Meningkatkan Pendidikan Untuk Memajukan Perekonomian Di Pedesaan

1
1640
Pendidikan Desa
Foto: Aquila-style.com

Oleh: Jenny Sie

Perekonomian suatu desa sangat menentukan sekali kemajuan daerah itu. Memiliki sumber daya alam yang melimpah dan pembangunan yang maju menjadi sebuah impian yang ingin dicapai. Jika dilihat, biasanya desa-desa yang kurang mengalami kemajuan baik dari sumber daya alam yang ada maupun dari segi ekonomi penduduknya. Salah satu yang harus dibenahi adalah pendidikan. Pendidikan yang kurang maju bahkan kurang diperhatikan akan berdampak buruk bagi anak-anak kedepannya.

Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting yang sangat menentukan kemajuan perekonomian tersebut. Jika dilihat sekarang ini, perkembangannya lebih signifikan dibandingkan pada waktu dulu. Materi-materi yang biasanya diberikan tidak jauh beda dengan di kota-kota besar dan itu semua berkat usaha dan kerja keras pemerintah. Pemerintah juga sudah memberikan bantuan dana untuk pendidikan sehingga sangat membantu sekali bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga harus dipergunakan sebaik-baiknya.

Potensi yang dimiliki oleh anak-anak tidak kalah dengan yang ada di kota-kota besar bahkan ada yang berprestasi sampai tahap internasional dengan menjuarai dalam bidang sains bahkan bahasa asing. Semangat belajar yang sangat tinggi itulah yang sangat membedakan sekali karena mereka ingin belajar supaya dapat merubah nasib. Semangat belajar yang tinggi harus terus dipupuk oleh semua anak-anak di Indonesia karena nantinya akan bermanfaat sekali.

Baca Juga  Mitra Swadesa, Toko Online-Offline Produk desa

Banyak sekarang ini orang tua lebih memilih mengirimkan anaknya berangkat ke luar kota  seperti ke Jakarta dan nanti jika sudah suskes akan kembali lagi ke tempat asalnya. Kebanyakan yang telah terjadi kalau sudah sukses akan lebih memilih untuk tinggal dan berkerja di kota besar, jadi semua itu dikembalikan lagi dari kemauan seseorang tersebut. Tidak boleh melupakan tempat di mana berasal itu sangat penting karena di sanalah terdapat kenangan masih kecil yang tidak dapat dilupakan.

Rata-rata mata pencaharian sebuah desa adalah petani. Mereka mencari uang dengan memanfaat sumber daya alam yang dimiliki. Itu semua disebabkan karena lowongan perkerjaan yang masih terbilang sedikit dan apalagi masyarakatnya kurang mendapatkan ketrampilan yang memadai. Dengan pendidikan yang semakin maju akan membantu untuk menciptakan lowongan perkerjaan yang baru bagi masyarakat pedesaan sehingga bisa meningkatkan ekonomi di pedesaan.

Sebenarnya fasilitas yang ada di sekolah masih kurang memadai seperti laboratorium, komputer, buku-buku pelajaran yang kurang lengkap, ac, bahkan ruangan yang kurang nyaman. Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi asalkan perekonomian di pedesaan sudah membaik sehingga bisa melengkapi fasilitas yang mendukung dalam proses belajar-mengajar. Butuh sekali kerjasama antara masyarakat untuk mendukung kemajuan perekonomian di pedesaan.

Baca Juga  Pingin Jadi Orang Sukses Maka Jangan Sampai Terjebak 5 Mitos Ini

Tanggung jawab guru-guru yang ada di sana sangat besar sekali mulai dari mengajar menggunakan peralatan yang seadanya,  menggunakan ruangan yang kurang nyaman, serta pendapatan perbulan yang lebih kecil. Tanggung jawab seorang murid adalah belajar dan menjadi murid yang berprestasi sehingga dapat mengikuti olimpiade-olimpiade dan bersaing dengan murid berprestasi lainnya.

Pendidikan jangan hal yang dianggap sepele meskipun nantinya tergantung dari masing-masing orang tersebut. Kebanyakan orang memandangnya sebagai hal yang kurang penting karena nantinya setelah lulus akan berkerja dengan orang lain. Tapi sebenarnya jika memiliki nilai yang bagus apalagi merupakan murid berprestasi maka akan lebih mudah mencari perkerjaan dan bisa membuka lapangan usaha yang baru sehingga masyarakat hidupnya lebih sejahtera. Meningkatkan pendidikan di sebuah pedesaan bisa memberikan dampak positif untuk memajukan perekonomian.

Pendidikan nonformal juga harus mulai diterapkan. Hal tersebut lebih mengarah pada jam belajar di luar sekolah. Hal tersebut kurang sekali dibuat di berbagai pedesaan dan kebanyakan hanya di kota-kota besar. Dengan adanya kegiatan tersebut bisa mengasah ketrampilan anak-anak yang berguna untuk masa depannya. Anak-anak perlu sekali dibekali ketrampilan karena nantinya untuk berkerja tidak hanya ijazah saja yang digunakan tetapi dibutuhkan ketrampilan juga.

Baca Juga  Membangun Wilayah Desa Yang Lebih Baik Dengan Informasi Spasial Desa

Salah satu pendidikan nonformal yang bisa diterapkan seperti membuka kelas kesenian tradisional. Kelas kesenian tradisional seperti belajar alat musik tradisional dan tarian tradisonal dari daerah tersebut. Untuk membuka sebuah kursus itu pun tidak sulit, asalkan ada warga yang sudah mahir dalam bidang tersebut sehingga dia bisa membagikan ilmunya atau jika tidak ada bisa mendatangkan guru dari luar kota. Hal-hal seperti belajar bahasa asing, kursus musik, dan menari sudah banyak tetapi yang berbau tradisional jarang sekali ditemukan. Dengan membuka kelas tersebut dapat meningkatkan kecintaan anak-anak pada budaya bangsa indonesia dan juga bisa menarik minat pengunjung dari kota lain dan secara otomatis bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di pedesaan tersebut.

Daripada anak-anak menggunakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat alangkah lebih baiknya digunakan untuk kegiatan positif seperti belajar alat musik, mengenal budaya bangsa indonesia, atau paling tidak mengulang kembali pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah. Semua itu tidak akan sia-sia dan bisa membawa perubahan bagi masyarakat di desa tersebut.

Baca juga : Offline to Online untuk Menjual Produk Desa

Pendamping Desa

1 KOMENTAR

  1. Kami organisasi non profit yg baru berkembang didaerah sepertinya punya visi dan misi sama dengan website ini. Bagaimana setiap kegiatan kami dapat dukungan moril maupun materi terutama bagi masyarakat sekitar kami.Memang organisasi kami ada aktifisnya akan tetapi setiap kegiatan kami selalu menggandeng apakah pihak pemda,swasta,pihak lainnya yg tidak mengambil keuntungan dari setiap kegiatan yang kami laksanakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here