Prinsip Dasar Yang Wajib Dipegang Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Pedesaan

0
610
Prinsip Dasar Yang Wajib Dipegang Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Pedesaan

Majunya perekonomian di pedesaan menjadi tanda bahwa Negara mengalami perkembangan yang baik. Pasalnya, tanda kemajuan negara bisa ditengok dari maju tidaknya bagian negera terkecil, yaitu di susunan pemerintahan di pedesaan.

Seperti diketahui bahwa masyarakat di pedesaan jauh dari kesan maju. Segala aktifitasnya masih sederhana. Kebanyakan belum banyak tersentuh kemajuan teknologi.

Kalaupun ada, teknologi ini hanya sekedar membantunya dalam beberapa hal. Tapi, belum banyak memberikan impact pada perekonomian warganya secara menyeluruh.

Pemerintah sejatinya berharap agar masyarakat pedesaan bisa lebih kreatif. Pasalnya, dari kekreatifan warga pedesaan inilah roda perekonomian negara akan stabil. Contohnya adalah banyaknya warga yang sudah memiliki penghasilan yang layak meskipun tinggal di pedesaan.

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, ada beberapa kunci yang bisa diterapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

Pembangunan Infrastruktur Yang Sesuai

Pembangunan infrastruktur menjadi kunci utama untuk memudahkan cita-cita negara. Infrastruktur yang baik akan memberikan jalan bagi warganya untuk memuluskan usahanya. Dan ini bisa apa saja seperti akses jalan yang baik.

Baca Juga  Contoh Berpikir Kreatif Dan Inovatif Untuk Mengembangkan Desa

Selain akses jalan, pemerintah desa juga perlu merencanakan pembangunan hal-hal yang dibutuhkan warganya. Misalnya koperasi simpan pinjam yang lebih meringankan. Koperasi seperti ini bisa dimanfaatkan warganya untuk mendapatkan modal usaha.

Modal usaha inilah yang secara tidak langsung bakal membantu warganya dalam meningkatkan penghasilan. Selain itu, ada campur tangan pemerintah desa dalam pengelolaannya sampai penyuluhan agar warganya bisa lebih kreatif dan mudah dalam memasarkan produknya.

Intinya, ada transparansi terkait perencanaan pembangunan, program pemerintah desa, pendanaan dan pembangunan sistem. Dengan demikian, warga akan termudahkan dalam urusannya seputar ekonomi.

Memajukan Potensi Desa

Potensi desa itu banyak sekali. Kejelian dari pihak yang berwenang sangatlah diperlukan. Kemudian, pemerintah desa sebaiknya memfasilitasi warganya guna menggali potensi desa yang selama ini telah tersedia.

Potensi di pedesaan ini bisa berupa kerajinan, tempat wisata, sampai hasil pertanian. Tata kelola dari pemerintah desa nantinya akan sangat membantu. Terutama untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.

Tentu cara memaksimalkannya adalah dengan memberikan fasilitas. Fasilitas ini bisa berupa tambahan teknologi, pelatihan dan lain sebagainya. Tidak lupa juga untuk mengkampayekan kesadaran bagi seluruh warganya akan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut.

Baca Juga  Potensi Desa Yang Bisa Dikembangkan di Era Modern

Dengan sadarnya warga akan potensi desa, warga akan termotivasi untuk menjaganya. Bahkan lebih produktif. Produktifnya warga secara tidak langsung akan meminimalkan pengangguran di desa tersebut.

Proses Yang Berkelanjutan

Ketika pemerintah desa telah mengantongi potensi desa dan sumber daya manusianya, tentu saja pemerintah akan dengan mudah membuat program. Program ini bisa dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Bagi masyarakat kecil, merekalah yang akan menjadi penggerak dalam meningkatkan potensi desa semisal dalam hal pertanian. Sementara pemerintahnya bisa menjadi tempat khusus untuk mengelola, menata dan mendistribusikannya. Contohnya adalah membantu dalam mendatangkan pelanggan dari luar desa.

Selain itu, program ini juga harus diterapkan secara berkelanjutan. Program yang sudah terencana perlu terus ditingkatkan. Entah itu melalui pemerataan ke seluruh masyarakat, ataupun peningkatan hasilnya.

Sebagai upaya untuk menjaga eksistensinya, pemerintah sebaiknya terus mengawasi dan mengevaluasi. Jika terdapat permasalahan, pemerintah bisa turut campur di dalamnya. Misalnya dengan mendatangkan penyuluh yang mana bisa memberikan pelatihan khusus bagi masyarakat tersebut.

Baca Juga  BUMDesa Sebagai Penyangga Ekonomi Desa

Kesimpulannya, meningkatkan ekonomi desa bisa dimulai dari pembangunan infrastruktur yang baik, memanfaatkan potensi desa dan melibatkan seluruh warganya agar mau berpartisipasi. Setelah itu, ada kontinuitas dari program yang dijalankan sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kemandirian warganya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here