Menikmati Budaya Masa lampau di Desa Wisata Brayut

Menikmati Budaya Masa lampau di Desa Wisata Brayut

Keindahan sawah mungkin semakin sulit ditemukan di banyak daerah perkotaan di Indonesia. Arus kemajuan jaman yang semakin tak terbendung membuat sawah-sawah yang tadinya banyak tumbuh dan asri sudah mulai mulai tertutup aspal dan kalah dengan beton atau bangunan-bangunan pencakar langit. Di Desa Wisata Brayut, sawah lalu ditawarkan sebagai wahana untuk bermain, melepas lelah dan penat dengan hiruk pikuk perkotaan dan belajar menghargai kerja keras khas orang desa. Rimbunan padi yang membentang luas bisa anda dapatkan di sini. Bahkan anda bisa langsung turun tangan menciptakan padi-padi anda sendiri mulai dari membajak sawah dengan bajak yang ditarik oleh kerbau, atau menanam padi sambil bermain lumpur.

Desa wisata ini berlokasi di Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata Brayut adalah desa budaya berbasis pertanian. Pengunjung bisa menikmati sensasi tinggal di desa lengkap dengan segala rutinitas penduduknya seperti menanam padi, membajak sawah, belajar membatik, belajar musik tradisional berupa gamelan, menangkap ikan, bahkan mandi di sungai atau bagi anda yang suka tantangan ada juga wisata outbond yang akan memberikan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan untuk anda.

Pagi belum juga disinari mentari, tetapi para petani sudah mulai meneteskan keringat mereka di sawah ditemani kicauan burung-burung yang menyambut sinar matahari yang hangat. Angin segar yang mulai berhembus membuat padi-padi yang ditanam seakan menari meliuk-liuk lembut. Hari mulai siang dan bajakpun mulai membalik tanah sawah yang nantinya menjadi tempat padi tumbuh menghasilkan bulir padi sebagai sumber kehidupan. Keteguhan dan kerja keras para petani tergambar dalam kerut wajah mereka yang sesekali dihiasi senyum dan canda tawa diantara mereka.

Di desa ini anda tak hanya akan belajar tentang bagaimana bertani, tetapi dapat pula belajar memelihara ikan, memasak makanan tradisional, memainkan gamelan atau berlatih menari dengan tarian tradisional desa ini. Membuat kerajinan, melihat sunset ketika sore diantara liukan tarian padi yang kian pelan seiring perginya angin menghindari malam adalah keasyikan sendiri yang tidak ditemukan disetiap tempat.

Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati suasana pedesaan sambil menginap, anda akan mendapatkan penginapan dengan berbagai bentuk yang unik. Mulai yang paling sederhana sampai yang mewah. Yang jelas, semua akan memberikan kenyamanan bagi anda yang ada di sana.

Desa Wisata Brayut juga menyediakan cindera mata unik seperti perabotan dan pernak-pernik khas Jawa Kuno, hiasan dinding sampai pada perabotan rumah tangga kuno dan alat permainan masa lalu seperti congklak, serta beberapa permainan tradisional Jawa. Desa wisata ini juga telah dua kali dijadikan tempat pagelaran Ngayogjazz pada tahun 2012 dan 2014. Desa Wisata Brayut adalah pilihan cerdas untuk pengunjung yang merindukan romantisme kehidupan Jawa masa lalu.

Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah bahwa anda akan pulang sebagai seorang yang bisa menghargai kerja keras, pulang dengan perasaan bahagia dan pikiran yang semakin kreatif.

Selamat mencoba!

Baca juga : Indahnya Week End di Desa Wisata

Pendamping Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*