Menginisiasi Pembentukan BUM-Desa Donokerto


Oleh: Suharyanto

Partisipasi Masyarakat Menjaga Desa WisataUsaha Desa (yang diwakili Suharyanto sebagai narasumber) bersama Pemkab Sleman (yang diwakili Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan) pada tanggal 30 Juni 2015 menginisiasi pembentukan BUMDesa di Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman DIY. Inisiasi pembentukan BUMDesa diawali dengan sosialisasi tentang BUMDesa, pemaparan beberapa desa yang BUMDesa nya berhasil serta penjelasan tahapan pembentukan BUMDesa. Hadir pada acara tersebut Pemerintah Desa, BPD, Pengurus Lembaga Kemasyarakatan serta para pelaku usaha dan calon pengurus BUMDesa. Dalam sambutannya Bapak Waluyo Jati, ST (Kepala Desa) sangat antusias membentuk BUMDesa karena diharapkan melalui BUMDesa akan dicapai pengembangan ekonomi desa, sehingga diharapkan terwujudnya kemandirian ekonomi desa.

Desa Donokerto terdiri dari 16 dusun yang masing-masing memiliki potensi yang dapat dikembangkan, misalnya dusun Kembangarum dan Gabugun yang telah memiliki fasilitas untuk wisata. Di desa tersebut juga memiliki ”embung” Kali Aji yang potensial juga menjadi obyek wisata desa.

Desa Donokerto dengan luas 740 hektar berpenduduk 9.800 jiwa (2.700 KK) memiliki kebun tanaman ”salak pondoh” dengan luas lebih dari 200 hektar. Buah salak ini telah berhasil diolah oleh warga menjadi aneka produk, bahkan biji salah telah berhasil diolah menjadi ”kopi salak” dan kulitnyapun telah dibuat aneka kerajinan.

BUMDesa diharapkan nantinya dapat berperan dibidang pemasaran dan pengembangan ”produksi kreatif”. Potensi lain yang siap dikembangkan yakni dibidang perikanan karena air cukup melimpah di desa tersebut serta peternakan dan persawahan.

Berdasarkan kesepakatan forum, akan disiapkan segera tindak lanjut pembentukan BUMDesa dengan unit usaha perdana yang sudah berjalan yakni Unit Usaha Simpan Pinjam. Menurut Bapak Didik dari BKB, PM dan PP ada beberapa desa lain yang minta segera difasilitasi dalam pembentukan dan pengembangan BUMDesa. (Har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*