Mengenal Kegiatan Bakti Literasi Desa

0
753

Tahun 2019 ini makin banyak kegiatan-kegiatan yang difokuskan untuk pemberdayaan masyarakat desa, baik itu yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pihak swasta adalah kegiatan Bakti Literasi Desa yang diselenggarakan oleh para relawan bekerja sama dengan Forum Pena Ananda, salah satu komunitas penggiat literasi di Indonesia.

Kegiatan Bakti Literasi Desa atau disingkat Bakti Desa ini merupakan program rintisan Forum Pena Ananda yang bekerjasa sama dengan jaringan relawan dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan minat menulis, membaca di lingkungan masyarakat.

Khusus untuk kegiatan Bakti Literasi Desa ini dikhususkan untuk lingkungan masyarakat desa dimana pada program perdananya dilaksanankan di Desa Bangoan, Jawa Timur. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa dan orang tua, kegiatan ini dirasa tepat untuk menyasar semua usia karena kebutuhan akan informasi dan ilmu pengeahuan adalah kebutuhan seluruh manusia.

Apalagi jaman ini serangan gadget kian menjadi-jadi, seluruh orang seakan tidak bisa lepas dari gagdet, walaupun tidak bisa dipungkiri saat ini keberadaan gadget sangat memudahkan manusia dalam mencari informasi akan banyak hal namun juga perlu diwaspadai resiko-resiko yang mengekor dibelakangnya. Bukan hanya resiko kesehatan saja yang akan timbul namun juga resiko sosial yang akan mempengaruhi tatanan kehidupan manusia.

Baca Juga  Peluang Usaha Kecil-Kecilan Di Desa Yang Mudah Anda Kerjakan

Oleh karena itu dengan hadirnya program literasi sejenis seperti yang diselenggarakan oleh forum Pena Ananda ini menjadi penyeimbang di tengah gempuran gadget ini. Sehingga pada akhirnya anak-anak yang kecanduan dengan gadget dapat diarahkan untuk membaca buku oleh orang tuanya yang juga harus mencontohkan dan membiasakan diri sendirinya juga untuk membaca buku atau mendongengkan cerita kepada anak-anaknya.

Kegiatan Bakti Literasi Desa yang diselenggarakan oleh forum Pena Ananda ini merupakan kegiatan awal yang dimulai di Desa Bangoan, dimana nantinya desa ini menjadi desa percontohan atau model untuk kegiatan-kegiatan Bakti Literasi Desa di desa-desa lainnya di wilayah yang lain di Jawa Timur.

Forum Pena Ananda juga mendapat dukungan dari kecamatan setempat atas kegiatan Bakti Literasi Desa yang dilaksanakan di Desa Bangoan dan berharap ada kegiatan selanjutnya di desa-desa lainnya di kecamatan tersebut.

Selain itu pihak forum Pena Ananda juga melakukan pendekatan dengan dinas setempat yang terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat juga dengan Pemerintah Desa Kabupaten Tulungagung dengan harapan ada dorongan dan bantuan dari pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait untuk mendorong integrasi gerakan literasi di daerahnya khususnya bagi desa-desa di Kabupaten Tulungagung

Baca Juga  Mengukur Manfaat, Dana Desa Bakal di Survei BPS

Beberapa kegiatan Bakti Literasi Desa yang dilakukan di Desa Bangoan disesuaikan dengan kelompok usia dari peserta Bakti Literasi Desa, bagi usia anak-anak kegiatan lebih berupa simulasi teknik mendongeng yang diberikan dalam bentuk teori dan praktek, maksudnya agar anak-anak bersemangat dahulu dalam hal literasi. Untuk kelompok remaja pendekatan yang dilakukan lebih bersifat aplikatif dimana para remaja diajak melakukan kerajinan tangan dengan basis dari literatur bacaan.

Sedangkan untuk orangtua, kegiatan yang dilakukan lebih bersifat kepada diskusi dengan tema parenting dimana materi diskusi yang dilakukan diantaranya adalah bagaimana memotivasi anak-anak mereka untuk membaca dan juga menulis, lalu juga bagaimana mengawasi pergaulan dan penggunaan gadget, sehingga dari hasil diskusi tersebut orang tua dapat mengaplikasikannya dirumah masing-masing dan membangun keluarga yang sama-sama memiliki semangat literasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here