Menjual Suasana Desa, Desa Wisata Brayut Membahana

0
716

BERDESA.COM – Menjadi desa wisata tidak berarti harus memiliki pesona wisata yang langka. Pemandangan sawah menghijau, warga desa yang ramah, homestay yang cantik bersih dan aneka paket wisata seperti menanam padi belajar gamelan dan permainan tradisional asli Desa adalah deretan daya tarik yang juga bisa menyedot wisatawan untuk datang.

Seperti yang disajikan Desa Wisata Brayut di Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Yogyakarta, ini. Desa yang tak sejatinya tak terlalu jauh dari Kota Sleman dan Yogyakarta ini sukses menyedot pengunjung justru karena menyuguhkan suasana desa lengka dengan berbagai atraksinya. Pesona asli desa itulah yang membuat PT Usaha Desa Sejahtera memilih Desa Wisata Brayut sebagai tempat pelatihan BUMDes-nya.

Berbeda dengan berbagai desa wisata yang mengandalkan pesona alam unik seperti air terjun, situs alam purba atau mata air raksasa dan kolam pemandian alam, Brayut adalah desa yang tidak memiliki anugerah alam yang langka itu tetapi mampu tampil sebagai salahsatu Desa wisata papan atas dengan jumlah kunjungan tinggi di Jogja. Apa saja keunggulan yang membuat Brayut bisa setenar ini?

Baca Juga  Restrukturisasi Pelayanan Pada Desa Wisata

Pertama, jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Sleman juga Kota Yogyakarta sehingga memudahkan para wisatawan yang sebagian besar datang dari luar Jogja menjadi mudah menemukan tempat ini, termasuk para wisatawan manca negara. Ya, salahsatu kelompok wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Brayut adalah pelancong dari negara lain yang ingin menikmati suasana khas desa Yogyakarta.

Kedua, Brayut memiliki beberapa Homestay yang sangat nyaman diinapi. Hebatnya sebagian besar homestay bukan termasuk bangunan modern nan megah dan mewah. Sesuai dengan suguhan wisatanya yang menjual suasana original desa, homestay di desa ini berupa rumah-rumah warga dengan arsitektur khas desa yang unik. Sebagian bangunan bahkan masih mempertahankan dinding-dinding kayu berusia puluhan tahun sehingga memancarkan kesan ariginal sekaligus artistik.

Ketiga, ada banyak pilihan atraksi yang bisa dinikmati para pengunjung wisata Brayut mulai dari atraksi menanam padi, memanen padi, praktik membatik, praktik membuat jamur tiram, praktk membajak sawah dengan sapi. Belum mlagi atraksi seni seperti belajar main gamelan dan berbagai pertunjukkan seni asli warga setempat. Beragam atraksi ini dijual satu paket dengan penginapan dan seluruh akomodasinya seperti makan, minum, cinderamata dan sebagainya. Paket yang sudah terpadu ini membuat banyak wisatawan menjadi tertarik dengan paket wisata yang ditawarkan.

Baca Juga  Menantang Adrenalin di Wisata Penangkaran Buaya Teritip

Terakhir dan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan Brayut adalah karena Desa ini dihuni oleh warga yang sangat ramah dan angat menyadari pentingnya memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke desanya. Mereka selalu tersenyum dan memberikan pelayanan yang sangat baik bagi setiap wisatawan yang datang.

Berbagi keunggulan itulah yang membuat Usaha Desa Sejahtera menjadikan Brayut sebagai tempat pelatihan BUMDes Academy angkatan 19 dan 20 karena peserta bukan hanya akan mendapatkan kenyamanan dari layanan homestay yang ada melainkan juga bakal bisa langsung berdiskusi dengan warga setempat pelaku usaha wisata. Bagiamana dengan desa Anda? (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here