Mengenal Model Bisnis Kanvas

Mengenal Model Bisnis Kanvas

Jika Anda seorang pebisnis, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) atau pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), Model Bisnis Kanvas perlu dipraktikkan dalam bisnis yang sedang Anda geluti. Model Bisnis Kanvas merupakan salah satu alat untuk membantu pebisnis melihat lebih akurat gambaran usaha yang sedang dijalaninya.

Model Bisnis Kanvas berbeda dengan perencanaan bisnis. Sebab, perencanaan bisnis cenderung merumuskan urutan bisnis, seperti deskripsi, jenis konsumen, persaingan, dan fasilitas untuk mendukung bisnis. Sedangkan Model Bisnis Kanvas merupakan konsep yang menyederhanakan konsep bisnis yang digambarkan dalam satu lembar kertas kerja.

Adalah Alexander Osterwalder, penemu Model Bisnis Kanvas. Di dalam bukunya berjudul Business Model Generation, ia membahas sembilan elemen penting yang terdapat dalam Model Bisnis Kanvas.

Sembilan Elemen Dalam Model Bisnis Kanvas adalah sebagai berikut:

  1. Customer Segment. Yakni organisasi harus menetapkan siapa yang harus dilayani dan menetapkan satu atau lebih segmen untuk bisnisnya.
  2. Value Proposition. Yakni manfaat yang ditawarkan organisasi untuk segmen pasar.
  3. Channels. Yakni sarana untuk organisasi dalam menyampaikan posisi nilai kepada customer segment.
  4. Customer Relationship. Yakni cara organisasi mengikat pelanggannya.
  5. Revenue Stream. Yakni bagian yang tervital, sebab bagian tersebut yang menentukan organisasi mampu memperoleh pendapatan dari pelanggan.
  6. Key Resource. Yakni berbagai sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai, seperti manusia, teknologi, peralatan, dan brand.
  7. Key Activities. Yakni kegiatan utama organisasi untuk bisa menghasilkan proposisi nilai.
  8. Key Partners. Yakni pihak-pihak yang bisa diajak kerjasama untuk mendukung jalannya usaha Anda.
  9. Cost Structure. Yakni komposisi biaya untuk mengoperasikan organisasi menciptakan proposisi nilai yang diberikan kepada pelanggan.

Dalam pengisian elemen-elemen tersebut disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang sedang Anda jalani. Dengan Model Bisnis Kanvas, Anda dapat melihat gambaran menyeluruh dan bisa membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis. Anda harus mengevaluasi elemen-elemen tersebut, sehingga menjadi mudah menganalisis yang kurang tepat, dan bisa mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*