Menjadi Entrepreneur Sukses Harus Memiliki Mental Seperti Ini

Menjadi Entrepreneur Sukses Harus Memiliki Mental Seperti Ini

BERDESA.COM – Jangan mengira menjadi entrepreneur sukses itu mudah, karena hidup matinya usaha ada di tangan Anda sendiri. Tapi sebaliknya, jika Anda memiliki semangat juang tinggi, menjadi entrepreneur sukses bukanlah mimpi. Faktanya banyak entrepreneur muda yang sukses membangun kerajaan usahanya saat ini.

Salahsatu resiko menjadi entrepreneur adalah harus selalu siap merasa tidak nyaman. Soalnya, ide-ide cemerlang para entrepreneur justru lahir dari perasaan tidak nyaman dengan dunia kerjanya yang lama yang hanya monoton dan hampir tanpa tantangan. Masih ingin menjadi entrepreneur, berikut ini mentalitasl yang harus Anda miliki:

  1. Berani tanggungjawab dengan segala situasi dan keputusan

Seorang entrepreneur adalah seorang yang bisa menciptakan sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada karena dibutuhkan. Seperti yang dilakukan Mark Zackerberg dengan menciptakan Facebook. Facebook dengan serta-merta membuat setiap orang di dunia ini saling berhubungan dengan penuh kehangatan. Jangan salah, dibalik kesuksesan itu Mark juga dituntut untuk terus berinovasi karena Facebook adalah juga tempat hidup puluhan ribu tenaga kerja yang menggantungkan hidupnya dari perusahaan ini.

  1. Visi jangka pendek dan panjang bersamaan

Dua visi ini harus Anda jalankan bersamaan dalam pikiran Anda. Jika dunia para pekerja biasanya hanya berfokus pada jangka pendek saja maka menjadi entrepreneur berarti harus pula memikirkan jangka panjang.

  1. Harus terbiasa dengan zona tidak nyaman sebagai zona nyaman

Menjadi entrepreneurshp berarti harus berpikir ‘out of the box’ alias berpikir secara tidak biasa. Pola pikir out of the box adalah pola yang bisa mendorong orang menciptakan ide brilian pada bisnis yang dibangunnya. Seorang entrepreneur selalu berusaha menciptakan ide yang luar biasa maka harus pula dilakukan dengan cara luar biasa.

  1. Selalu belajar dan belajar

Menjadi entrepreneurship berarti harus terus mengasupi diri dengan berbagai pengetahuan yang mendukung kita melahirkan ide-ide inovatif di masa depan. Seorang entrepreneurship berarti seorang yang harus selalu bersemangat mempelajari setiap perkembangan dunia terutama perkembangan informasi pada bidang usaha yang dia jalankan.

  1. Mencintai usaha yang dibangunnya

Menjadi entrepreneur berarti harus siap melakukan segala hal dari bidang yang kita pilih. Tidak ada alasan suka atau tidak suka karena Anda telah berada pada proses yang telah Anda pilih sendiri. Anda harus bisa berpikir obyektif dan berorientasi positif demi kemajuan usaha yang Anda jalankan.

  1. Melanggar aturan itu sah-sah saja

Hal luar biasa tidak akan bisa dicapai dengan cara yang biasa. Menjadi entrepreneur berarti harus berani keluar dari pakem, kadang harus eksentrik dan melakukan sesuatu yang berbeda dengan cara orang lain melakukannya. Anda harus keluar dari aturan konvensional untuk mendapatkan ide-ide baru yang mendukung usaha Anda. Hanya dengan cara ini Anda akan melahirkan inovasi.

  1. Mendedikasikan sebagian besar waktu

Seorang entrepreneur berarti harus siap tidak pulang pada jam 5 sore, harus siap lembur dan menangani berbagai urusan melebihi jam kerja yang biasa Anda lakukan saat menjadi karyawan biasa. Anda harus siap menghadapi situasi ini.

  1. Ini yang paling penting: Mulai dari sekarang!

Ada banyak orang memiliki ide hebat, modal dan daya dukung. Hanya saja sebagian dari mereka terus-menerus menganggap belum menemukan waktu yang tepat untuk memulai. Itu berarti Anda belum siap menjadi entrepreneur dan belum siap keluar dari zona nyaman.

Begitulah berbagai tantangan menjadi seorang entrepreneur. Yang pasti, sukses dan tidaknya langkah Anda bakal sangat tergantung dari keberanian Anda memacu diri melakukan beberapa langkah tadi.(aryadji/berdesa)

Foto: www.wellesleyfreelibrary.org

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*