Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Malasari di Bogor

0
1654

Bogor bagi sebagian besar banyak orang tentu identik dengan daerah perkotaanya yang macet dan penuh dengan angkutan umum. Biasanya sebagian besar orang yang ingin sekedar “melarikan diri” dari hingar bingarnya kota Bogor akan pergi kedaerah puncak yang memang sudah menjadi destinasi wisata langganan tak hanya bagi warga Bogor tapi juga kota lainnya.

Namun jangan salah, Bogor juga memiliki desa wisata yang tak akan kalah indahnya dengan destinasi wisata alam lainnya di Bogor. Nama desa wisata itu adalah Desa Malahari, terletak di Kabupaten Bogor tepatnya di Kecamatan Nangung.

Desa wisata ini ini cocok sekali bagi wisatawan yang ingin melepas kejenuhan dengan menikmati pemandangan alam nan hijau lengkap dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Di desa Malasari ini juga wisatawan di manjakan dengan hamparan perkebunan teh dan persawahan dan perkebunan yang digarap oleh warga desa tersebut.

Desa ini memiliki keanekaragaman tanaman endemic hutan hujan di daerah dataran rendah, lengkap dengan faunanya yang berisikan Macan Tutul, Owa Jawa, serta Kukang karena sebagian area desa wisata ini merupakan kawasan Taman Nasional Halimun Salak.

Baca Juga  Pameran untuk Promosi Desa Wisata

Selain itu pula terasering buatan juga dijamin akan memanjakan mata para wisatawan dan cocok sekali menjadi spot foto yang menarik, desa wisata Malasari ini juga memiliki beberapa air terjun dan aliran sungai yang jernih sehingga cocok sekali menjadi tempat persinggahan ataupun sekedar berswa foto ria.

Di Desa Malasari ini pula wisatawan dapat melihat aktifitas pertanian dan perkebunan yang dilakukan oleh warga setempat. Selain itu pula, terkait aktiftas pertanian dan perkebunan, di desa wisata ini juga sering digelar acara tahunan yang diselenggarakan setelah masa panen sebagai bentuk puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki dan anugrah yang diberikan.

Selain itu Wisata Malasari memiliki ikon tempat bersejarah yang sayang sekali apabila dilewatkan, tempat itu adalah pendopo bupati 1947 yang disebut-sebut merupakan cikal bakal dari pemerintah Kabupaten Bogor. Di pendopo ini juga wisatawan dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang berusia cukup tua dan menjadi saksi bisu perjalanan sejarah di kawasan tersebut.

Baca Juga  Gereja Misterius di Bukit Rhema Borobudur

Untuk mencapai desa ini, wisatawan perlu menempuh perjalanaan berjam-jam dari Kota Bogor dengan medan jalan yang cukup baik, namun ada beberapa titik dimana wisatawan akan menemukan medan jalan yang berkelok-kelok. Disarankan untuk bertanya arah menuju ke desa ini atau membuka google map agar tidak tersasar.

Desa wisata ini bisa dimasuki oleh kendaraan roda dua maupun empat. Tempat ini juga cocok sekali menjadi tempat kemping, namun disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup dan peralatan yang memadai sebelum masuk ke kawasan ini.

Ada opsi penginapan yang juga tersedia di tempat ini karena ada beberapa homestay yang memang dibangun untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan ini. Untuk mencapai kawasan ini memang diperlukan waktu yang lama dan juga cukup menguras stamina, namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya yang luar biasa dan memanjakan mata.

Desa wisata Malasari ini dijamin akan membuat wisatawan yang berkunjung akan betah berlama-lama di kawasan ini. Karena kawasannya yang dekat dengan pegunungann, desa Malasari ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung dingin saat malam hari atau saat cuaca hujan, sehingga disarankan kepada wisatawan yang berkunjung untuk memakai jaket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here