Meningkatkan Daya Jual Produk UKM dari Kemasan

0
783
Meningkatkan Daya Jual Produk UKM dari Kemasan
Meningkatkan Daya Jual Produk UKM dari Kemasan

BERDESA.COM – Sadarkah Anda seringkali Anda membeli makanan atau produk yang lain meski Anda bahkan tidak melihat isinya. Anda putuskan membeli karena kemasannya bagus, namanya gampang diingat, tulisannya keren bahkan meski Anda tidak melihat langsung produknya. Begitulah kekuatan kemasan menciptakan daya tarik pada setiap orang.

Kemasan atau packaging adalah salahsatu kelemahan yang masih dihadapi sebagian besar produk Unit Usaha Kecil Menengah (UKM) baik produk makanan, fesyen seperti hijab dan produk lainnya. Keterbatasan produksi dan sumber daya manusia yang memahami pentingnya packaging membuat maslaah kemasan menjadi terlupakan atau tidak tergarap baik. Padahal membuat kemasan yang hebat tak harus berbiaya mahal dan bisa diatasi dengan cara sederhana. Berikut ini beberapa hal yang akan membuat kemasan produk UKM menjadi lebih menarik.

Pilih warna yang khas sebagai warna yang akan identik dengan produk. Warna pada kemasan adalah salahsatu ciri yang kuat dari sebuah produk. Kemasan makanan pedas umumnya akan memilih merah menyala, identik dengan cabe nan pedas itu. Produk makanan lainnya umumnya memilih kuning, hijau dan warna-warna muda karena menunjukkan suasana ceria. Produk fesyen seperti hijab akan menggunakan tas jinjing. Jangan anggap remeh tas jinjing dari plastik atau kertas itu. Tulisan, gambar dan merek yang ada di sana akan terus terlihat orang dan itu promosi gratis ketika tas itu digunakan untuk keperluan yang lain.

Baca Juga  Tips Ampuh Jualan Online

Bentuk kemasan sebisa mungkin jangan terlalu biasa. Usahakan menciptakan disain berbeda dengan produk serupa lainnya. Roti dengan bentuk segitiga dan dibungkus dengan kemasan yang juga berbentuk segitiga, kenapa tidak? Bukankah bentuk kemasan persegi empat sudah terlalu banyak.

Kemasan harus memiliki gambar yang menarik. Gambar adalah faktor yang paling gampang diingat calon pembeli, misalnya berua foto dari produk itu sendiri. Ciptakan tata letak yang gampang dilihat dan menarik antara gambar, tulisan dan berbagai khasiat atau kelebihan produk kita. Urusan seperti ini bisa dikerjakan dengan apik oleh desainer grafis yang kini sudah bisa dilakukan banyak anak muda. Jangan lupa ciptakan semacam logo atau maskot pada kemasan, bisa berupa nama produknya atau gambar unik yang menjadi penanda khas produk tersebut.

Soal jenis kemasan, harus disesuaikan dengan jenis produknya. Yang terpenting bisa melindungi produk dari kerusakan. Pilihlah bahan yang murah tetapi kuat dan ramah lingkungan. Kotak roti misalnya, tidak harus dengan kertas yang gemerlap karena biaya cetaknya bakal mahal. Jika produk kita terbatas, kita bisa menciptakan disain klasik yang cukup dengan disablon atau model ditempelkan misalnya. Maka jumlah produksinya bisa disesuaikan kebutuhan. Untuk produk seperti hijab, buatlah tas jinjing dari kertas dengan warna khas dan gambar yang unik karena tas model begini bisa diproduksi sendiri. Dengan cara ini, produk UKM bakal berani bersaing dengan produk pabrikan modern di pasar yang lebih luas.(dji-1)

foto : www.satulingkar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here