambatan yang menanti, namun apabila mampu melewati tantangan dan hambatan tersebut maka sudah pasti mendapat label seorang wirausaha sukses. Pada prakteknya ada banyak seorang yang berwirausaha yang akhirnya harus mundur dan  berhenti berwirausaha dikarenakan berbagai macam faktor, seperti pengelolaan yang buruk, kesalahan investasi ataupun mental dan karakter wirausaha itu sendiri.

Kali ini akan dibahas mental dan karakter yang perlu diperhatikan bagi seseorang yang ingin memulai beriwirausaha agar mampu melewati tantangan dan hambatan dalam berwirausaha. Yang pertama yang perlu ditanamkan dalam berwirausaha adalah kedisiplinan yang tinggi, hal ini menjadi salah satu modal penting dalam berwirausaha, kedisplinan tidak hanya milik seorang pegawai saja tetapi juga perlu dimiliki seseorang yang ingin berwirausaha.

Baca Juga  Kenapa Membangun Desa Tangguh Bencana Itu Penting?

Dengan kedisplinan yang tinggi maka seorang yang berwirausaha tidak akan menunda-nunda hal-hal yang perlu dilakukan, tidak akan terlambat untuk bertemu kliena ataupun investor dan mampu mengelola bisnisnya sesuai dengan ekpektasi. Hal yang kedua adalah kecerdasan emosional, seorang yang mau memulai berwirausaha perlu tidak hanya cukup memiliki kecerdasan intelektual saja, karena orang yang hanya mengandalkan kecerdasan intelektual semata dalam berwirausaha cenderung lebih akan gagal ketimbang orang yang juga memiliki kecerdasan emosional dalam menangani berbagai macam problematika saat berwirausaha.

Yang ketiga adalah berani mengambil resiko, pada kondisi-kondisi tertentu bahkan saat memulai sebuah bisnis, seseorang yang akan berwirausaha akan dihadapkan kepada keputusan penting dan genting sehingga selain dibutuhakan kecerdasan intelektual untuk menganalisa resiko-resiko yang akan diambil, seorang pengusaha juga perlu berani mengambil resiko, lebih baik mengambil resiko daripada tidak mengambil keputusan sama sekali, itu yang dibutuhkan oleh orang yang berwirausaha agar dapat maju dan memahami tantangan dan resiko yang ada.

Hal lainnya yang perlu dimiliki oleh orang yang akan berwirausaha adalah kreatif dan inovatif, karakter ini perlu dimiliki orang seorang pengusaha mengingat saat ini dunia usaha sudah memasuki industri 4.0 dimana pengunaan teknologi sudah semakin gencar dan para pelaku bisnis berlomba-lomba membuat sebuah inovasi pada bisnisnya. Karakter ini perlu dimiliki agar tidak ketinggalan dengan perubahan yang ada sehingga apa yang dihasilkan adalah sesuatu yang baru dan dibutuhkan bukan barang atau jasa yang usang dan akhirnya ditinggalkan dan dilupakan orang-orang.

Baca Juga  Pelatihan Wirausaha Yogyakarta Yang Harus Anda Ikuti

Mental pantang menyerah juga perlu dimiliki oleh orang yang ingin berwirausaha, karena bayangan kegagalan dan resiko lainnya akan selalu menghadang para pelaku bisnis, banyak yang akhirnya menyerah saat menghadapai situasi tersebut, dengan memiliki mental pantang menyerah maka seorang pengusaha dapat melewati jurang kegagalan dan bangkit kembali saat mengalaminya.

Hal yang terakhir yang menjadi modal penting dalam berwirausaha adalah kejujuran, mental ini penting dan wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin berwirausaha, ada banyak wirausaha yang memang akhirnya berguguran karena tidak memiliki pondasi kejujuran pada bisnisnya. Kejujuran dapat membangun rasa kepercayaan klien, pelanggan dan investor sehingga membuka pintu perkembangan bisnis pada akhirnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here