Mengenal Lebih Dekat Desa-Desa Nelayan di Indonesia dan Potensi yang Dimilikinya

0
455
Mengenal Lebih Dekat Desa-Desa Nelayan di Indonesia dan Potensi yang Dimilikinya

Dikenal sebagai Negara Maritim tentu bukan sekedar sebutan saja bagi negara ini, Indonesia secara geografis merupakan negara yang terdiri dari 5 pulaau besar dan puluhan hingga ratusan pulau-pulau kecil, kondisi ini membuat Indonesia memiliki ratusan pantai yang sudah terjamah manusia maupun belum, lengkap dengan keindahan masing-masing dan keaneka ragaman hayati.

Dari potensi itulah mulai muncul banyak desa-desa nelayan dengan berbagai macam keanekaragaman budayanya, dimana pada perkembangannya desa nelayan ini tidak sebatas hanya aktifitas melaut dan sejenisnya saja, tapi dewasa ini banyak desa nelayan yang juga menjadi tempat tujuan wisata karena memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya, adapun beberapa desa nelayan yang sudah cukup di kenal adalah :

  1. Desa Nelayan di Pulai Seliu

Ingin berkunjung ke desa dipinggir pantai dan memiliki suasana yang tenang dan asri? Desa nelayan di Pulau Seliu, Belitung ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata. Di desa ini tidak akan ditemukan kendraan roda empat di desa ini. Desa ini sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak rapi dan bersih, perahu-perahu yang merapat berjejer dengan rapi adapula aktifitas khas desa nelayan lainnya.

Baca Juga  Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng Usaha Desa untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

Untuk dapat mengellilingi pulau ini, pengunjung juga dapat menyewa kendaraan roda dua. Desa ini bisa dioptimalkan sebagai desa wisata yang lebih baik lagi, dengan lokasinya yang berada di pulau terpisah, desa ini memiliki keunikannya sendiri, apalagi kalau ditunjangan dengan sarana dan prasarana yang lebih baik.

Misal tur perahu khusus wisatawan yang juga memiliki fasilitas memancing dengan batasan tertentu untuk menjaga kelestarian makhluk di bawah air. Selain itu pula mungkin bisa bekerja sama dengan warga sekitar untuk memberikan jasa tur dengan harga yang saling menguntungkan antara warga sekitar dan pengunjung yang datang, apalagi desa ini berdekatan dengan pantai Marangbulo yang masih satu pulau dan tidak kalah indah pula.

  1. Desa Nelayan Amed

Bali memang terkenal dengan wisata baharinya, ada banyak tujuan wisata pantai disana dengan keunikan masing-masing. Desa Nelaya Amed salah satu tujuan alternatif bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali.

Namanya memang tidak sepamor dengan destinasi wisata lainnya di Bali, apalagi wilayah ini sudah begitu terkenal dengan wisata bawah lautnya sehingga seolah keberadaan desa ini terpinggirkan.

Baca Juga  Indonesia Pangkas Impor Ikan 70 Persen

Namun ada potensi di desa ini, selayaknya desa wisata pada umumnya, wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktifitas khas warga yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Wisatawan juga dapat membeli ikan-ikan hasil tangkapan dari nelayan. Melihat kondisi itu tentu perhatian khusus dari pihak-pihak terkait perlu di tingkatkan agar potensi desa ini makin optimal, misalkan dengan melakukan penataan yang lebih baik, membangun sarana dan prasarana yang lebih memadai agar wisatawan lebih merasa nyaman berada di lokasi ini, dan kolaborasi dengan wisata bawah laut yang memang sudah pamor di kawasan ini.

  1. Desa Mola

Desa yang berada di daerah Sulawesi Tenggara ini memiliki hasil budidaya khas yaitu udang rongge, hasil budaya ini sudah dikenal dan diekspor tidak hanya di Kawasan Indonesia saja tapi juga sudah merambah ke luar negeri.

Desa mola sendiri memiliki system perekonomian yang sudah baik, dimana mata pencaharian warganya tidak terlalu bergantung kepada hasil tangkapan laut saja tapi tiap warganya juga memelihara ikan didalam keramba yang dibangun di sepanjang pesisir pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here